Daerah Istimewa Yogyakarta yang terkenal sebagai kota pelajar (karena menjamurnya universitas) dan kota gudeg (karena kuliner gudegnya pun menjamur dan berhasil menjadi ikon kuliner kota ini) tidak pernah kehilangan daya tarik untuk menarik wisatawan untuk berkunjung ke Kota Yogyakarta. Ditambah lagi, banyaknya tempat wisata di Yogyakarta baik berupa wisata alam maupun wisata edukatif. Wisata alam pun bisa berupa wisata pantai maupun wisata pegunungan.

Tempat wisata yang dikunjungipun bertarif ringan dan terjangkau oleh kantong para mahasiswa. Sehingga, jika kamu adalah orang yang berasal dari luar kota Yogyakarta bahkan berasal dari pulau Jawa yang kebetulan sedang menjadi mahasiswa di UGM, UNY, UIN, atau kampus lainnya, sangat disayangkan jika kamu tidak merasakan asyiknya menelusuri setiap sudut kota Yogyakarta. Kali ini kami akan merekomendasikan satu tempat pariwisata unik dengan tarif super murah karena tarif masuk ke tempat wisata ini hanya dengan mengeluarkan uang parkir saja. Tempat wisata itu adalah Panorama Tebing Breksi.

Panorama Tebing Breksi diresmikan sebagai tempat wisata sejak 30 Mei 2015 oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta.  Panorama tebing ini banyak menarik orang-orang yang mencintai fotografi karena banyak spot spot foto yang dapat digunakan untuk mendapatkan gambar yang indah. Selain itu, karena tempat ini terbentuk dari batuan breksi yang besar serasa seperti mahakarya pahatan besar  luar biasa.

Salah satu hal menyenangkan ketika sudah sampai di puncak tebing, maka akan terlihat lanskap Candi Prambanan, Candi Sojiwan, Candi Barong, keindahan Gunung Merapi, juga sebagian daerah di Yogyakarta. Di Tebing Breksi ini telah sengaja dibentuk anak tangga-anak tangga kecil yang diperuntukkan untuk memudahkan para pengunjung untuk sampai ke puncak tebing.

Tebing breksi yang terletak di Dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta ini dikaji oleh para peneliti dan diperkirakan berasal dari endapan abu vulkanik Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunung Kidul. Gunung Api Purba sendiri saat ini telah menjadi guungapi yang tidak aktif lagi dan berubah menjadi objek wisata yang indah pula. Disebut pula bahwa Tebing Breksi ini juga termasuk cagar alam yang patut dilestarikan.

Bentuk Tebing Breksi di masa sekarang tidak terbentuk secara alami seperti awal awal letusan gunung api Purba, melainkan karena adanya aktivitas penambangan yang pernah dilakukan oleh masyarakat sekitar. Guratan bekas galian pertambangan yang ada ternyata menjadi gambaran keindahan tersendiri dan menjadi daya tarik bagi tempat ini.

Indahnya Panorama Tebing Breksi di Yogyakarta

Indahnya Panorama Tebing Breksi di Yogyakarta. Sumber: IG @errystory

Jika kalian berkeinginan untuk berkunjung ke tempat ini, ingin kami informasikan bahwa tempat ini belum memiliki fasilitas lengkap seperti adanya WC, mushola, rumah makan, dan sebagainya. Wajar saja karena tebingnya pun tidak terlalu tinggi dan cukup menarik bagi para fotografer untuk melakukan sesi pemotretan. Sehingga, kami merekomendasikan agar menyesuaikan dengan kondisi ini jika ingin melihat langsung batuan kapur bekas letusan gunungapi Purba dan melihat keindahan candi-candi di sekitar Tebing Breksi.

Selain itu, kamipun merekomendasikan Anda untuk mengambil paket wisata ke beberapa tempat di sekitar Tebing Breksi, atau jika penasaran dengan bentuk keindahan gunungapi Purba di Gunung Kidul yang menjadi sumber adanya tebing ini, Anda bisa berkunjung ke sana. Jaraknya mungkin sekitar 45 menit sampai 90 menit perjalanan. Ulasan terkait gunung api Purba dapat kalian lihat disini. Atau mendatangi candi-candi sekitarnya.

Nama : Tebing Breksi
Alamat : Sambirejo, Prambanan, Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55572
Peta Google Maps : https://goo.gl/maps/pGXoaP84fwK2

Sekian ulasan kami mengenai Tebing Breksi ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi Anda dalam menentukan rencana wisata ke Kota Yogyakarta. Jika membutuhkan kendaraan transportasi selama di Yogyakarta, kami sebagai agen rental mobil Jogja siap sedia menemani Anda dan rombongan. Terimakasih dan selamat berlibur di Jogja.

Indahnya Panorama Tebing Breksi di Yogyakarta
Rate this post