Yogyakarta sebagai kota seni, wisata, dan kuliner selalu menjadi tujuan berwisata para wisatawan. Destinasi wisata di Yogyakartapun sangat beragam, diantaranya wisata pantai, gunung, goa, ataupun wisata buatan seperti upside down world, jogja bay, dan lain sebagainya. Gunungkidul sebagai salah satu bagian dari Yogyakarta memiliki banyak sekali pantai baru yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu pantai yang menarik untuk dikunjungi dan akan menjadi destinasi wisata yang ingin kami ulas.
Pantai yang berlokasi di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunungkidul, Yogyakarta ini menyimpan keistimewaan bagi para pengunjungnya. Jika biasanya kita akan melihat jika pesisir pantai itu dipenuhi oleh pasir putih atau hitam, berbeda dengan pantai satu ini. Karena pantai ini justru dipenuhi oleh berbagai batu karang dan sama sekali tidak memiliki pasir putih ataupun pasir hitam. Seluruh area pantai berisi dengan tebing terjal dan jika kamu terjatuh di sana, maka lautan bebas siap menyeret kamu.
Meskipun terlihat sedikit menyeramkan, tempat ini tetap digemari oleh para pengunjungnya, terutama digemari oleh para pemancing. Karena ada di beberapa area di pantai ini biasa digunakan untuk memancing ataupun menangkap ikan dengan peralatan tradisional. Memang butuh upaya lebih dan tantangan untuk menuju ke pantai ini. Meskipun demikian, pantai ini tetap memiliki daya tarik yang bisa membuat para pengunjungnya terpesona dengan keindahan pahatan alam di sini.
Daya tarik pertama yaitu adanya hamparan karang dibandingkan hamparan pasir. Kedua, adanya pulau yang dipenuhi dengan ribuan kelelawar untuk dikunjungi. Pulau ini sering disebut sebagai Pulau Kalong. Untuk membuat para pengunjung sampai ke Pulau Kalong ini, maka pengunjung harus menggunakan semacam gondala yang terbuat dari kayu dan merasakan sensasi melayang di atas air laut. Mungkin alat penyebrangan di tempat ini akan mirip dengan jembatan di Pantai Timang.

Pesona Pantai Sinden di Gunungkidul, Yogyakarta

Pesona Pantai Sinden di Gunungkidul, Yogyakarta. IG @andhika_eky

Jika kamu ingin pergi berkunjung ke sana, kamu perlu menempuh jarak sekitar 80 km dari pusat kota Yogyakarta. Selain itu perjalanan menuju tempat ini cukup menantang karena sebelum memasuki pantai kamu akan melewati jalan berbukit ataupun semak belukar. Sehingga, saran kami, berliburlah ke sana dengan kendaraan pribadi ataupun mobil sewaan dengan sopirnya, pastikan bahwa sepatu ataupun pakaian yang kamu kenakan nyaman digunakan untuk mengikuti jalur yang menantang. Jika sudah memasuki area pantai kamu akan diminta membayar tiket yang tidak terlalu mahal. Jika kamu juga keinginan untuk berkunjung ke Pantai Kalong menggunakan gondala kamu cuma perlu menyiapkan dana kurang dari Rp50.000,00 untuk biaya tiket, parkir, dan menyebrang ke Pulau Kalong. Murah bukan?
Yogyakarta – Ringroad Ketandan – Jalan Wonosari – Perempatan Sampaan – pertigaan Piyungan – bukit bintang – Patuk – pasar buah Sambipitu – pertigaan Sambipitu (lurus aja) – hutan Bunder – Gading lapangan terbang – pertigaan sehabis Lapangan Terbang Gading belok kiri menuju ke kota Wonosari – Playen – bundaran Siono lurus saja menuju kota Wonosari – Pemerintah Daerah Wonosari – pasar hargosari – pertigaan sebelum Polres Gunungkidul belok kanan menuju jalan Baron – Karangrejek – Mulo (ada pertigaan jikalau lurus ke Pantai Baron ambil arah ke kiri menuju Pantai Wediombo) – Bintaos – Tepus (ada pertigaan jikalau Kenan menuju Indrayanti ambil arah kiri menuju Pantai Wediombo) – Purwodadi – pertigaan ke kanan Pantai Siung Ambil lurus saja – balai desa Balong – Jepitu (ada pertigaan di depan pasar ambil kanan menuju Wediombo dan Jungwok ) – TPR – Sebelum hingga di Wediombo belok kiri menuju Pantai Jungwok (lihat plakat) – Pantai Jungwok – Pantai Sinden dan Pulau Kalong.

Nama : Pantai Sinden
Alamat: Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunungkidul, Yogyakarta
Gmaps : https://goo.gl/maps/wefZZgjGWdK2

Jika kamu masih merasa perlu mengunjungi tempat wisata lainnya di Gunungkidul, kamu bisa berkunjung ke Air Terjun Kedung Kandang, air terjun baru yang banyak diburu wisatawan atau ke wisata alam Kalibiru, yang merupakan spot foto yang saat ini banyak diburu. Sekian ulasan kami, semoga bermanfaat.

Pesona Pantai Sinden di Gunungkidul, Yogyakarta
Rate this post