Pantai Sundak

Pantai SundakMungkin nama Pantai Sundak memang tidak seterkenal Pantai Parangtritis ataupun beberapa pantai lainnya yang lokasinya tidak jauh dari Yogyakarta. Tapi, walaupun kurang terkenal, sebenarnya pantai yang satu ini sangat menarik untuk dikunjungi. Nama Pantai Sundak sebenarnya mempunyai sejarah yang menarik. Konon, dahulu kala terjadi perkelahian antara anjing dengan landak laut. Jadi, nama sundak berasal dari gabungan antara asu dan landak. Setelah perkelahian antara dua hewan tersebut, terjadi sesuatu yang membawa berkah bagi warga sekitar. Penduduk menemukan bahwa di dalam gua yang ada di sana ternyata terdapat mata air, yang kemudian dipasangi pipa untuk memenuhi kebutuhan air bersih mereka.

Daya Tarik Pantai Sundak

Daya tarik utama dari objek wisata ini adalah keindahan pemandangan pantainya. Pantai yang lokasinya masuk dalam wilayah Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunungkidul ini memiliki air laut yang menawan, dengan hamparan pasir yang membentang, serta beberapa bukit karang di sekelilingnya. Lokasi pantai ini juga tidak terlalu jauh dari pusat Kota Jogja. Untuk sampai ke objek wisata ini perjalanan hanya sekitar 2 jam saja. Perjalanan yang dilalui pun tidak membosankan, karena ada banyak pemandangan yang menarik. Jika anda membawa mobil, anda tidak perlu khawatir karena pantai ini memiliki area parkir yang memadai. Setelah sampai di sana, anda hanya perlu berjalan sejauh sekitar 40 meter saja untuk sampai ke pantainya. Ombak di pantai ini sangat indah dan menggoda. Tapi, ada satu hal yang perlu diingat. Para pengunjung tidak bisa berenang di pantai ini karena ombaknya sangat kuat. Jadi, terlalu berbahaya karena bisa terbawa arus. Di sepanjang pinggir pantai ada banyak payung-payung yang disediakan untuk para wisatawan yang ingin bersantai di pinggir pantai tapi takut kepanasan. Para wisatawan yang merasa lapar dapat mengunjungi salah satu rumah makan yang ada di pantai ini.

Jika pantai ini kurang cocok untuk tujuan wisata anda, anda bisa coba Pantai Parangtritis, Pantai Indrayanti, atau pantai-pantai lainnya yang lokasinya juga tidak jauh dari Yogyakarta.