Cv Tugu Rent Car – Memulai bisnis adalah sesuatu yang tidak mudah meski banyak orang yang membayangkan hal indah saat akan berbisnis. Buktinya dari sekian banyak usaha yang dibuka, hanya sedikit yang bisa bertahan dan terus berkembang. Hal tersebut juga sama dengan bisnis rental mobil. Ada banyak orang yang terjun di dalamnya, namun sedikit yang bisa bertahan dan berkembang. Tak jarang yang dilihat sebagai raksasa pun akhirnya tumbang seiring dengan berjalannya waktu. Berikut ini kami sampaikan beberapa tips yang semoga bermanfaat bagi anda yang ingin meramaikan dunia rental mobil dimanapun itu berada.

Mulai dari yang anda punya

Banyak pebisnis gagal karena mereka menggelontorkan banyak modal di awal kerja mereka. Uang sudah jor-joran dikeluarkan namun untung tak kunjung datang. Hingga akhirnya bisnis tersebut tumbang. Kami (penulis) belajar dari salah seorang mentor bisnis yang kami jumpai, beliau mengatakan bahwa bisnis itu mencari uang, bukan membuang uang. Maka mulailah dengan apa yang ada dan kita miliki. Jika kita baru punya kemampuan menyetir, maka carilah partner yang bisa diajak kerjasama untuk dipinjam mobilnya. Jika belum mampu beli mobil cash, maka tunggu hingga memiliki finansial yang cukup. Ingat, bisnis itu mencari uang bukan membuang uang.

Ilustrasi uang, salah satu komponen dalam memulai bisnis, sumber unsplah

Ilustrasi uang, salah satu komponen dalam memulai bisnis, sumber unsplah

Hindari jebakan bank

Banyak orang berargumen bahwa bisnis butuh modal dan modal itu didapat dengan meminjam uang di bank. Hal tersebut menurut kami adalah salah besar. Modal dalam bisnis tidak melulu uang. Reputasi juga merupakan modal bisnis, kecakapan akan skill tertentu juga merupakan modal bisnis. Meminjam uang di bank dalam pandangan seorang muslim akan membuat terjebak dalam riba yang merupakan salah satu dosa. Maka mulai dari apa yang ada sebagaimana point pertama, setelah kita memiliki reputasi yang bagus kita bisa berbisnis rental mobil menggunakan modal uang dari orang lain.

Utamakan pelayanan

Bisnis rental mobil adalah salah satu jenis usaha jasa. Yang namanya jasa, layanan dari perusahaan yang kita dirikan akan langsung dirasakan oleh konsumen. Maka perlakukan dengan baik setiap konsumen. Baik dari kalangan yang mampu maupun tidak mampu, dari kalangan artis maupun pejabat. Karena dari setiap orang yang puas dengan layanan rental mobil kita akan menjadi media promosi yang paling kuat, yaitu referensi atau word of mouth.

Pisahkan keuangan

Salah satu kesalahan pebisnis lainnya adalah bersatunya uang perusahaan dengan keuangan keluarga. Disiplin dalam memilah kedua jenis keuangan ini akan membuat bisnis anda terselamatkan dari jebakan keuangan minus yang tiba-tiba akibat uang perusahaan dipakai untuk keperluan keluarga. Awalnya mungkin sulit, kerjasama yang baik antara suami istri menurut kami akan membantu mempermudah teknis pemisahan keuangan keluarga dan perusahaan.

Rawat mobil

Mobil yang dipakai untuk jasa sewa mobil terbiasa untuk bepergian jauh atau dipakai dalam waktu yang lama. Maka penting untuk menjaga tampilan luar dalam mobil dengan baik. Pastikan fungsi mesin berjalan dengan baik agar tidak terjadi mogok yang tiba-tiba. Cek selalu kondisi ban dan bila perlu selalu membawa ban cadangan saat bepergian jauh keluar kota. Mobil terawat dengan baik akan membuat tamu senang. Sehingga jasa rental mobil kita akan menjadi pilihan mereka di lain waktu. Kita mungkin bukan rental mobil terbaik yang ada di sebuah kota, namun kita berusaha memberikan mobil dengan kondisi terbaik saat akan dipakai untuk mengantar tamu.

Mobil sedang dilakukan perawatan, sumber unsplah

Mobil sedang dilakukan perawatan, sumber unsplah

Promosi kreatif

Generasi Z merupakan generasi yang tidak loyal dengan brand tertentu. Karena media informasi yang mereka bisa akses membuat mereka suka mencoba hal baru terus menerus. Untuk mengatasi hal ini, pengusaha rental mobil harus pintar membuat promosi untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama. Semisal dengan membuat akun instagram yang bagus dan membuat promo lewat akun tersebut. Marketing secara kreatif juga bisa memanfaatkan google bisnisku, channel youtube, website, fanpage dan juga menggunakan lead yang sudah kita bangun baik berupa kontak WA atau email.

Jangan terlena

Banyak para pebisnis terlena dengan kesuksesan kecil, sehingga mereka kemudian lalai. Akibatnya mulai melakukan yang kegiatan yang aneh-aneh. Semisal kemudian kredit rumah, membuat kartu kredit dan sebagainya. Sehingga lama-kelamaan aset mereka habis dan berganti dengan liabilitas. Tetaplah bersahaja meskipun sudah sukses. Kami ingat cerita pemilik warung spesial sambal (SS). Beliau butuh waktu lama untuk memiliki mobil, bukan karena tidak mampu tapi agar hidup sederhana dan sudah merasa cukup dengan motornya.

Itulah beberapa panduan bisnis rental mobil untuk pemula dari kami. Kami pun masih terus belajar agar bisa tetap bertahan dan terus berkembang. Karena jika kami merasa sudah cukup, maka selesai sudah hidup kami. Kami akan berhenti belajar sementara para kompetitor mulai mengejar dan zaman sudah berubah. Seperti yang mentor bisnis kami sampaikan, tidak ada bisnis yang benar-benar stabil. Semoga bermanfaat dan terimakasih banyak sudah berkenan menyimak.

Panduan Memulai Bisnis Rental Mobil Mudah Untuk Pemula
5 (100%) 1 vote