Kebijakan dari pemerintah yang menggalakkan adanya kelompok sadar wisata atau sering kali disingkat sebagai pokdarwis telah memunculkan potensi wisata baru di Yogyakarta. Salah satu wisata alam yang mulai digandrungi oleh warga Yogyakarta adalah wisata alam air terjung Kedung Kandang. Air terjun yang terletak di Gunung Botak, Nglanggeran, Pathuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta ini menyimpan keunikan dan keindahan alami dan para warga sekitar berhasil mempromosikannya menjadi tempat wisata alami yang mengagumkan.

Air terjun kandang ini tampak sangat alami dikarenakan air terjun ini memang air terjun yang secara alami terbentuk dari gundukan batu berbentuk tangga dari Gunung Api Purba Nglanggeran, di sekelilingnya pun ada sawah menghijau dengan sistem terasering indah, juga karena belum banyak sentuhan renovasi dari para warga. Mengingat, Air Terjun Kandang ini masih dikelola secara mandiri oleh warga sekitar belum secara resmi dikelola oleh pemerintah. Meskipun begitu air terjun ini recommended untuk dikunjungi, terutama bagi kamu para warga Yogyakarta untuk melihat dan menyaksikan sendiri keindahan air terjun ini.

Selain karena mengunjungi tempat ini hanya membutuhkan biaya terjangkau, juga karena keindahan tersembunyi. Biaya yang dibutuhkan ketika mengunjungi tempat ini sekitar Rp9.000,00 saja, yang digunakan untuk infak parkir juga biaya memasuki area air terjun. Uang yang dibayarkan untuk memasuki area air terjun akan digunakan kembali oleh warga untuk menambah berbagai fasilitas ataupun melakukan perawatan area wisata.

Keindahan air terjun ini diantaranya dapat dilihat ketika musim penghujan dikarenakan air yang mengalir akan cukup deras ketika itu dan memberikan pemandangan yang menakjubkan. Apalagi jika kamu bisa mengambil angel foto yang sesuai dari berbagai tempat. Karena jika kamu datang ketika musim kemarau air yang mengalir tidak terlalu deras. Dikarenakan air yang mengalir disini adalah aliran sungai. Nha, untuk bisa menikmati keindahan air terjun ini kamu bisa langsung berjalan menuju air terjun atau melihatnya dari sebuah jembatan sederhana yang dibuat oleh warga sekitar.

Pesona Alam Air Terjun Kedung Kandang

Pesona Alam Air Terjun Kedung Kandang. Sumber: IG @voilajogja

Selain itu, ada sensasi jalan-jalan yang bisa kamu lakukan ketika akan menuju tempat ini. Karena jarak dari tempat parkir menuju air terjun ini sekitar 900 meter. Jika kamu membutuhkan berbagai fasilitas seperti toilet, masjid, atau tempat makan, kamu perlu bertanya kepada warga sekitar mengingat belum ada fasilitas seperti itu di sekitaran air terjun kecuali milik warga. Jalan menuju air terjun inipun masih berupa jalan setapak dari tanah yang semakin menambah kealamian tempat ini. Setelah berjalan sekitar 900 meter ini kamu akan menemukan 6 tingkatan air terjun dengan 3 kedung air yang berpadu indah dengan warna hijau persawahan di sekitar air terjun. Air terjun Kedung Kandang merupakan tingkatan terakhir dari kedung yang ada. Apakah sudah mulai tertarik untuk mengunjunginya? Jika iya, datanglah saja ke Gunung Botak, Nglanggeran, Pathuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta atau sekitar 2,5 km di sebelah timur Pegunungan Nglanggeran hingga menemukan sebuah jalan menurun di jembatan, kemudian belok kanan. Di sana akan ada papan penunjuk untuk menuju ke Air Terjun Kedung Kandang.

Nama: Air Terjun Kedung Kandang
Alamat: Gunung Botak, Nglanggeran, Pathuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta
Gmaps: https://goo.gl/maps/BTp7GsukSpQ2

Nah, sekian ulasan singkat kami mengenai Air Terjun Kedung Kandang ini. Jika kamu masih menginginkan berwisata di Gunung Kidul, obyek wisata  Goa Pindul atau bukit Pangguk Kediwung bisa menjadi salah satu pilihan tempat yang menarik. Semoga artikel ini bermanfaat dan silahkan bagikan ke sesama lewat media sosial yang ada yah. 🙂

Pesona Alam di Air Terjun Kedung Kandang Gunungkidul
5 (100%) 1 vote