Pesona Baru Pantai Timang: Jembatan Gantung Penyambung ke Pulau Kecil

Bukan menjadi rahasia jika setiap daerah di Indonesia sedang berlomba-lomba memunculkan potensi daerahnya sebagai tempat wisata, tak terkecuali juga Yogyakarta. Yogyakarta yang memiliki tiga kabupaten besar ini terus memunculkan potensi dari masing-masing daerahnya. Kabupaten Gunung Kidul yang selalu muncul dengan keindahan alamnya berupa panorama pantai ataupun goa, Kabupaten Bantul berupa keindahan alam dengan indahnya hutan pinus yang dimiliki, dan Kabupaten Sleman dengan munculnya tempat wisata unik seperti rumah teletubies.

Kali ini kami ingin sedikit mengulas mengenai salah satu pantai yang baru dikembangkan di daerah Gunung Kidul yaitu Pantai Timang. Dibandingkan dengan pantai lainnya, Pantai Timang ini terkategori pantai yang belum banyak dieksplorasi dan dikembangkan. Pantai Timang sendiri berada di dusun Danggolo, desa Purwodadi, kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Keunikan dari Pantai Timang yang bisa dilihat dan dikunjungi adalah adanya pulau kecil yang tidak begitu jauh dari daratan pantainya. Dan ketika di pulau kecil ini, pengunjung bisa melihat keindahan deburan ombak lebih dekat lagi. Dan untuk menuju ke pulau kecil ini, pengunjung tidak bisa lewat berjalan kaki atau menggunakan kapal, tapi pada awalnya menggunakan kereta gantung, mengingat jarak pulau kecil ini dari daratan utama cukup jauh dan di antara keduanya terdapat laut dengan deburan ombak.

Pesona Baru Pantai Timang: Jembatan Gantung Penyambung ke Pulau Kecil
Pesona Baru Pantai Timang: Jembatan Gantung Penyambung ke Pulau Kecil. Sumber IG: @jogja

Bagi pengunjung yang berminat mengunjungi pulau kecil ini diminta untuk menyiapkan dana sebesar Rp150.000,00 setiap orang. Cukup mahal bukan? Ya, wajar saja. Karena pengembangan di Pantai Timang ini dilakukan oleh para pengembang wisata lokal. Dan yang menarik kereta gantung sendiri masih menggunakan tenaga manusia. Selain menggunakan kereta gantung, bulan Maret 2017 lalu telah dikembangkan jalan gantung yang bisa dilalui oleh para pengunjung dengan berjalan kaki. Tenang, sekalipun jembatan gantung ini memang melayang di atas lautan, jembatan ini sangat aman untuk dilalui, ditambah lagi para pengunjung juga diberikan pengaman oleh pengelola sekitar jika akan menyebrang ke sana. Selain itu, biaya untuk menuju pulau kecil di pantai ini melalui jalan gantung lebih murah, yaitu sekitar Rp100.000,00.

Salah satu sensasi yang bisa dirasakan ketika melewati jembatan gantung ini adalah ketika melaluinya serasa melayang di atas lautan, ditambah lagi adanya sepoi sepoi angin yang membuat jembatan gantung bergoyang-goyang. Andapun bisa langsung melihat dengan jelas keindahan laut di sana. Jika Anda tertarik untuk datang ke sana perlu diketahui bahwa jalan di dusun Danggolo masih belum begitu baik. Diperlukan skill khusus untuk melewatinya. Dan jika Anda tidak mau mengendarai kendaraan sendiri, maka di sana telah disediakan tukang ojek yang siap mengantar ke tempat tujuan.

Jika Anda berminat, rute menuju ke Pantai Timang dari daerah Yogyakarta yaitu menuju Jalan Wonosari, terus berjalan sampai menemukan Pemda Wonosari, kemudian berjalan sampai menemui jalan Baron, kemudian menuju karang rejek, Mulo, kemudian menuju Pantai Siung dan Wediombo, Pasar Purwodadi, kemudian jika telah menemukan pertigaan siung ambil arah kanan sampai menemukan plakat bernama dusun Danggolo, di situlah Pantai Timang Berada.

Nama : Pantai Timang
Alamat : dusun Danggolo, desa Purwodadi, kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta
Google maps: https://goo.gl/maps/XRCy6SCMGxD2

Butuh perjuangan memang untuk melihat pantai ini juga membutuhkan dana yang lebih jika Anda ingin merasakan sensasi keindahan pulau kecil dan bagaimana melewati jembatan gantung. Sekian ulasan dari kami jasa rental mobil Yogyakarta CV Tugu Rent Car, semoga bermanfaat untuk Anda yang ingin menikmati liburan di Yogyakarta.

Nikmati Wisata Alam Kebun Teh Nglinggo dan Grojogan Watu Jonggol

Pernahkah Anda merasa perlu menyegarkan pikiran di tengah pemandangan hijau yang segar? Atau apakah Anda penyuka sajian minuman teh dan berkeinginan berada di kebun teh? Jujur, penulis pengen dua-duanya. Hehe. Biasanya kebun teh banyak terdapat di daerah pegunungan dan lebih sering ada di daerah Jawa bagian Barat. Namun, tidak disangka di Yogyakarta ternyata ada kebun teh yang bahkan saat ini telah menjadi tempat wisata meskipun kebun tehnya belum terlalu luas. Kebun teh apa itu? Kalau pembaca pernah mendengarnya yaitu Kebun Teh Nglinggo di daerah Kulon Progo, Yogyakarta. Atau lebih tepatnya di wilayah dusun Nglinggo, desa Pagerharjo, kecamatan Samigaluh, kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Ada beberapa hal yang menarik dari Kebun Teh Nglinggo ini. Sebenarnya kondisi kebun teh ini sama dengan kebun teh lainnya, sama-sama terhampar tanaman teh yang hijau, akan tetapi perbedaannya adalah kebun teh ini sengaja dijadikan sebagai objek wisata oleh warga di dusun Nglinggo. Karena dusun Nglinggo sendiri dikelola menjadi desa wisata dan ada tempat wisata lain yang bisa dikunjungi di sini. Sehingga, jika Anda kesini tidak hanya menikmati hamparan kebun teh saja tapi juga bisa menikmati pemandangan lainnya. Apa saja yang menarik disini?

Nikmati Wisata Alam Kebun Teh Nglinggo di Kabupaten Kulon Progo
Nikmati Wisata Alam Kebun Teh Nglinggo di Kabupaten Kulon Progo. Sumber: @hanif_rochman

Pertama, Anda bisa melihat beberapa puncak gunung dari kebun teh nglinggo ini. Mengingat kebun teh ini berada di ketinggian sekitar 1000 m di atas permukaan laut. Puncak gunung yang terlihat adalah Gunung Merapi dan Gunung Sumbing. Tentu ini menjadi salah satu kelebihan berada di kebun teh ini. Kedua, Anda bisa menikmati sajian teh sangit dari kebun teh ini. Teh sangit ini merupakan teh hasil olahan tradisional warga sekitar. Teh di dapat dari kebun teh tersebut dan di proses menggunakan wajan yang dipanaskan hingga daun kecoklatan. Dan ketika diseduh akan ada sensasi rasa sangitnya. Jika Anda penasaran bisa mencobanya di warung-warung terdekat dengan kebun teh. Selain itu harganya juga sangat terjangkau.

Ketiga, Anda bisa mengunjungi salah satu air terjun di dusun tersebut. Air terjun yang ada di sana bernama Grojogan Watu Jonggol. Air terjun ini tidak terlalu besar tapi sangat indah dan nyaman untuk didatangi. Dan sebenarnya keberadaan air terjun ini lebih dulu dibandingkan dengan kebun tehnya. Belum terlalu banyak wisatawan yang berkunjung ke sana sehingga bisa dipastikan tempatnya masih sangat asri dan belum mengalami banyak kerusakan lingkungan. Biaya tiket masuknya pun masih sangat murah yaitu sekitar tiga ribu rupiah. Baca juga : Keindahan Pintu Langit di Mangunan

Nama : Kebun Teh Nglinggo
Alamat : Dusun Nglinggo, desa Pagerharjo, kecamatan Samigaluh, kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.
Peta Google Maps : https://goo.gl/maps/JtHsckGMZHq

Nah, jika Anda tertarik mengunjungi Kebun Teh Nglinggo ini, perlu diketahui bahwa jarak kebun teh ini dari pusat kota Yogyakarta sekitar 40 km. Dan jika Anda ingin ke sana, pergilah bersama orang yang tahu dengan pasti berbagai macam jalan di Yogyakarta ini. Dan lebih baik kalau Anda menyewa mobil di tempat rental. Sekian ulasan kami mengenai Kebun Teh Nglinggo, semoga bisa memberikan informasi bermanfaat bagi Anda.

Wisata Jogja Pantai Wedi Ombo Dengan Aktivitas Yang Beragam

Gunung Kidul merupakan sebuah Kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki beragam wisata pantai. Yang di mana pantai ini memiliki keunikan serta keindahan yang berbeda di setiap pantai. Salah satu pantai menarik yang berada di Gunung Kidul adalah Pantai Wedi Ombo. Nama Pantai Wedi Ombo ini berasal dari dua kata. Yaitu wedhi yang berarti pasir dan ombo yang berarti luas. Namun, pasir di pantai ini lebih sempit karena di batasi oleh dua bukit karang yang besar pada kedua sisinya. Bisa dibilang, wisata Jogja Pantai Wedi Ombo ini adalah obyek wisata pantai yang paling lengkap. Karena memiliki berbagai kegiatan yang bisa wisatawan lakukan di Pantai Wedi Ombo. Namun, wisatawan juga harus mengerti letak, rute menuju lokasi, dan tiket masuk untuk menuju ke Pantai Wedi Ombo.

Lokasi, Rute, Dan Tiket Masuk ke Pantai Wedi Ombo

Letak dari wisata Jogja Pantai Wedi Ombo ini berada tidak jauh dari pantai-pantai yang lain. Karena letaknya memang masih satu deretan pantai Gunung Kidul. Tepatnya berada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunung Kidul. Jaraknya jika dari pusat kota Yogyakarta sekitar 73 kilometer dan memakan waktu 2 jam perjalanan. Tetapi, jika dari pusat kota Wonosari memakan waktu 1 jam atau sekitar 35 kilometer. Jalan untuk menuju ke wisata Jogja Pantai Wedi Ombo ini juga sudah beraspal halus. Wisatawan juga bisa menggunakan fasilitas transportasi umum untuk menuju ke Pantai Wedi Ombo. Biaya masuknya pun cukup murah. Hanya sekitar Rp. 5.000 per orang. Baca juga : Pantai Indrayanti Yang Eksotis Berpasir Putih

Pantai Wedi Ombo di Gunung Kidul Yogyakarta, sumber ig ajinuralamsyah1
Pantai Wedi Ombo di Gunung Kidul Yogyakarta, sumber ig @ajinuralamsyah1

Aktivitas Di Pantai Wedi Ombo

Dengan tiket yang murah, wisatawan bisa menikmati segarnya angin pantai serta keindahan yang tiada duanya. Karena Pantai Wedi Ombo adalah pantai yang paling lengkap di Gunung Kidul, tentunya ada berbagai aktivitas yang bisa di lakukan wisatawan ketika mengunjungi pantai ini. Berikut merupakan aktivitas yang bisa wisatawan lakukan di Pantai Wedi Ombo.

Yang pertama adalah snorkeling. Ada dua tempat snorkeling di wisata Jogja pantai wedi ombo. Yaitu pada bagian permukaan pantai dan bagian tengah. Untuk melakukan snorkeling di bagian pantai, wisatawan di kenakan biaya sebesar Rp. 30.000 per orang. Harga di bagian pantai dan bagian tengah laut juga berbeda. Yaitu sekitar Rp. 80.000 per orang. Mahalnya harga ini di sebabkan karena untuk menuju tengah, wisatawan harus menggunakan kapal. Baca juga : Indahnya Pantai Pok Tunggal di Gunung Kidul

A post shared by fakhrigigih (@fakhrigigih) on

Di tempat ini juga tersedia kolam renang yang alami. Kolam alami ini berada di daerah bebatuan ujung Pantai Wediombo. Tepatnya pada celah-celah batu karang yang membentuk kolam. Hal ini tentu saja bisa membuat pengunjung Pantai Wedi Ombo bisa berenang di kolam renang alami ini.
Tentunya jika berkunjung ke pantai, tidak lengkap rasanya jika tidak menikmati sunset. Untuk yang ingin berkemah di Pantai Wedi Ombo, sudah tersedia tempat untuk berkemah. Wisatawan juga bisa menyewa tenda jika tidak membawa atau mempunyai tenda. Biaya untuk sewa tenda ini adalah sekitar Rp. 35.000 per malam.

Nama : Pantai Wedi Ombo
Alamat : Jepitu, Girisubo, Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Peta Google Maps : https://goo.gl/maps/58u3vamyu7S2

Terimakasih sudah berkenan menyimak review obyek wisata pantai Wedi Ombo dari kami. Tempat tersebut bisa menjadi pilihan menarik saat berlibur di Jogja. Untuk lebih memudahkan anda dalam berwisata, jika membutuhkan jasa rental mobil menuju ke pantai Wedi Ombo. Kami dari rental mobil Jogja Cv Tugu Rent Car siap sedia membantu kebutuhan transportasi anda. Terimakasih

Wisata Jogja Pintu Langit, Yang Hits dan Instagramable Banget!

www.cvtugurentcar.com – Pintu langit? Ada yang masih aneh dengan nama wisata Jogja tersebut? Memang, akhir-akhir ini mulai bermunculan beberapa lokasi wisata yang memiliki nama aneh namun sangat patut kamu kunjungi, salah satunya seperti Pintu Langit.

Sebenarnya, Pintu Langit ini merupakan satu dari sekian spot foto yang ada di tempat wisata Kebun Buah Mangunan. Pengelola wisata membangun kawasan wisata sesuai dengan perkembangan masa kini. Karena memang spot foto yang instagramable sedang sangat digemari, akhirnya pihak pengelola membangun beberapa spot foto menarik di kawasan tersebut. Karena kepopuleran spot fotonya, wisata ini menjadi salah satu tempat yang dicari oleh orang-orang.

Memang sih pemandangan alam yang ada di kawasan tersebut masih tergolong umum, namun tentunya hirupan udara yang segar dan pemandangan hijau akan membuat pikiranmu lebih terasa fresh. Jika masih belum fresh juga rasanya perlu makan kuliner yang enak di Jogja, he he.

Wisata Pintu Langit Dlingo Jogja, sumber ig sohanryanto
Wisata Pintu Langit Dlingo Jogja, sumber ig @sohanryanto

Apalagi kamu bisa mendapatkan kelebihan berwisata saat melakukan berbagai macam gaya foto dibeberapa spot foto menarik yang telah di sediakan. Saat kamu berfoto di pintu langit, rasanya kamu seperti akan naik ke atas langit dan menembus langit karena memang dibuat sangat imajinatif sekali.

Kamu bisa duduk di atas pintu langit sambil menikmati pemandangan alam dari atas. Oiya, moment foto paling bagus adalah saat matahari tenggelam karena kamu bisa membuat siluet alami dari backlihgt cahaya matahari tenggelam. Baca juga : Eksotisme Bukit Purba Ngelanggeran

Kamu juga bisa menikmati pemandangan senja menuju gelap. Pesona gradasi langit senja akan membuatmu merasa kagum. Jangan lupa untuk mengabadikan setiap moment langka selama ada di atas Pintu Langit ya.

Eits, selain sunset kamu juga bisa loh menikmati pemandangan matahari terbit dari tempat ini. Jadi, kalau sunset kamu harus terburu-buru turun karena akan gelap, kalau saat sunrise kamu bisa bersantai sejenak karena hari mulai terang atau menuju siang. Oiya, sebenarnya kamu juga tidak dibatasi kok mau berfoto kapan saja. Namun waktu-waktu terbaik dan langka pada saat matahari terbit dan tenggelam.

Tiket Masuk ke Kawasan Wisata

Kalau mau berwisata tentunya kamu juga harus menyiapkan keuangan dong, begitu juga saat akan berkunjung ke kawasan wisata yang menyajika spot foto Pintu Langit. Nah, untuk bisa menikmati keindahan alam dan spot foto Pintu Langit kamu siapkan saja 5 ribu rupiah per orang. Kalau membawa kendaraan, siapkan juga 2 ribu rupiah per motor. Murah banget nggak sih? Ya, murahlah apalagi dengan hasil foto yang bagus banget dan instagramable.

Pintu Langit di siang hari, sumber ig faridh.pay
Pintu Langit di siang hari, sumber ig @faridh.pay

So’ buat kamu yang ingin melakukan perjalanan wisata Jogja, pokoknya wajib banget deh berfoto di Pintu Langit. Berfoto sepuasnya, kemudian upload deh di instagram, dengan begitu kamu bisa bisa membantu mempublikasikan kekayaan wisata yang ada di Indonesia.

Nama : Pintu Langit Dahromo
Alamat : Jl.Hutan Pinus Nganjir, Dahromo, Muntuk, Dlingo, Bantul, Muntuk, Dlingo, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783
Peta Google Maps : https://goo.gl/maps/6e3ZQ11EZsR2

Semoga ulasan dari kami tentang wisata pintu langit Jogja ini bermanfaat. Jika memerlukan kendaraan berupa mobil + sopir untuk pergi kesana bisa menghubungi kami dari jasa rental mobil Yogykarta CV Tugu Tour & Rent Car. Sopir kami dengan senang hati akan mengantarkan anda ke tempat tersebut.

Eksotisme Cahaya Surga di Gua Jomblang, Gunung Kidul

CV Tugu Rent Car – Yogyakarta sebagai salah satu kota pelajar di Indonesia tidak pernah kehilangan eksotisme pariwisatanya. Hampir setiap tahun Yogyakarta selalu memiliki tren pariwisata, baik pariwisata alam maupun buatan. Daerah yang memiliki pariwisata pun hampir tersebar di Yogyakarta, namun salah satu daerah yang memiliki banyak pariwisata alam adalah kabupaten Gunung Kidul. Di Kabupaten ini pariwisata alam nya sudah banyak yang terkenal bahkan sudah go International.Salah satunya akan kami ulas pada artikel kali ini yaitu mengenai Gua Jomblang.

Gua Jomblang merupakan salah satu gua vertikal yang unik di Gunung Kidul. Gua ini terdapat di kawasan Karst Gunung Sewu. Gua ini pula terbentuk karena fenomena alam yang sering dikenal sebagai collapse doline atau proses amblesnya tanah beserta tanaman di atas tanah tersebut. Kemudian terbentuklah salah satu sinkhole atau gua vertikal berbentuk seperti sumur, kalau dalam bahasa jawa dinamakan sebagai Luweng, sehingga Gua Jomblang disebut juga sebagai Luweng Jomblang. Tanaman yang ikut ambles ini kemudian tetap tumbuh di bawah dan menjadi vegetasi yang berbeda dengan vegetasi yang tumbuh di atas tanah, sehingga sering disebut sebagai hutan purba.

Eksotisme Cahaya Surga di Gua Jomblang, Gunung Kidul
Eksotisme Cahaya Surga di Gua Jomblang, Gunung Kidul. IG @wiiisdaa

Keunikan yang dikejar oleh para wisatawan di Gua Jomblang ini adalah light of ray yang terbentuk karena adanya cahaya matahari yang masuk ke lubang gua dan menyinari bagian dalam gua sedalam 90 meter. Selain itu, pemandangan unik hutan purba dan lorong sepanjang 300 meter menuju dasar dari gua Jomblang inipun tak kalah menarik perhatian wisatawan. Gua Jomblang sendiri telah diresmikan sebagai Global Geopark Network sejak September 2015. Posisinya disejajarkan dengan Pulau Jeju di Korea Selatan. Bagi korean lovers pasti tidak asing dengan keindahan Pulau Jeju.

Cara memasuki gua inipun cukup unik, yaitu menggunakan tali kernmatle. Tali ini digunakan secara khusus bagi para penjelajah gua sekaligus orang-orang yang menyukai panjat tebing. Dan untuk melihat cahaya surga yang banyak disebut memiliki keindahan luar biasa ini, setelah turun ke daerah yang ambles, kamu perlu melewati lorong yang cukup gelap sepanjang 300 meter. Cahaya surga akan ditemui di ujung dari lorong ini. Di Gua Jomblang ini, hampir semua daerah nya dapat dijadikan sebagai spot foto yang akan terus mengingatkan kita kepada keindahan ciptaan Sang Pencipta. Mulai dari saat Anda turun menggunakan kernmatle atau ketika bertemu dengan spesies tanaman unik di sana atau mungkin juga hewan. Dan tentunya cahaya yang berpendar di bawah permukaan bumi sangat bisa membuat Anda takjub dengan hasil ciptaanNya ini.

Biaya untuk memasuki Gua Jomblang ini sebenarnya bisa diminimalisir jika Anda memiliki segala peralatan untuk menelusuri gua dan turun gua, tapi jika Anda tidak memilikinya Anda perlu menyewa instruktur yang akan memandu Anda. Biayanya sekitar Rp750.000,00 sampai Rp1.000.000,00. Cukup mahal memang. Tapi sepadan dengan keindahan alam yang diberikan bagi orang-orang yang menyukai penelusuran gua. Dan disarankan mulailah untuk menyusuri Gua Jomblang sekitar pukul 9 atau 10 pagi, karena keindahan ray of light dapat dilihat pada pukul 11.00 siang atau 12.00 siang.

Gua Jomblang terletak di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul. Perjalanan dari Yogyakarta menuju gua ini cukup lama yaitu sekitar 90 menit, sehingga saran kami jika Anda ingin menuju ke sana gunakanlah kendaraan pribadi atau sewalah kendaraan beserta sopirnya, perjalanannya cukup melelahkan belum lagi aktivitas penelusuran gua yang akan dilakukan. Jalan dari Yogyakarta dapat ditempuh melalui Jalan Wonosari menuju Piyungan, Patuk, Wonosari, Semanu, dan berakhir di Pacarejo. Setelah itu Anda akan melewati jalan perkampungan dan akan ditemukan resort di tengah ladang perkampungan, dan itulah Gua Jomblang.

Nama : Gua Jomblang
Alamat : Pacarejo, Semanu, Gunung Kidul Regency, Special Region of Yogyakarta 55893
Peta Google Maps :  https://goo.gl/maps/pDKMCeNor5k

Sekian ulasan kami mengenai Gua Jomblang, semoga menarik minat Anda untuk berkunjung ke sana bersama teman atau saudara Anda. Tidak perlu ragu untuk membagikan ulang ulasan kami jika dirasa bermanfaat. Sekian ^.^

Indahnya Panorama Tebing Breksi di Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta yang terkenal sebagai kota pelajar (karena menjamurnya universitas) dan kota gudeg (karena kuliner gudegnya pun menjamur dan berhasil menjadi ikon kuliner kota ini) tidak pernah kehilangan daya tarik untuk menarik wisatawan untuk berkunjung ke Kota Yogyakarta. Ditambah lagi, banyaknya tempat wisata di Yogyakarta baik berupa wisata alam maupun wisata edukatif. Wisata alam pun bisa berupa wisata pantai maupun wisata pegunungan.

Tempat wisata yang dikunjungipun bertarif ringan dan terjangkau oleh kantong para mahasiswa. Sehingga, jika kamu adalah orang yang berasal dari luar kota Yogyakarta bahkan berasal dari pulau Jawa yang kebetulan sedang menjadi mahasiswa di UGM, UNY, UIN, atau kampus lainnya, sangat disayangkan jika kamu tidak merasakan asyiknya menelusuri setiap sudut kota Yogyakarta. Kali ini kami akan merekomendasikan satu tempat pariwisata unik dengan tarif super murah karena tarif masuk ke tempat wisata ini hanya dengan mengeluarkan uang parkir saja. Tempat wisata itu adalah Panorama Tebing Breksi.

Panorama Tebing Breksi diresmikan sebagai tempat wisata sejak 30 Mei 2015 oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta.  Panorama tebing ini banyak menarik orang-orang yang mencintai fotografi karena banyak spot spot foto yang dapat digunakan untuk mendapatkan gambar yang indah. Selain itu, karena tempat ini terbentuk dari batuan breksi yang besar serasa seperti mahakarya pahatan besar  luar biasa.

Salah satu hal menyenangkan ketika sudah sampai di puncak tebing, maka akan terlihat lanskap Candi Prambanan, Candi Sojiwan, Candi Barong, keindahan Gunung Merapi, juga sebagian daerah di Yogyakarta. Di Tebing Breksi ini telah sengaja dibentuk anak tangga-anak tangga kecil yang diperuntukkan untuk memudahkan para pengunjung untuk sampai ke puncak tebing.

Tebing breksi yang terletak di Dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta ini dikaji oleh para peneliti dan diperkirakan berasal dari endapan abu vulkanik Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunung Kidul. Gunung Api Purba sendiri saat ini telah menjadi guungapi yang tidak aktif lagi dan berubah menjadi objek wisata yang indah pula. Disebut pula bahwa Tebing Breksi ini juga termasuk cagar alam yang patut dilestarikan.

Bentuk Tebing Breksi di masa sekarang tidak terbentuk secara alami seperti awal awal letusan gunung api Purba, melainkan karena adanya aktivitas penambangan yang pernah dilakukan oleh masyarakat sekitar. Guratan bekas galian pertambangan yang ada ternyata menjadi gambaran keindahan tersendiri dan menjadi daya tarik bagi tempat ini.

Indahnya Panorama Tebing Breksi di Yogyakarta
Indahnya Panorama Tebing Breksi di Yogyakarta. Sumber: IG @errystory

Jika kalian berkeinginan untuk berkunjung ke tempat ini, ingin kami informasikan bahwa tempat ini belum memiliki fasilitas lengkap seperti adanya WC, mushola, rumah makan, dan sebagainya. Wajar saja karena tebingnya pun tidak terlalu tinggi dan cukup menarik bagi para fotografer untuk melakukan sesi pemotretan. Sehingga, kami merekomendasikan agar menyesuaikan dengan kondisi ini jika ingin melihat langsung batuan kapur bekas letusan gunungapi Purba dan melihat keindahan candi-candi di sekitar Tebing Breksi.

Selain itu, kamipun merekomendasikan Anda untuk mengambil paket wisata ke beberapa tempat di sekitar Tebing Breksi, atau jika penasaran dengan bentuk keindahan gunungapi Purba di Gunung Kidul yang menjadi sumber adanya tebing ini, Anda bisa berkunjung ke sana. Jaraknya mungkin sekitar 45 menit sampai 90 menit perjalanan. Ulasan terkait gunung api Purba dapat kalian lihat disini. Atau mendatangi candi-candi sekitarnya.

Nama : Tebing Breksi
Alamat : Sambirejo, Prambanan, Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55572
Peta Google Maps : https://goo.gl/maps/pGXoaP84fwK2

Sekian ulasan kami mengenai Tebing Breksi ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi Anda dalam menentukan rencana wisata ke Kota Yogyakarta. Jika membutuhkan kendaraan transportasi selama di Yogyakarta, kami sebagai agen rental mobil Jogja siap sedia menemani Anda dan rombongan. Terimakasih dan selamat berlibur di Jogja.

Panorama Eksotis Gunung Api Purba Nglanggeran, Yogyakarta

Yogyakarta tidak pernah kekurangan panorama yang eksotis mulai dari panorama laut maupun gunung. Kali ini kami ingin menyajikan artikel mengenai salah satu destinasi wisata alam yang menarik di Yogyakarta, yaitu Gunung Api Purba Nglanggeran. Gunung api ini pernah menjadi salah satu gunung api aktif berjuta-juta tahun lalu dan sekarang sudah tidak aktif lagi. Gunung Api Purba ini juga merupakan gunungapi yang berada di dalam laut kemudian karena suatu proses alam, akhirnya terangkat ke atas permukaan laut dan menjadi salah satu destinasi wisata alam menarik karena menyajikan panorama sunrise, sunset, juga keindahan alam pegunungan.

Panorama Eksotis Gunung Api Purba Nglanggeran, Kulon Progo, Yogyakarta
Panorama Eksotis Gunung Api Purba Nglanggeran, Kulon Progo, Yogyakarta. Sumber: IG @samuelardyhanz

Sekalipun bernama Gunung Api Purba, tempat ini lebih nampak seperti kumpulan bukit-bukit karena puncaknya yang tidak terlalu tinggi. Gunung Api Purba berada 700 meter di atas permukaan air laut. Gunung Api Purba terbentuk dari batuan andesit. Gunung Api Purba terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung kidul yang berada dengan Pegunungan Baturagung. Kawasan ini telah menjadi salah satu objek wisata unggulan Daerah Istimewa Yogyakarta dan menjadi daya tarik tersendiri bagi orang yang menyukai pendakian gunung ataupun panorama alam.

Panorama Eksotis Gunung Api Purba Nglanggeran, Kulon Progo, Yogyakarta
Panorama Eksotis Gunung Api Purba Nglanggeran, Kulon Progo, Yogyakarta. Sumber: IG @cristina_dwi

Jika Anda menuju ke gunungapi dari pusat kota Yogyakarta, Anda akan memerlukan waktu sekitar 45 menit, karena berjarak 25 km dari pusat Yogyakarta. Anda juga tidak perlu khwatir menuju ke tempat ini, karena jalan menuju ke sana sudah beraspal baik. Akan tetapi belum ada angkutan umum menuju tempat ini, jadi sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau jika Anda ingin fokus menikmati pemandangan sepanjang perjalanan sangat disarankan untuk menyewa mobil saja. Artikel tentang keuntungan menyewa mobil sudah kami tulis di sini.

Gunung Api Purba menyediakan pemandangan yang luar biasa indah. Jika Anda ingin melihat keindahan sunrise kami menyarankan kepada Anda untuk sampai di puncak gunung pukul 5.00-06.00 pagi, atau jika Anda mencari panorama sunset datanglah ke puncak sekitar pukul 17.00-18.00 WIB. Untuk menuju puncak Gunung Api Purba memerlukan waktu sekitar 60 sampai 90 menit. Sekalipun pendakian cukup lama disepanjang perjalanan Anda akan menemukan pemandangan yang indah lainnya.
Ketika memasuki pintu masuk Anda akan melihat bangunan Pendopo Joglo Kalisongo, kemudian Anda akan melewati jalan setapak dan melewati beberapa gardu pandang. Jalan yang dilalui tidak terlalu terjal akan tetapi perlu kewaspadaan untuk melewati jalur pendakian, karena jalan yang Anda lewati adalah bebatuan.

Ketika melakukan pendakian Anda akan menemukan embung dengan luas lima ribu meter. Embung ini difungsikan sebagai tempat penampungan air hujan dan digunakan sebagai sumber pengairan kebun di sekitar kawasan gunung. Tak berjarak jauh dari embung Anda akan menemukan tempat untuk camping. Di puncak Gunung Api Purba terdapat mata air yang tidak pernah kering bahkan ketika musim kemarau yaitu Sumber Air Comberan. Selain itu juga masih terdapat beberapa gunung-gunung seperti Gunung Gedhe, Gunung Blencong, Gunung Kelir, Gunung Bongos, Gunung Buchu, Tlogo Wungu, Tlogo Mardhido, dan Pamean Gedhung.

Nama : Gunung Api Purba Ngelanggran
Alamat : Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul Regency, Special Region of Yogyakarta 55862
Peta Google Maps : https://goo.gl/maps/TBynVG93rmJ2

Jika Anda berasal dari luar Yogyakarta tidak perlu khawatir karena ada fasilitas home stay di Gunung Api Purba ini. Selain itu juga terdapat fasilitas MCK, tempat ibadah, pusat kuliner dan oleh-oleh, balai pertemuan, dan posko kesehatan. Jika Anda tertarik mengunjungi tempat ini, silakan ajak saudara ataupun sahabat Anda. Jangan lupa juga untuk membagikan informasi ini kepada mereka. Semoga liburan Anda menyenangkan.

Liburan Murah Meriah di Jembatan Kuning FTV Selopamioro

Bagi sahabat CV Tugu Tour & Rent Car yang ingin menikmati liburan ditempat eksotis namun biaya amat sangat terjangkau. Jembatan kuning Ftv di Selopamioro Imogiri Bantul ini layak untuk dicoba. Jadi kita bisa menenangkan pikiran dan bergembira liburan disana tanpa membuat kantong bocor. Gak enak kan, kita sedih karena tidak ada uang setelah liburan, he he.

Manusia zaman now memang lebih suka mengeluarkan uang untuk mendapatkan experience dan kesenangan. Itu pula yang menurut tulisan salah satu pakar marketing pak Yuswohadi sampaikan. Menurut beliau, uang yang beredar di perekonomian masih banyak, cuma spending uang yang dilakukan masyarakat saat ini lebih ke kesenangan. Salah satu kesenangan yang banyak dicari adalah liburan.

Continue reading “Liburan Murah Meriah di Jembatan Kuning FTV Selopamioro”

Pantai Sundak, Salah Satu Daya Tarik Tersembunyi Yogyakarta

Pantai SundakMungkin nama Pantai Sundak memang tidak seterkenal Pantai Parangtritis ataupun beberapa pantai lainnya yang lokasinya tidak jauh dari Yogyakarta. Tapi, walaupun kurang terkenal, sebenarnya pantai yang satu ini sangat menarik untuk dikunjungi. Nama Pantai Sundak sebenarnya mempunyai sejarah yang menarik. Konon, dahulu kala terjadi perkelahian antara anjing dengan landak laut. Jadi, nama sundak berasal dari gabungan antara asu dan landak. Setelah perkelahian antara dua hewan tersebut, terjadi sesuatu yang membawa berkah bagi warga sekitar. Penduduk menemukan bahwa di dalam gua yang ada di sana ternyata terdapat mata air, yang kemudian dipasangi pipa untuk memenuhi kebutuhan air bersih mereka.

Continue reading “Pantai Sundak, Salah Satu Daya Tarik Tersembunyi Yogyakarta”

Indahnya Pantai Pok Tunggal di Gunung Kidul

Pantai Pok TunggalNama Pantai Pok Tunggal memang belum se-terkenal nama pantai-pantai lainnya di Gunungkidul. Padahal sebenarnya, pantai ini menawarkan keindahan yang tidak kalah dengan apa yang ditawarkan oleh panta-pantai lainnya di daerah tersebut. Letak pantai ini di antara Pantai Indrayanti dan Pantai Siung. Pantai ini menawarkan keindahan hamparan pasir pantai yang putih bersih, serta gagahnya perbukitan dan tebing di sekitarnya. Karena pantai ini belum terlalu dikenal dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan, pantai ini masih relatif alami. Tapi, belakangan ini, pada saat liburan, pantai ini juga mulai ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik dari Yogyakarta ataupun dari kota-kota lainnya. Jadi, tidak lama lagi pasti susasana yang alami tersebut akan berangsur-angsur berubah.

Continue reading “Indahnya Pantai Pok Tunggal di Gunung Kidul”