Pantai Kukup adalah salah satu pantai yang terkenal di daerah sekitar Yogyakarta, tepatnya di Kabupaten Gunung Kidul. Letak pantai ini dekat dengan Pantai Krakal dan Pantai Baron, yang juga merupakan objek-objek wisata favorit para wisatawan. Untuk sampai di Pantai Kukup, kita harus menempuh perjalanan sejauh sekitar 65 kilometer dari pusat kota Jogja. Biasanya, jarak sejauh ini dapat kita tempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam. Karena pantai ini terletak di lokasi yang memang banyak pantainya, tersedia angkutan umum kesana. Tapi tentunya, akan lebih nyaman jika kita menggunakan kendaraan pribadi saja. Selain itu, jika kita menggunakan kendaraan pribadi, kita dapat dengan mudah mengunjungi pantai-pantai lainnya di lokasi tersebut.

Pantai Kukup menawarkan pemandangan pantai yang indah. Selain itu, pantai ini juga menawarkan satu hal yang sangat unik. Di pantai ini, airnya sangat jernih, dan kita dapat melihat berbagai jenis ikan hias laut. Pasir di Pantai Kukup adalah pasir yang berwarna putih yang tak kalah dari Gili Trawangan di Lombok. Dan di sekitar pantai ini, terdapat karang-karang yang menjulang tinggi.

Suasana pasir pantai kukup, sumber ig dwiex.cahya

Suasana pasir pantai kukup, sumber ig dwiex.cahya

Walaupun tidak seluas Pantai Baron namun pesona Pantai Kukup juga tidak kalah dengan pantai lainnya. Wisatawan yang mengunjungi tempat ini bisa dimanjakan dengan aktivitas bermain di pantai, seperti bermain pasir, berjemur, berenang di pinggir pantai, bisa juga berteduh dan berfoto di gua karang alami yang ada di pinggir pantai.

Orang biasanya menyebut pantai Kukup sebagai Tanah Lot nya Jogja. Hal tersebut tentunya bukan tanpa ada alasan. Kalau Tanah Lot yang sebenarnya mempunyai pulau karang dengan pura di atasnya, sementara Pantai Kukup mempunyai pulau karang yang sudah dihubungkan dengan jembatan dan di atasnya bukan pura tapi gardu padang dengan ukuran sedang. Tempat ini bisa dijadikan tempat istirahat.

Selain keistimewaan dari pulau karang dan juga gardu pandangnya. Ya, jika Anda ingin menikmati pemandangan di pantai tersebut dari tempat yang tinggi, Anda dapat mengunjungi gardu pandang, yang letaknya di sebuah batu karang berukuran besar yang menyerupai sebuah pulau. Jangan lupa membawa sebuah kamera untuk mengabadikan pemandangan yang indah dari gardu pandang tersebut, atau sekedar berfoto bersama teman-teman ataupun saudara.

Sunset di pantai Kukup Gunung Kidul, sumber ig kussusanti

Sunset di pantai Kukup Gunung Kidul, sumber ig kussusanti

Kukup juga mempunyai berbagai jenis biota laut dengan warnanya yang indah. Kamu juga bisa menemukan banyak sekali punjual ikan hias di pantai tersebut. Kamu bisa membelinya untuk oleh-oleh. Atau kalau kamu hobi memancing, kenapa tidak coba mendapatkan ikannya sendiri?

Nama : Pantai Kukup
Alamat : Jl. Pantai Sel. Jawa, Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55000
Peta Google Maps : https://goo.gl/maps/TW9pyUPZ1Jp

Memang di Pantai Kukup tidak terlalu banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Tapi, jika Anda menyukai ikan hias laut, Anda bisa mencoba menangkapnya sendiri di pantai tersebut. Memang tidak mudah, karena ikan-ikan tersebut ukurannya biasanya relatif kecil dan berenang dengan lincah. Tapi justru sulitnya menangkap mereka merupakan tantangan yang sangat menghibur. Hanya saja, Anda harus ekstra hati-hati karena batu karang tempat Anda berpijak seringkali cukup licin. Jadi, jangan sampai terpeleset. Jika Anda ingin berkunjung ke Pantai Kukup ataupun pantai-pantai lain di sekitarnya tanpa harus bersusah payah mengemudikan sendiri kendaraan Anda, Anda bisa menghubungi kami, CV Tugu and Rent Car, yang dengan senang hati akan mengantarkan Anda berlibur.

Inilah Daya Tarik Pantai Kukup yang Berpasir Putih
5 (100%) 1 vote