Berliburan memang menjadi pilihan setelah menjalankan kepadatan rutinitas sehari-hari. Kegiatan yang dapat membuat pikiran fresh kembali setelah rutinitas yang membuatnya penat pasti masuk dalam perencanaan setiap orang, dan mulai dipersiapkan jauh – jauh hari sebelumnya, terutama bagi Anda yang berencana berlibur bersama dengan keluarga besar Anda. Salah satu yang paling sering menjadi alternatif adalah rekreasi mengunjungi tempat-tempat wisata. Bagi Anda yang memanfaatkan waktu berliburan dengan berwisata menggunakan mobil, perhatikan tips – tips berikut ini dalam persiapan liburan Anda.

1. Cek Kondisi Mobil

Bagian pertama dan utama yang harus Anda cek untuk menjamin keselamatan Anda beserta keluarga selama perjalanan. Kalau perlu lakukan service tune – up mobil Anda sebelum dimulainya perjalanan liburan Anda agar mobil kembali ke kondisi standarnya, dan prima selama perjalanan.

2. Surat – Surat Kendaraan dan Pengemudi

Bawa selalu surat – surat kendaraan Anda, seperti STNK sebagai bukti bahwa mobil Anda telah terdaftar sebagai milik Anda, serta SIM sebagai bukti bahwa Anda layak mengendarai mobil di jalan raya.

3. Asuransi

Anda tidak tahu apa yang akan terjadi selama perjalanan. Untuk menjaminnya, Anda dapat mengasuransikan mobil beserta diri Anda. Asuransi berguna sebagai antisipasi apabila terjadi hal – hal yang tidak diinginkan terjadi selama perjalanan liburan Anda.

4. Pastikan Semua Cukup

Ilustrasi Tempat Wisata, sumber ig beirutlivingg

Ilustrasi Tempat Wisata, sumber ig @beirutlivingg

Semua yang dimaksud adalah uang tunai, e – money untuk masuk tol, karena sekarang sudah menggunakan Gerbang Tol Otomatis yang dapat dibuka dengan saldo e – money yang cukup. Kemudian perbekalan selama di perjalanan, apalagi Anda yang menempuh perjalanan yang jauh, dibutuhkan perbekalan (snack) yang cukup agar tidak bosan di mobil selama perjalanan. Selanjutnya adalah bahan bakar. Apabila melakukan perjalanan yang jauh, maka mulailah mencari pom bensin ketika bensin (bahan bakar) sudah mencapai setengahnya. Anda dapat mengetahuinya melalui jarum penunjuk indikator bensin (bahan bakar) yang ada di kabin pengemudi.

5. Sesuaikan dengan Kapasitas

Ini perlu Anda perhatikan, karena kapasitas mobil yang berlebih dapat membuat mobil Anda melaju dengan tidak maksimal dan tidak seimbang, tentu kondisi ini akan membahayakan Anda selama perjalanan. Perhatikan kapasitas dimulai dari kapasitas penumpang, hingga barang bawaan. Perlu Anda ketahui juga bahwa kapasitas mobil yang berlebih akan membuat mobil lebih boros bahan bakar.

6. Keselamatan Nomor Satu

Prioritaskan keselamatan, dengan:

-Patuhi rambu – rambu dan peraturan lalu lintas

-Hormati pengguna jalan lainnya

-Gunakan kecepatan standar

-Lebih berhati – hati dan waspada di jalan yang rusak

-Gunakan sabuk pengaman

-Beristirahat ketika lelah dan ngantuk melanda.

7. Aplikasi GPS dan Pemutar Musik

Mungkin sepele terdengar, namun siapa sangka dua aplikasi ini dapat membuat perjalanan Anda tambah nyaman. Aplikasi GPS dapat membuat Anda dapat mengetahui keadaan lalu lintas terkini, dan jalur menuju tempat destinasti yang akan Anda tempuh, hingga jalan – jalan alternatif untuk menghindari kemacetan ataupun membuat Anda dan rombongan lebih cepat sampai di lokasi tujuan. Selanjutnya pemutar musik untuk membuat Anda dan rombongan tidak bosan selama perjalanan, apalagi ketika kondisi jalan yang macat.

Demikian tips – tips berlibur dengan menggunakan mobil. Selamat mencoba dan semoga perjalanan Anda lebih menyenangkan, serta selamat kembali sampai rumah. Tetap waspada dimanapun Anda berada dan mari bersama-sama berkontribusi untuk menjaga lingkungan sekitar kita demi generasi yang akan datang. Jangan lupa untuk menyimak pula ulasan lain dari kami mengenai wisata Jogjakarta di halaman ini.

Tips Mudah Berliburan Menggunakan Kendaraan Mobil
Rate this post