Jogjakarta juga terkenal dengan spot-spot wisata bukit yang unik. Banyak sekali post post instagram mengenai spot wisata bukit di Jogjakarta yang berasal dari akun-akun generasi muda kekinian. Kebanyakan spot-spot wisata tersebut memang menargetkan anak muda meskipun juga sebenarnya bisa dikunjungi oleh siapa saja. Wajar jika generasi muda yang menjadi incaran, Jogjakarta memang kota pelajar dan mahasiswa. Spot-spot yang baru wisata bukit dan sudah terkenal diantaranya Lintang Sewu, Puncak Becici, Jurang Tembelan, Kalibiru Kulon Progo, Bukit Panguk Kediwung, Kebun Buah Mangunan dan spot-spot lainnya.

Masih seputar spot wisata bukit yang baru ada. Jogjakarta memang tidak habisnya menyuguhkan destinasi wisata yang hits banget dan wajib Anda kunjungi, yaitu Spot Riyadi Yogya. Sebenarnya ini merupakan pekarangan rumah dari seorang warga yang bernama Bapak Riyadi yang beralamat Desa Dawangsari. Beberapa yang pernah ke sana memang mengetahui spot wisata ini Desa Nawangsari. Apapun itu, yang jelas spot unik ini memiliki view yang sangat indah yaitu pemandangan landscape yang didalamnya terdapat Candi Prambanan dan menjadi incaran banyak banyak orang mulai dari wisatawan hingga para pemburu foto. Meski awalnya merupakan pekarangan rumah, berkat jasa Bapak Riyadi sekarang tempat ini benar-benar menjadi salah satu tempat hits di Jogjakarta. Berikut ulasan mengenai keunikan tempat wisata ini.

Lokasi dan Rute

Lokasi Spot Riyadi Yogya ini berada di Dusun Dawangsari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk sampai di lokasi wisata ini, Anda dapat melalui pusat Kota Yogyakarta dan melewati arah Solo. Ikuti Jalur tersebut hingga sampai di Candi Prambanan. Karena memang Prambanan menjadi patokan paling mudah untuk menuju lokasi ini. Tepat di lampu merah Candi Prambanan, Anda belok ke arah selatan melewati jalan Piyungan.

Pemandangan Lanscape dari Spot Riyadi, sumber ig jelajahiduniadenganlangkahmu

Pemandangan Landscape dari Spot Riyadi, sumber ig @jelajahiduniadenganlangkahmu

Setelah Anda melewati rel kereta api, Anda akan menemukan jalan masuk ke kiri, yaitu ke arah Abhayagiri. Anda terus masuk ke jalan tersebut hingga sampai di restoran Abhayagiri. Naiklah melewati jalan cor yang ada di pojok restoran tersebut. Kemudian, di ujung desa Anda akan menemukan lokasi wisata ini.

Jangan segan untuk bertanya kepada warga sekitar atau membuka google map jika Anda masih bingung dengan rute menuju lokasi wisata ini. Dan sebaiknya Anda tidak berkunjung ke lokasi wisata ini seorang diri, akan lebih baik jika Anda mengajak teman-teman maupun keluarga Anda untuk berfoto bersama dan menikmati keeksotisan tempat ini. Juga tersedia jasa sewa mobil wisata dengan sopir asli Jogjakarta yang akan melayani perjalanan wisata Anda.

Hal Menarik di Spot Riyadi Yogya

Dari Spot Riyadi Yogya ini Anda dapat menikmati pemandangan Candi Prambanan dari ketinggian. Banyak fotografer yang datang ke lokasi wisata ini pada pagi dan sore hari. Bahkan pagi-pagi buta sudah ada yang berburu untuk mengambil gambar di lokasi ini. Tidak hanya itu, Anda dapat menikmati keindahan gunung Sindoro, gunung Merapi, gunung Lawu, dan gunung Sumbing jika cuaca bagus.

Karena tempat nya semakin ramai, Riyadi sang pemilik rumah berinisiatif untuk mendirikan tempat nongkrong dan menyediakan beragam makanan dan minuman untuk menemani pengunjung yang menikmati pemandangan Candi Prambanan. Tempat ini juga menjadi salah satu tempat favorit bagi orang-orang yang bekerja di bidang fotografi.
Untuk tiket masuk ke tempat ini, Riyadi tidak memungut biaya alias gratis. Para pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir saja. Untuk kendaraan roda dua di pungut biaya sebesar Rp. 2000,- saja dan kendaraan roda empat di pungut Rp. 5000,-. Namun, jika Anda ingin berfoto di jembatan cinta, Anda perlu membayar Rp. 5000,-. Dan jika Anda berkunjung pada malam hari, Anda dapat menyewa tenda di lokasi wisata ini. Sangat terjangkau bukan? Segera atur jadwal Anda untuk mengunjungi lokasi wisata yang satu ini agar liburan Anda di Yogya semakin lengkap.

Demikian ulasan menarik mengenai spot wisata bukit unik terbaru di Jogjakarta yaitu Spot Riyadi. Semoga ulasan ini bisa menambah informasi dan menjadi referensi wisata Anda selanjutnya. Jangan lupa untuk tetap menjaga lingkungan sekitar Anda dan tetap selalu waspada. Baca juga artikel tips berwisata lainnya di halaman kami. Selamat berwisata!

Menikmati Keindahan Pemandangan Landscape di Spot Riyadi
Rate this post