Candi Prambanan adalah satu dari beberapa obyek wisata di sekitar kota Jogja yang sangat terkenal. Candi ini terletak di Sleman, tepatnya di Kecamatan Prambanan, sekitar 17 km dari pusat kota Yogyakarta. Tapi sebenarnya, sebagian dari candi ini letaknya masuk dalam wilayah desa Tlogo, Prambanan, Klaten. Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Indonesia. Karena itulah, candi ini masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Konon, candi ini juga merupakan salah satu candi yang paling indah se Asia Tenggara. Masyarakat Jawa memiliki sebuah legenda atau cerita rakyat, yang menceritakan tentang terbentuknya Candi Prambanan. Konon, candi tersebut dibangun oleh seorang lelaki bernama Bandung Bondowoso untuk membuktikan cintanya kepada Roro Jonggrang.

Candi Prambanan ditemukan oleh seorang berkebangsaan Belanda bernama CA. Lons pada tahun 1733. Dalam kompleks Candi Prambanan terdapat 3 candi utama yaitu Candi Wisnu, Candi Brahma, dan Candi Siwa. Candi-candi ini terletak di halaman utama. Wisnu, Brahma, dan Siwa adalah lambang Trimurti dalam agama Hindu. Selain 3 candi utama itu, di kompleks candi ini terdapat 3 Candi Wahana, 2 Candi Apit, 4 Candi Kelir, 4 Candi Patok, dan 224 Candi Perwara. Candi Prambanan dihiasi dengan relief yang menceritakan kisah Ramayana. Menurut para ahli, cerita yang diceritakan melalui relief di candi ini mirip dengan versi cerita Ramayana yang diturunkan secara lisan. Selain bangunan candi yang tentu saja memiliki nilai historis tinggi, obyek wisata Candi Prambanan juga menawarkan pemandangan yang indah. Para wisatawan yang berkunjung kesana dan sudah lelah menyusuri candi dapat beristirahat di taman yang asri dan indah. Baca juga : Eksotisme Candi Borobudur 

Candi Prambanan di malam hari, sumber ig @iqbal_kautsar

Candi Prambanan di malam hari, sumber ig @iqbal_kautsar

Caption instagram gambar “Sorot Perhatian Prambanan

Apalah arti mahakarya tanpa rekayasa tata cahaya. Tumpukan bebatuan hitam coklat yang semestinya ditelan gelap malam bisa terlihat megah karena sorot lampu menawan. Prambanan di kala malam adalah keanggunan historia nan rupawan.

Beruntungnya, saya bisa mengabadikan Prambanan begitu dekat di kala malam. Tak perlu harus mendaki perbukitan di sekitaran dan lantas memandangnya dari kejauhan. Sungguh, tengara abad ke-9 ini masih relevan jadi pusat perhatian pada era manusia yang sudah khatam ke bulan. ”

Nama : Candi Prambanan
Alamat : Bokoharjo, Prambanan, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta
Peta Google Maps : https://goo.gl/maps/qVE7K7qm9rH2

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi Candi Prambanan dan obyek wisata lainnya di kota Jogja dan sekitarnya, Anda bisa menghubungi kami, CV. Tugu Tour and Rent Car. Kami menyediakan mobil-mobil berkualitas dan terawat, beserta para pengemudi yang dapat diandalkan. Tarif sewa mobil yang kami tawarkan juga sangat kompetitif. Hubungi kami sekarang juga dan nikmati wisata di kota Jogja yang tak terlupakan.

Candi Prambanan, Tempat Istimewa untuk Dikunjungi saat di Jogja
5 (100%) 1 vote