Jogjakarta merupakan salah satu daerah tujuan wisata yang menawarkan obyek-obyek wisata unik yang jarang ditemukan di daerah-daerah lainnya. Selain itu, bagi yang sudah merencanakan wisatanya ke Jogjakarta, salah satu yang menjadi kebutuhan utama adalah tempat menginap. Yang perlu diperhitungkan adalah berapa besar biaya yang dikeluarkan hanya untuk menyewa penginapan dibandingkan dengan biaya yang dibutuhkan untuk mengunjungi obyek-obyek wisata di Jogjakarta. Tentu semuanya ingin mencari penginapan yang biayanya pas di kantong dan tidak mengurangi kenyamanan dalam berwisata.

Informasi berikut ini sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin liburan ke Jogja tapi mempunyai anggaran terbatas untuk menginap. Tak selamanya penginapan yang murah itu tidak nyaman, banyak penginapan di Jogja yang murah namun tetap mementingkan kenyamanan konsumen. Justru dengan berhemat dalam anggaran penginapan, Anda bisa lebih menggunakan uang untuk mengunjungi berbagai obyek wisata atau sekedar beli oleh-oleh. Langsung saja disimak 5 cara mencari penginapan murah di Jogja :

1. Carilah Homestay Yang Murah

Ketika berlibur di Jogja ajaklah anggota keluarga atau sahabat, karena dengan cara ini Anda dapat memilih penginapan yang murah. Salah satunya homestay. Biasanya homestay lebih memiliki nuansa kekeluargaan. Terlebih lagi satu homestay dapat dihuni oleh lebih dari satu orang tentu akan lebih meringankan budget Anda. Walaupun murah, fasilitas homestay tidak murahan lho.

2. Carilah Informasi Dari Keluarga Dan Sahabat

Bila ingin berwisata dan menginap di Jogja, maka cara mencari penginapan murah di Jogja selanjutnya adalah bertanya pada keluarga dan sahabat yang memang berdomisili di Jogja atau yang berpengalaman mengunjungi Jogja untuk berwisata. Mereka adalah orang-orang yang dapat dipercaya memberikan rekomendasi. Seperti kata pepatah, “Pengalaman Adalah Guru Yang Terbaik”, pengalaman mereka berlibur dan menginap di sebuah penginapan menjadi landasan yang baik dalam memilih tempat untuk tinggal sementara di Jogja.

Ilustrasi Penginapan Murah di Jogja (www.maxnyoos.com)

Ilustrasi Penginapan Murah di Jogja (www.maxnyoos.com)

3. Carilah Informasi Dari Travel Blogger

Kini sudah banyak cara untuk berbagi pengalaman travelling di dunia maya. Bila tidak mempunyai keluarga atau teman yang pernah berlibur di Jogja, tidak ada salahnya untuk mencari informasi lewat travel blogger. Bacalah artikel pengalaman mereka ketika berlibur di Jogja. Perhatikanlah lokasi mereka menginap, harga, dan fasilitas yang ada. Kini sudah banyak travel blogger yang memperlihatkan cara mencari penginapan murah di Jogja.

Ingin sewa mobil wisata? Klik di sini!

4. Cek Aplikasi Booking Hotel

Di zaman moderen sekarang ini, Anda tak usah pusing mencari tempat penginapan yang murah. Hanya tinggal unduh aplikasi booking hotel dan pilih penginapan yang diinginkan sudah beres. Selain itu, dalam aplikasi tersebut sering terdapat promosi dan potongan harga yang menarik. Jadi tak usah takut gagal mendapatkan penginapan murah di Jogja. Sedikit catatan, jika terdapat gambar-gambar ruang penginapannya pada aplikasi booking, telitilah lebih jauh. Terkadang memang promotor memberikan gambar dengan sudut tertentu yang seolah menampakkan fasilitas yang baik padahal tidak begitu. Sebaiknya konfirmasi lebih jauh sebelum mem-booking hotel atau penginapan pilihan Anda.

5. Langsung Datang Ke Lokasi Penginapan

Masih ada satu cara mencari penginapan murah di Jogja, yakni langsung mendatangi lokasi penginapan. Terkesan nekat, namun ini bisa menjadi cara jitu untuk mendapatkan penginapan yang sesuai dengan anggaran. Seringkali hotel-hotel kecil dengan tarif murah tidak bekerja sama dengan aplikasi booking. Anda hanya perlu menyusuri jalan Dagen, Jalan Sosrowijayan, atau Jalan Prawirotaman. Di kawasan-kawasan tersebut tak hanya murah tapi juga dekat dengan Malioboro. Tarifnya sendiri dari Rp 50.000 sampai Rp 200.000 per malam. Cukup terjangkau kan?

Satu yang pasti jika Anda mencari penginapan yang murah maka jangan bayangkan memperoleh fasilitas mewah. Jangan membayangkan ada fasilitas kolam renang, yang ada adalah fasilitas kamar standar. Fasilitas tersebut seperti tempat tidur, kipas angin, dan beberapa lainnya. Meski begitu, penginapan tersebut sudah nyaman kok. Selamat liburan di Jogja dan nikmati Ibu Kota Budaya ASEAN yang satu ini!

Cara Praktis Mencari Penginapan Murah dan Nyaman di Jogja
Rate this post