Wisata di Kotagede, Pusat Perak Jogja yang Ramah

Jogja tidak hanya terkenal dari sisi wisata belanjanya saja. Jika saat ini yang ada dibenak pikiran kita tentang Jogja tertuju pada Malioboro, provinsi ini sebetulnya menyimpan banyak tempat eksotis yang menarik untuk dikunjungi. Saat ini (tahun 2017), ada banyak destinasi wisata yang 10 atau 5 tahun lalu belum ada dan populer. Sebut saja Puncak Becici yang pernah dikunjungi mantan presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama, air terjun Sri Gethuk, Gua Pindhul dan masih banyak lainnya.

Kali ini kita akan bahas mengenai Kotagede, salah satu kecamatan yang ada di Kota Jogja ini menyimpan nilai sejarah yang begitu berharga. Karena cikal bakal Keraton Jogja berasal dari tempat ini juga. Kerajaan Mataram Islam yang merupakan salah satu titik awalnya. Saat ini bekas kerajaan mataram Islam tersebut masih bisa kita jumpai saat berwisata di Kotagede.

Masjid kota gede, sumber ig

Hal Menarik di Kotagede

Jika kita berkunjung untuk berwisata di Kotagedhe, hal yang menarik pertama yang bisa kita nikmati adalah kerajinan perak. Kecamatan ini memang terkenal sebagai salah satu kerajinan perak di Indonesia bahkan dunia. Banyak toko perak yang melakukan ekspor ke mancanegara seperti Eropa, Jepang dan Amerika. Disini kita bisa berbelanja perak sepuasnya. Sampai kantong kering juga boleh, he he.

Contoh hasil kerajinan perak kotagedhe, sumber ig

Namun, selain perak, obyek wisata di Kota Gede juga menyimpan keramahan tersendiri. Anda bisa menyempatkan untuk masuk ke pasar Kotagede di pagi hari, sekedar untuk berinteraksi dengan simbok-simbok pedagang pasar. Ada camilan tradisional yang bisa anda nikmati. Seperti bakmi penthil, lupis, kipo (iki opo) dan juga bisa mencicipi jamu jawa yang segar lagi menyehatkan. Menarik bukan?

Selain itu, kota gede juga memiliki wisata sejarah yang sangat sayang dilewatkan. Anda bisa mengunjungi pemakanan raja Mataram Islam di barat pasar Kotagede, disana ada masjid Mataram dan komplek pemakaman. Arsitekturnya yang bergaya jawa klasik sangat cocok untuk dijadikan tempat foto yang instagramable.

Tembok batik di salah satu sudut kampung, sumber ig

Lokasi dan Akses

Untuk menuju kota gede sangatnya mudah aksesnya. Dari bandara Adisutjipto ke barat, setelah bertemu jembatan layang Janti ambil kiri. Lampu merah ke dua ambil kanan. Dan anda sudah berada dikawasan kotagede. Tepatnya akan bertemu dengan pasar kota gedhe. Mudah bukan? Jika dirasa sulit, silahkan ikuti peta alamat kotagede yang ada di google maps dibawah ini.

Penutup

Melihat betapa menariknya Kotagedhe, tak heran jika tempat ini sayang untuk dilewatkan. Selain berbagai hal menarik yang disebutkan diatas. Anda juga bisa mencoba masuk ke perkampungan di kotagedhe. Kampung yang sempit dan berhimpitan ini seperti labirin yang susah mencari jalan keluarnya. Masih banyak juga rumah kuno yang cantik untuk dijadikan background foto bersama. Jangan lupa jika akan kesana bisa menghubungi kami jasa rental mobil dan private tour CV Tugu Tour & Rent Car. Pelayanan terbaik kami serta sopir yang profesional siap menemani Anda dan rombongan berwisata di Kotagede. Monggo pinarak?

Author: Rental Mobil

CV TUGU TOUR AND RENT CAR adalah rental mobil di Jogja (Yogyakarta) yang berizin resmi. Kami menyediakan berbagai macam jenis mobil dengan kondisi prima serta model terbaru yang dapat Anda sewa baik untuk 12 jam, harian, ataupun mingguan. WA: 0812 2956 6974