Persaingan usaha di era industri 4.0 ini semakin ketat. Perusahaan kecil jika tak pandati menyiasati perkembangan ini akan hancur tergerus oleh persaingan usaha. Hal tersebut terjadi karena minimnya proteksi dari pemerintah serta ikut bermainnya pemain besar dalam memanfaatkan kecanggihan dunia telekomunikasi dalam bisnis mereka. Salah satu hal kecil yang bisa dimanfaatkan oleh pengusaha rental mobil dalam masuk era digital ini adalah layanan google bisnisku.

Menurut halaman support dari google, google bisnisku merupakan “fitur gratis yang mudah digunakan oleh bisnis dan organisasi untuk mengelola kehadiran online mereka di Google, termasuk di Penelusuran dan Maps.” Jadi dengan mendaftarkan usaha kita di google bisnisku kita akan mendapatkan fitur gratis berupa peta dan bahkan bisa memanfaatkan website gratis dari google. Secara lebih detail kami sampaikan dibawah ini terkait keuntungan memakai google bisnisku untuk pengusaha rental mobil.

tampilan peta di google maps untuk rental mobil jogja kami

Peta di google maps untuk rental mobil Jogja kami, klik untuk melihat peta

Mendatangkan User Organik

Google sebagai mesin pencari yang terbanyak digunakan di dunia terus berkembang. Tujuan mereka adalah memberikan hasil pencarian yang paling baik kepada setiap penggunanya. Salah satu perkembangan yang dilakukan oleh google dalam hasil pencarian search engine mereka adalah dengan memasukkan hasil pencarian peta untuk kata kunci yang diketikkan oleh user. Misalnya jika anda memiliki usaha rental mobil di Jogja, jika ada user yang mencari kata kunci tersebut google akan menambahkan hasil pencarian peta juga.

Selain itu, saat ini google maps sebagai jasa penyedia peta gratis dari google juga banyak digunakan oleh user dalam mencari lokasi tertentu. Selain hasilnya cukup akurat, adanya informasi tambahan berupa no telepon, website serta review dari pengguna juga amat diperlukan oleh user. Google maps akan lebih mengunggulkan lokasi terdekat dari alamat pencari. Sehingga hal ini menguntungkan bagi pemilik jasa rental mobil. Bisa jadi suatu saat akan dikembangkan pula fitur untuk memasukkan jenis mobil rental serta harga di peta. Who knows?

Halaman admin google bisnisku

Halaman admin google bisnisku

Mendapatkan Situs Gratis

Google bisnisku yang telah terverfikasi ataupun yang belum tetap mendapatkan layanan gratis ini. Jadi tak perlu khawatir, meskipun untuk google bisnisku yang terverikasi akan mendapatkan keunggulan dari segi pencarian peta tentunya. Adanya situs gratis ini akan cukup membantu pemilik jasa rental mobil yang belum memiliki budget untuk membuat website. Oh ya, tampilan website yang ada cukup cantik dan sudah responsive. Sudah bisa dijadikan landing pages manakala akan beriklan di google atau sosial media seperti instagram atau facebook.

Menaikkan Reputasi

Mungkin ada sebagian orang yang heran, apa hubungannya google bisnisku dengan reputasi bisnis rental mobil yang anda jalani? Menurut hemat kami, reputasi usaha rental mobil akan naik manakala google bisnis mereka terverifikasi. Selain itu jika peta mereka mendapatkan bintang yang banyak serta review yang positif, hal tersebut akan membuat orang semakin yakin dengan usaha rental mobil yang anda geluti. Memang dimungkinkan adanya pelanggan yang kecewa dan memberikan review jelek, atau dari kompetitor yang tidak bermain sehat. Namun manakala pelayanan rental mobil konsisten, hal tersebut akan segera tergantikan dengan banyak review positif lainnya.

Chart data tampilan peta google maps

Grafit tayang peta google maps.

Itulah beberapa manfaat penting fitur google bisnisku untuk pengusaha rental mobil. Selain yang sudah kami sebutkan diatas, masih banyak lagi keuntungan memakai fitur ini. Semisal kita bisa menambah foto dengan mudah, halaman analitik kunjungan google bisnis kita dan kemudahan untuk beriklan di google adword express. Jadi, kapan anda mau pasang google bisnisku untuk usaha rental mobil anda?

Pentingnya Google Bisnisku Untuk Pengusaha Rental Mobil
5 (100%) 1 vote