Museum Affandi merupakan sebuah tempat yang akan memperlihatkan kehidupan sang maestro dari karya-karyanya. Wisata Jogja tersebut berlokasi di Jalan Raya Jogja-Solo. Di sana, kamu dapat menjelajahi bagaimana perjalanan hidup Affandi lewat lukisan, selain itu ada juga karya dari pelukis lain, transportasi yang selalu digunakannya, sampai rumah yang ia tinggali yang saat ini digunakan sebagai sanggar untuk membina bakat melukis anak-anak.

Kompleks museumnya dibagian menjadi 3 galeri. Dimana galeri I dijadikan tempat pembelian tiket dan awal orang-orang melakukan tur museum. Galeri I ini sudah secara pribadi Affandi buka sejak tahun 1962, dan baru diresmikan pada tahun 1974. Ini akan menyuguhkan karya lukisan Affandi dari awal ia berkarya sampai akhir masa hidupnya.

rumah affandi di museum affandi, sumber affandi.org

Rumah Affandi, sumber affandi.org

Pada umumnya lukisan yang terdapat dalam galeri I berupa sketsa, dengan karya reporduksi yang ditempatkan di dalam 2 larik, yaitu atas dan bawah serta memanjang dan memenuhi ruangan dengan bentuknya yang melengkung.

Masih di dalam galeri I, Anda dapat melihat beberapa barang yang pernah digunakan oleh Affandi. Misalnya saja, di ujung ruangan Anda akan melihat mobil kuning yang terlihat sangat nyentrik jenis Colt Gallan pada tahun 1976. Di pinggir mobil ada sepeda onthel kuno yang masih kelihatan tampak mengkilat.

Selanjutnya, memasuku Galeri II, Anda dapat melihat lukisan hasil karya para pelukis lainnya, dari yang masih pemula sampai senior. Galeri II baru diresmikan pada tahun 1988, terdiri dari 2 lantai. Lantai pertama ada lukisan-lukisan abstrak dan lantai ke 2 kamu bisa melihat lukisan yang bercorak realis dengan sangat tegas.

Museum Affandi di Yogyakarta, sumber ig vinakasim

Museum Affandi di Yogyakarta, sumber ig @vinakasim

Setelah dari Galeri II, kamu bisa melanjutkan ke Galeri III, ini merupakan bangunan yang membentuk garis lengkung dengan atap membentuk pelepah. Galeri yang memiliki lantai 3 ini bisa dibilang multifungsi, karena lantai pertama biasa digunakan sebagai sanggar Gajah Wong di mana anak-anak akan belajar melukis di sana. Lantai kedua, digunakan sebagai tempat untuk merawat serta memperbaiki lukisan, dan di bawah tanah biasa digunakan sebagai tempat menyimpan sejumlah koleksi lukisan.

Tidak jauh dari Galleri II, kamu dapat menemukan menara, di sana kamu dapat melihat pemandangan museum Affandi secara keseluruhan, Sungai Gajah Wong sampai pemandangan jalan raya.

Nama : Museum Affandi
Alamat :  Jl. Laksda Adisucipto No.167, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Peta Google Maps : https://goo.gl/maps/ERjmiCzKinH2

Nah, untuk bisa masuk ke wisata Jogja ini, kamu harus menyiapkan biaya. 25 ribu untuk WNI, 75 ribu untuk WNA. Sedangkan kalau membawa kamera akan dikenai tambahan biaya 20 ribu untuk kamera canggih dan 10 ribu untuk kamera HP. Sementara untuk waktu bukanya pada pukul 9 sampai 4 sore, dan tutup pada hari minggu serta hari libur nasional. www.cvtugurentcar.com

Wisata Jogja ke Museum Affandi, Menikmati Hasil Karya Sang Mestro
Rate this post