Yogyakarta selain terkenal sebagai kota pelajar, juga memiliki julukan sebagai kota dengan banyaknya tempat wisata. Maka tidak heran jika setiap tahun, Yogyakarta selalu memunculkan tempat wisata baru yang unik. Baru-baru ini, ada obyek wisata baru yang ada di Yogyakarta yaitu Geoforest Watu Payung. Berada di kawasan Turunan, tentunya obyek wisata ini juga tidak hanya diminati warga Turunan saja. Akan tetapi juga diminati banyak warga Yogyakarta dan sekitarnya ketika waktu liburan.

Obyek Wisata Geoforest Watu Payung berada di Dusun Turunan, Desa Girisuko, Kecamatan Panggang, Gunung Kidul, Yogyakarta ini ternyata juga memiliki fakta menarik. Yang mana tentu saja fakta menarik ini akan semakin menambah banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Geoforest Watu Payung. Berikut adalah faktanya :

1. Sejarah Watu Payung

Yang pertama adalah sejarah dari obyek wisata ini. Dahulunya objek wisata ini merupakan sebuah hutan jati yang ada di tepi jurang sebelah barat Pegunungan Sewu. Dan sekarang sudah beralih fungsi menjadi tempat wisata yang indah. Lantai dari obyek wisata ini juga berasal dari bebatuan, yang mana menjelaskan dari mana nama asal obyek wisata ini.

Sunrise di geo wisata Watu Payung Gunung Kidul, sumber ig @thinchawatson

Sunrise di geo wisata Watu Payung Gunung Kidul, sumber ig @thinchawatson

2. Asal Usul Nama Watu Payung

Konon katanya, obyek wisata ini diberi nama Watu Payung karena pada kawasan ini berdiri batu besar yang berbentuk seperti payung. Lalu nama lengkap Geoforest Watu Payung sendiri mulai dikenal banyak orang karena foto yang beredar di media social serta banyak diperbincangkan orang. Untuk Anda yang senang untuk selfie, maka tempat ini sangat cocok untuk Anda kunjungi. Karena tidak hanya pemandangan alam yang ada, akan tetapi juga tersedia spot foto yang berupa gardu pandang yang keren nan unik.

3. Terdapat Land Art Di Obyek Wisata Geoforest Watu Payung

Land art adalah bentuk seni yang dibuat di alam menggunakan bahan alami seperti tanah, kayu, bebatuan, dan lain-lain. Wisnu Ajitama bersama teman-temannya dari Pandai Ruang berhasil membuat Watu Payung sebagai galeri karyanya. Terdapat empat buah karya yang ia kerjakan bersama dengan warga sekitar dengan teman-teman Pandai Ruang.

4. Banyak Spot Foto Menarik

Obyek wisata ini juga menyajikan pemandangan alam perbukitan luas, hijau, serta bisa memanjakan mata wisatawan. Apabila dipandang dari ketinggian, Anda bisa menyaksikan panorama alam khas perbukitan yang menakjubkan. Apalagi udara di Gunungkidul juga sangat sejuk. Dan saat siang hari, hembusan anginnya juga sangat sejuk. Tak kalah deh dengan Watu Lumbung atau gunung api purba Ngelanggeran.

Spot menarik geoforest watu payung, sumber ig @tashim88

Spot menarik geoforest watu payung, sumber ig @tashim88

5. Wahana Outbound

Karena tempat ini masih baru, tentu saja akan ada wahana baru, seperti arena outbound dan wahana lainnya. Tentu saja hal ini ditambahkan agar wisatawan bisa menikmati Gunung Kidul dengan suasana yang berbeda. Faktanya, gunung kidul selama ini terkenal dengan wisata pantai. Dengan adanya obyek wisata ini akan memberikan warna yang berbeda. Karena sebenarnya Gunung Kidul memiliki potensi wisata yang besar karena area perbukitan di Gunung Kidul yang luas.

Nama : Geoforest Watu Payung Turunan
Alamat : Turunan, Girisuko, Panggang, Gunung Kidul Regency, Special Region of Yogyakarta 55872
Google maps : https://goo.gl/maps/bbwS3hL1jdH2

Bagaimana perasaan sahabat setelah membaca artikel tentang Watu Payung diatas? Tertarik ingin kesana kah? Jika pas di Jogja dan ingin berkunjung kesana. Kami dari jasa rental mobil Jogja Cv Tugu Rent Car siap membantu mewujudkan keinginan sahabat semua. Terimakasih sudah mampir dan sila share ke sosial media yang ada jika berkenan. 🙂

5 Fakta Menarik Yang Ada Di Geoforest Watu Payung
5 (100%) 1 vote