Jogjakarta merupakan surganya tempat-tempat wisata unik. Setidaknya selalu ada inovasi atau temuan tempat-tempat wisata baru yang sesuai dengan generasi kekinian. Mulai dari Rumah Spongebob, Puncak Lintang Sewu, Tiruan Stonehenge Inggris, Wisata Landmark merapi dan masih banyak tempat-tempat wisata unik lainnya. Semuanya selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama pada hari-hari libur. Selain itu, terdapat berbagai pilihan wisata seperti wisata alam perbukitan, wisata pantai, wisata belanja, wisata budaya, wisata edukatif dan wisata kuliner. Tidak heran, Jogjakarta yang sejak dulu terkenal sebagai kota pelajar menjadi daerah destinasi wisata yang pengunjungnya bukan hanya turis-turis lokal namun juga turis-turis mancanegara.

Mengenai wisata kuliner, terdapat berbagai macam kuliner istimewa mulai dari kuliner lokal seperti gudeg sampai kuliner kekinian. Ya, saat ini terdapat alternatif jajanan kuliner kekinian yang sekaligus bisa menjadi buah tangan atau oleh-oleh untuk dibawa pulang dari Jogjakarta. Kuliner yang dimaksud adalah cake yang pasarannya merambah ke Jogjakarta dan menjadi oleh-oleh kekinian yang saat ini sangat digandrungi anak-anak muda generasi milenial. Bahkan bisa dikatakan, butuh kesabaran yang tinggi untuk menyicipi atau membelinya dikarenakan antrian yang panjang pada setiap outlet-outlet tempat oleh-oleh ini dijajakan. Nah, apa saja oleh-oleh kekinian tersebut? Simak ulasan berikut.

1. Brownies Amanda

Brownies Amanda Pink Marble, sumber ig jogjafoodhunter

Brownies Amanda Pink Marble, sumber ig @jogjafoodhunter

Untuk oleh-oleh yang pertama yang akan diulas adalah Brownies Amanda. Brownies Amanda merupakan oleh-oleh cake brownies yang telah bertahan sejak lama. Brownies Amanda terdapat hampir diseluruh kota-kota besar yang ada di pulau Jawa dan Sumatera. Brownies ini telah ada sejak 1999 dan awalnya menjadi oleh-oleh khas Kota Bandung. Dengan harga yang masih relatif terjangkau dan inovasi rasa yang menyesuaikan selera konsumen bisa dikatakan Brownies Amanda yang paling lama bertahan dibandingkan dengan oleh-oleh cake yang lain yang ada di Jogjakarta.

2. Jogja Scrummy

Jogja Scrummy, sumber ig kiosjajananjogja

Jogja Scrummy, sumber ig @kiosjajananjogja

Oleh-oleh kekinian selanjutnya adalah oleh-oleh cake yang merupakan perpaduan antara pastry dan brownies. Oleh-oleh ini merupakan inovasi dari seorang artis Dude Harlino yang memasarkan produknya di Jogjakarta sejak 24 Juni 2016. Oleh-oleh ini merupakan satu-satunya yang memadukan antara pastry dan brownies dengan beraneka macam rasa yang disukai oleh kebanyakan generasi muda.

3. Mamahke Jogja

Mamahke Jogja, sumber ig mamahkejogja

Mamahke Jogja, sumber ig @mamahkejogja

Berbeda dengan cake yang telah diulas sebelumnya, Mamahke Jogja tidak mengkhususkan produk oleh-olehnya dengan brownies. Mamahke Jogja yang merupakan usaha rintisan Artis Zaskia Adya Mecca beserta suami ini memproduksi cake dengan aneka macam rasanya yang merupakan formulasi dari perintisnya sendiri. Sebagaimana Jogja Scrummy, Mamahke Jogja juga memulai usahanya dengan memilih Jogjakarta sebagai tempat bermulanya sejak 19 Mei 2017.

4. Jogja Cushy Cheese

Jogja Cushy Cheese, sumber ig cushyjogja

Jogja Cushy Cheese, sumber ig @cushyjogja

Oleh-oleh kekinian yang terakhir yang akan diulas adalah Jogja Cushy Cheese. Oleh-oleh ini merupakan usaha rintisan dari seorang Youtuber ulung Ria Ricis. Sejak grand opening pada 17 September 2017, oleh-oleh ini lumayan digandrungi oleh anak-anak muda. Dengan produk khusus bertemakan chessecake (cake berbahan utama keju), Jogja Cushy Cheese berhasil memberikan beberapa inovasi menu cheesecake yang lebih akrab dengan selera konsumen cake di Jogjakarta sehingga produk cheesecake yang awalnya tidak begitu terkenal di Indonesia, bisa menjadi salah satu pilihan anak-anak muda dan bisa dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Demikian ulasan singkat mengenai oleh-oleh kekinian dari Jogjakarta yang bisa menjadi alternatif para wisatawan yang berkunjung ke Jogjakarta. Semog informasi ini bisa menjadi referensi bermanfaat bagi perjalanan wisata Anda. Simak juga artikel lainnya di halaman kami mengenai wisata Jogjakarta. Selamat berwisata!

Oleh-oleh Kekinian Yang Bisa Dibawa Pulang Dari Jogjakarta
Rate this post