Pada kesempatan kali ini kami mencoba untuk berbagi seputar review rental mobil Jogja. Sebagaimana kita tahu, sebuah bisnis memerlukan trust untuk mendapatkan loyalitas dari pelanggan serta konversi calon konsumen ke konsumen usaha kita. Sama juga dengan usaha rental mobil di Yogyakarta yang membutuhkan hal tersebut. Hal tersebut yang menjadi concern dari owner bisnis rental mobil. Untuk itulah kami dari Cv Tugu Rent Car mencoba menulis panduan analisa review rental mobil dengan harapan agar memudahkan pelanggan mencari jasa rental mobil yang bisa dipercaya, sedangkan bagi owner menjadi bahan perenungan bisnis yang mereka jalani.

Sumber review

Kami meyakini review atau ulasan usaha rental mobil Jogja yang kita jalani datang dari pembicaraan orang per orang. Misalnya ada pemakai jasa kita, sebutlah si A terpuaskan dengan jasa rental avanza kita. karena terpuaskan maka A menceritakan pengalamannya ke B, C, D dan F. Jika yang diceritakan memiliki trust kepada A, maka ini menjadi ulasan yang bakal tinggi dalam menjadi bahan pertimbangan. Seperti apa detail sumber review bisnis? Simak dibawah ini, namun yang masuk daftar kami adalah sumber review bisnis yang ada di dunia maya / online.

Ilustrasi artikel review rental mobil jogja, love symbol from unsplash

Love symbol from unsplash.com

Review peta

Kami menyebut dengan istilah review peta karena sumber utama data untuk mencari informasi review rental mobil Jogja berasal dari data di google maps. Sebagaimana kita tahu, google maps memiliki fitur memberikan bintang dan feedback.

Review sosial media

Platform sosial media yang digunakan untuk merepresentasikan bisnis rental mobil ada banyak. Sebagian contohnya adalah: facebook, twitter, instagram, pinterest, youtube dll. Dengan melakukan analisa sederhana kita bisa mendapatkan sumber review usaha rental mobil yang menarik.

Review blogger

Di dunia maya banyak terdapat blogger yang biasa menulis pengalaman mereka, termasuk juga ada yang menuliskan review rental mobil jogja, baik secara langsung dalam 1 judul artikel atau dimasukkan singkat dalam pembahasan tertentu.

Panduan analisa

Kami coba susunkan secara sederhana panduan melakukan analisa review melalui sumber review rental mobil online yang kami sebutkan diatas. Semoga bisa memberikan manfaat.

Analisa review peta Google Maps

Google memiliki produk google maps yang bisa terintegrasi dengan google bisnisku. Pengguna bisa mencari alamat peta usaha kita dan memberikan rating serta komentar. Dari sisi pemilik bisnis bisa memberikan tanggapan atas komentar tersebut. Dalam menilai review peta yang ada di google maps, hendaknya kita tidak silau dengan rating bintang yang tinggi dan bagus. Karena ada kemungkinan juga memakai jasa reviewer. Maka cobalah cari komentar dari orang yang memberikan bintang 3 kebawah. Komentar dari mereka menurut hemat kami lebih bisa obyektif jika mereka menuliskan aspek pelayanan jasa rental mobil kita.

Contoh review rental mobil jogja pada google maps

Contoh review rental mobil jogja pada google maps

Untuk komentar dari orang yang memberikan rating bintang 1 pun kita juga harus amati. Karena bisa jadi ada kompetitor yang bermain ‘hitam’. Dari sinilah kita melihat apa peran serta pemilik bisnis dalam menghadapi mereka, jika komentar ditanggapi dengan baik. Maka bisa kita simpulkan bahwa perusahaan ini masih baik-baik saja.

Analisa review sosial media

Sama halnya dengan analisa review rental mobil jogja di peta google maps. Kita harus perhatikan dengan seksama pemberian rangking yang sempurna atau terlalu buruk di platform halaman facebook. Jika konsumen memberikan foto yang memperjelas komplain mereka, hal tersebut bisa kita jadikan penguat akan kualitas layanan rental mobil perusahaan tersebut. Untuk platform twitter, instagram, youtube kita bisa melihat reply komentar yang terjadi. Yang perlu kita ingat terus, kita tidak tahu siapa orang yang memberikan review tersebut. Apakah orang asli atau ‘maya’.

Analisa review blogger

Dalam melihat review seorang blogger, yang pertama kali perlu kita ketahui adalah apakah review mereka itu alami atau bayaran (paid content)? Ada blogger yang profesional yang memang menyediakan artikel berbayar di website mereka untuk review produk dll. Jika sudah dibedakan seperti ini maka jika ada tulisan yang tidak berbayar tentang review rental mobil jogja, maka itu bisa kita jadikan acuan yang bagus. Karena menurut hemat kami, review berbayar dari blogger keobyektifannya berkurang karena faktor rupiah tersebut. Kecuali memang jika kita menemukan blogger yang benar-benar memberikan review obyektif, kebaikan dan kekurangan juga diungkap. Maka yang seperti itu bisa kita jadikan acuan.

Menurut hemat kami, dalam mencari review seputar usaha rental mobil di Jogja yang terbaik adalah dengan bertanya kepada kolega yang bisa anda percaya. Setalah menjadi pengalaman, maka pengalaman bisa dijadikan guru terbaik anda. Namun jika tidak memiliki hal tersebut, mencari review di dunia maya boleh-boleh saja. Asalkan tidak ‘gumunan’ sehingga bisa jernih dalam menilai setiap jenis review rental mobil jogja yang ada. Terimakasih, jika ada opini dan masukkan silahkan melalui fitur komentar yang kami sediakan.

Panduan Analisa Review Rental Mobil Jogja Dengan Mudah
5 (100%) 1 vote