Kraton Yogyakarta

Kraton YogyakartaApabila Anda ingin mengunjungi obyek wisata di Yogyakarta yang benar-benar tiada duanya, Kraton Yogyakarta adalah jawabannya. Obyek wisata ini letaknya di pusat kota, di sebelah selatan Jalan Malioboro yang juga merupakan tujuan wisata favorit di kota Jogja. Tempat ini bukanlah sekedar bangunan bersejarah biasa. Tempat ini masih digunakan sebagai tempat tinggal Sultan, sehingga disana, Anda bisa mengamati kegiatan sehari-hari para abdi dalem. Ada satu bagian dari Kraton yang merupakan museum. Disana, Anda bisa melihat berbagai macam barang dengan nilai historis tinggi, seperti replika pusaka, barang-barang pemberian dari raja-raja di Eropa, dan masih banyak lagi. Selain itu, Anda juga bisa menikmati keindahan arsitektur Kraton yang unik.

Pertunjukan Seni di Kraton Yogyakarta

Kompleks Kraton Yogyakarta cukup luas, dan terbagi menjadi beberapa bagian. Di Kompleks Inti, terdapat Kompleks Pagelaran, Siti Hinggil Ler, Kamandhungan Lor, Sri Manganti, Kedhaton, Kamagangan, Kamandhungan Kidul, dan Siti Hinggil Kidul. Tapi, tentunya tidak semua bagian dari kompleks dapat Anda kunjungi. Ada bagian-bagian tertentu yang tertutup untuk umum. Di Kraton Yogyakarta juga rutin diadakan berbagai macam pertunjukan kesenian seperti macapat, wayang kulit, dan wayang orang. Pertunjukan-pertunjukan tersebut diadakan secara terjadwal.

Dengan menonton salah satu pertunjukan tersebut, Anda akan dapat lebih merasakan kentalnya budaya Jawa. Anda tidak perlu membayarkan biaya tambahan untuk menonton pertunjukan macapat, wayang orang, ataupun yang lainnya. Semua biaya sudah termasuk dalam biaya masuk. Tapi, ada biaya tambahan jika Anda membawa kamera.
Jika Anda ingin mendapatkan informasi yang lebih detil tentang Kraton Yogyakarta, Anda bisa mengunjungi Wikipedia.