Museum benteng Vredeburg

Museum Benteng VredeburgMuseum benteng Vredeburg yang berlokasi di Jl. Ahmad Yani 6, Yogyakarta patut mendapat tempat di catatan itinary Anda. Apalagi museum ini dekat dengan daerah Malioboro, yang merupakan salah satu tujuan wajib ketika Anda berwisata ke Jogja juga. Dapat dibilang museum ini lokasinya strategis dan mudah untuk dijangkau. Gedung museum ini merupakan salah satu gedung bersejarah, di sekitarnya ada Gedung Agung yang termasuk salah satu istana kepresidenan Indonesia, dan kraton (Istana Sultan Yogyakarta Hadiningrat). Mari baca selengkapnya.

Sejarah museum Vredeburg

Vredeburg merupakan sebuah benteng, dibangun pada tahun 1765. Yang membangun benteng ini adalah VOC, semasa kolonial VOC. Fungsi benteng ini dahulu untuk pertahanan gubernur Belanda dan pusat pemerintahan. Di mana ada sebuah parit yang mengelilingi benteng tersebut, Anda masih bisa melihat parit tersebut hingga sekarang ini. Bentuk dari benteng ini yakni persegi dan memiliki menara pantau pada empat sudut bangunannya. Dahulu, tentara VOC sering berpatroli, dengan mengelilingi benteng tersebut.

Peresmian museum benteng Vredeburg

Tanggal 23 Nov 1992 gedung ini pun diresmikan menjadi museum benteng Vredeburg, dan menjadi museum khusus perjuangan nasional, diberi nama museum Benteng Yogyakarta. Anda dapat berkunjung ke museum ini hari Selasa hingga Jumat. Jam buka museum yakni dari jam 8 pagi hingga setengah 4 sore. Sementara hari Sabtu dan Minggu, mulai jam 8 pagi hingga jam 4 sore. Jangan berkunjung hari Senin, karena hari Senin museum ini libur. Tarif yang harus Anda bayarkan atau tiket masuk museum yakni Rp 2.000,00. Harga mungkin berubah sewaktu-waktu, jadi kami sarankan bawa uang lebih.

Di Museum ini, Anda bisa masuk ke 4 gedung diorama. Masing-masing ada cerita tentang sejarah Indonesia terkait peristiwa jaman dahulu di DIY. Bagi yang tertarik untuk mempelajari sejarah lebih jauh, maka tempat wisata ini boleh menjadi jujukan.

Setelah Anda puas menikmati fasilitas museum, jangan lupa untuk berkunjung ke kantinnya. Selain itu juga ada coffee shop serta restoran. Jaraknya cukup dekat, hanya 20 meter. Anda bisa menghilangkan rasa lapar dan dahaga setelah berkeliling museum di tempat ini. Sekian artikel tentang museum benteng Vredeburg wisata sekaligus belajar, selamat berlibur.

Museum ini dekat dengan daerah Malioboro.