Untuk Anda yang sedang berhenti sejenak dari aktivitas kesibukan sehari-hari, sudah merencanakan liburan Anda? Seringkali saran untuk menikmati waktu berliburan adalah dengan cara berwisata mengunjungi tempat-tempat dengan menyewa mobil wisata yang bisa melepaskan kepenatan dan jauh dari hiruk pikuk kesibukan perkotaan. Namun, saran ini jika dipikirkan lebih jauh sebenarnya hampir sama dengan menyibukkan diri sebagaimana bekerja setiap hari. Hanya saja dilakukan dengan cara yang mengasyikkan tanpa harus terbebani target-target kerja. Nah, bagaimana kalau Anda sesekali mencoba untuk berliburan dengan beristirahat di rumah?

Menikmati liburan memang tak harus dilakukan dengan pergi keluar kota, pergi ke tempat wisata, atau melakukan perjalanan jauh. Anda bahkan bisa menikmati masa liburan di rumah dengan asik dan menyenangkan tanpa perlu keluar kota, atau bahkan tanpa keluar biaya. Bagaimana caranya? Apa yang bisa kita lakukan untuk mengisi waktu libur di rumah? ini dia tips liburan di rumah :

1. Mendekorasi ulang rumah atau ruangan didalamnya

Menata ulang ruang-ruangan dalam rumah seperti kamar, ruang tamu, ruang keluarga dan sebagainya dengan pernak-pernik atau penataan yang berbeda dengan sebelumnya akan memberi kesan dan suasana baru pula untuk anda. Jadi, dengan anda akan menikmati ruang dengan suasana beru juga akan menciptakan mood baru pula bagi penghuninya sehingga bisa memberikan semangat baru untuk melanjutkan aktivitas sehari-hari.

Mendekor ulang rumah atau salah satu ruangan di dalam rumah dapat anda lakukan dengan menambahkan peralatan atau aksessioris, menggantinya dengan yang baru, merubah tata letak atau bahkan mengecat ulang dengan warna yang berbeda dibandingkan dengan yang sebelumnya. Pastikan anda terlibat langsung saat mendekornya. Itu akan memberi rasa kepuasan tersendiri saat ruangan selesai di tata.

2. Berkebun

Ilustrasi Lingkungan Asri, sumber ig royaltulipgg

Ilustrasi Lingkungan Asri, sumber ig @royaltulipgg

Siapa yang suka dengan suasana alam? apakah anda suka berkebun? sesempit apapun halaman rumah yang anda miliki berkebun dapat dilakukan. Terlebih jika suasana di depannya itu gersang. Berkebun memang salah satu kegiatan yang harus Anda coba. Mengapa? Selain karena memberikan kepuasan tersendiri dengan mencoba hal yang baru, suasana hijau atau asri yang akhirnya menjadi bagian dari rumah Anda dapat menimbulkan perasaan positif bagi yang memandangnya, paling tidak akan ada produksi oksigen lebih dari tanaman yang anda pilih dan membantu kesejukan udara sekitarnya. Tak melulu harus tanaman hias yang anda tanam. Tanaman seperti cabai, tomat, atau sayuran juga bisa loh di coba. Atau jika halamannya cukup luas anda bisa coba menanam pohon-pohon besar seperti mangga, kelengkeng, belimbing, jambu atau yang lainnya. jika tak ada lahan, tanamlah dengan polybag, kaleng bekas, atau botol bekas. Ini cukup membantu.

Menamam tanaman di rumah mengajarkan anda untuk bisa merawat dan bertanggung jawab. Bagaimana anda memperhatikan tanaman ini terpapar sinar matahari, bagaimana asupan airnya dan sebagainya sampai kemudian ia memberikan manfaatnya seperti oksigen, kesegaran, bahkan buahnya yang dapat dipanen dan di konsumsi. Sensasi seperti ini memberikan kepuasan tersendiri dan diharapkan memberikan semangat yang baru jika kembali untuk melakukan aktivitas sehari-hari nantinya.

3. Melakukan hobi

Apakah hobi atau kegemaran anda? Menulis, membaca, mendisain, olah raga, menari, menyanyi atau yang lainnya? pastikan diri anda dapat melakukan aktivitas kegemaran anda di rumah sesering mungkin. Ini akan membuat anda mengisi liburan secara asik tanpa sadar.

4. Bermain dan bersosialisasi dengan tetangga

Tips liburan di rumah yang ke empat ini cukup sederhana, yaitu bermain dan bersosialisasi. Bersosialisasi menjadi kebutuhan tiap manusia. Jika mungkin selama hari kerja, atau ahari biasa anda jarang berkomunikasi atau bersosialisasi dengan tetangga sekitar. waktu liburan ini bisa anda jadikan momen untuk mengisinya. Sekedar ngobrol bersama, atau bahkan kerja bhakti bisa anda lakukan bersama teman dan tetangga sekitar rumah.

Keempat tips liburan di rumah ini dapat anda lakukan untuk mengisi waktu libur anda. Meskipun di rumah, ke empat kegiatan di atas cukup ampuh menghilangkan rasa penat yang mungkin anda rasakan saat beraktivitas di kantor ataupun tempat keseharian anda. Semoga tips-tips ini bermanfaat. Simak juga ulasan lainnya mengenai oleh-oleh kekinian yang bisa anda dapatkan di Jogjakarta. Selamat menikmati waktu liburan Anda!

Tips Mengisi Waktu Berliburan Dengan Beraktivitas di Rumah
Rate this post