Yogyakarta tidak pernah kekurangan panorama yang eksotis mulai dari panorama laut maupun gunung. Kali ini kami ingin menyajikan artikel mengenai salah satu destinasi wisata alam yang menarik di Yogyakarta, yaitu Gunung Api Purba Nglanggeran. Gunung api ini pernah menjadi salah satu gunung api aktif berjuta-juta tahun lalu dan sekarang sudah tidak aktif lagi. Gunung Api Purba ini juga merupakan gunungapi yang berada di dalam laut kemudian karena suatu proses alam, akhirnya terangkat ke atas permukaan laut dan menjadi salah satu destinasi wisata alam menarik karena menyajikan panorama sunrise, sunset, juga keindahan alam pegunungan.

Panorama Eksotis Gunung Api Purba Nglanggeran, Kulon Progo, Yogyakarta

Panorama Eksotis Gunung Api Purba Nglanggeran, Kulon Progo, Yogyakarta. Sumber: IG @samuelardyhanz

Sekalipun bernama Gunung Api Purba, tempat ini lebih nampak seperti kumpulan bukit-bukit karena puncaknya yang tidak terlalu tinggi. Gunung Api Purba berada 700 meter di atas permukaan air laut. Gunung Api Purba terbentuk dari batuan andesit. Gunung Api Purba terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung kidul yang berada dengan Pegunungan Baturagung. Kawasan ini telah menjadi salah satu objek wisata unggulan Daerah Istimewa Yogyakarta dan menjadi daya tarik tersendiri bagi orang yang menyukai pendakian gunung ataupun panorama alam.

Panorama Eksotis Gunung Api Purba Nglanggeran, Kulon Progo, Yogyakarta

Panorama Eksotis Gunung Api Purba Nglanggeran, Kulon Progo, Yogyakarta. Sumber: IG @cristina_dwi

Jika Anda menuju ke gunungapi dari pusat kota Yogyakarta, Anda akan memerlukan waktu sekitar 45 menit, karena berjarak 25 km dari pusat Yogyakarta. Anda juga tidak perlu khwatir menuju ke tempat ini, karena jalan menuju ke sana sudah beraspal baik. Akan tetapi belum ada angkutan umum menuju tempat ini, jadi sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau jika Anda ingin fokus menikmati pemandangan sepanjang perjalanan sangat disarankan untuk menyewa mobil saja. Artikel tentang keuntungan menyewa mobil sudah kami tulis di sini.

Gunung Api Purba menyediakan pemandangan yang luar biasa indah. Jika Anda ingin melihat keindahan sunrise kami menyarankan kepada Anda untuk sampai di puncak gunung pukul 5.00-06.00 pagi, atau jika Anda mencari panorama sunset datanglah ke puncak sekitar pukul 17.00-18.00 WIB. Untuk menuju puncak Gunung Api Purba memerlukan waktu sekitar 60 sampai 90 menit. Sekalipun pendakian cukup lama disepanjang perjalanan Anda akan menemukan pemandangan yang indah lainnya.
Ketika memasuki pintu masuk Anda akan melihat bangunan Pendopo Joglo Kalisongo, kemudian Anda akan melewati jalan setapak dan melewati beberapa gardu pandang. Jalan yang dilalui tidak terlalu terjal akan tetapi perlu kewaspadaan untuk melewati jalur pendakian, karena jalan yang Anda lewati adalah bebatuan.

Ketika melakukan pendakian Anda akan menemukan embung dengan luas lima ribu meter. Embung ini difungsikan sebagai tempat penampungan air hujan dan digunakan sebagai sumber pengairan kebun di sekitar kawasan gunung. Tak berjarak jauh dari embung Anda akan menemukan tempat untuk camping. Di puncak Gunung Api Purba terdapat mata air yang tidak pernah kering bahkan ketika musim kemarau yaitu Sumber Air Comberan. Selain itu juga masih terdapat beberapa gunung-gunung seperti Gunung Gedhe, Gunung Blencong, Gunung Kelir, Gunung Bongos, Gunung Buchu, Tlogo Wungu, Tlogo Mardhido, dan Pamean Gedhung.

Nama : Gunung Api Purba Ngelanggran
Alamat : Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul Regency, Special Region of Yogyakarta 55862
Peta Google Maps : https://goo.gl/maps/TBynVG93rmJ2

Jika Anda berasal dari luar Yogyakarta tidak perlu khawatir karena ada fasilitas home stay di Gunung Api Purba ini. Selain itu juga terdapat fasilitas MCK, tempat ibadah, pusat kuliner dan oleh-oleh, balai pertemuan, dan posko kesehatan. Jika Anda tertarik mengunjungi tempat ini, silakan ajak saudara ataupun sahabat Anda. Jangan lupa juga untuk membagikan informasi ini kepada mereka. Semoga liburan Anda menyenangkan.

Panorama Eksotis Gunung Api Purba Nglanggeran, Yogyakarta
Rate this post