Bukan menjadi rahasia jika setiap daerah di Indonesia sedang berlomba-lomba memunculkan potensi daerahnya sebagai tempat wisata, tak terkecuali juga Yogyakarta. Yogyakarta yang memiliki tiga kabupaten besar ini terus memunculkan potensi dari masing-masing daerahnya. Kabupaten Gunung Kidul yang selalu muncul dengan keindahan alamnya berupa panorama pantai ataupun goa, Kabupaten Bantul berupa keindahan alam dengan indahnya hutan pinus yang dimiliki, dan Kabupaten Sleman dengan munculnya tempat wisata unik seperti rumah teletubies.

Kali ini kami dari jasa rental mobil Jogja CV Tugu Rent Car ingin sedikit mengulas mengenai salah satu pantai yang baru dikembangkan di daerah Gunung Kidul yaitu Pantai Timang. Dibandingkan dengan pantai lainnya, Pantai Timang ini terkategori pantai yang belum banyak dieksplorasi dan dikembangkan. Pantai Timang sendiri berada di dusun Danggolo, desa Purwodadi, kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Keunikan dari Pantai Timang yang bisa dilihat dan dikunjungi adalah adanya pulau kecil yang tidak begitu jauh dari daratan pantainya. Dan ketika di pulau kecil ini, pengunjung bisa melihat keindahan deburan ombak lebih dekat lagi. Dan untuk menuju ke pulau kecil ini, pengunjung tidak bisa lewat berjalan kaki atau menggunakan kapal, tapi pada awalnya menggunakan kereta gantung, mengingat jarak pulau kecil ini dari daratan utama cukup jauh dan di antara keduanya terdapat laut dengan deburan ombak.

Pesona Baru Pantai Timang: Jembatan Gantung Penyambung ke Pulau Kecil

Pesona Baru Pantai Timang: Jembatan Gantung Penyambung ke Pulau Kecil. Sumber IG: @jogja

Bagi pengunjung yang berminat mengunjungi pulau kecil ini diminta untuk menyiapkan dana sebesar Rp150.000,00 setiap orang. Cukup mahal bukan? Ya, wajar saja. Karena pengembangan di Pantai Timang ini dilakukan oleh para pengembang wisata lokal. Dan yang menarik kereta gantung sendiri masih menggunakan tenaga manusia. Selain menggunakan kereta gantung, bulan Maret 2017 lalu telah dikembangkan jalan gantung yang bisa dilalui oleh para pengunjung dengan berjalan kaki. Tenang, sekalipun jembatan gantung ini memang melayang di atas lautan, jembatan ini sangat aman untuk dilalui, ditambah lagi para pengunjung juga diberikan pengaman oleh pengelola sekitar jika akan menyebrang ke sana. Selain itu, biaya untuk menuju pulau kecil di pantai ini melalui jalan gantung lebih murah, yaitu sekitar Rp100.000,00.

Dahulu lokasi wisata ini jarang dikunjungi oleh orang, namun sekarang sudah mulai ramai lho. Salah satu sensasi yang bisa dirasakan ketika melewati jembatan gantung ini adalah ketika melaluinya serasa melayang di atas lautan, ditambah lagi adanya sepoi sepoi angin yang membuat jembatan gantung bergoyang-goyang. Andapun bisa langsung melihat dengan jelas keindahan laut di sana. Jika Anda tertarik untuk datang ke sana perlu diketahui bahwa jalan di dusun Danggolo masih belum begitu baik. Diperlukan skill khusus untuk melewatinya. Dan jika Anda tidak mau mengendarai kendaraan sendiri, maka di sana telah disediakan tukang ojek yang siap mengantar ke tempat tujuan.

Jika Anda berminat, rute menuju ke Pantai Timang dari daerah Yogyakarta yaitu menuju Jalan Wonosari, terus berjalan sampai menemukan Pemda Wonosari, kemudian berjalan sampai menemui jalan Baron, kemudian menuju karang rejek, Mulo, kemudian menuju Pantai Siung dan Wediombo, Pasar Purwodadi, kemudian jika telah menemukan pertigaan siung ambil arah kanan sampai menemukan plakat bernama dusun Danggolo, di situlah Pantai Timang Berada.

Nama : Pantai Timang
Alamat : dusun Danggolo, desa Purwodadi, kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta
Google maps: https://goo.gl/maps/XRCy6SCMGxD2

Butuh perjuangan memang untuk melihat pantai ini juga membutuhkan dana yang lebih jika Anda ingin merasakan sensasi keindahan pulau kecil dan bagaimana melewati jembatan gantung. Sekian ulasan dari kami jasa rental mobil Yogyakarta CV Tugu Rent Car, semoga bermanfaat untuk Anda yang ingin menikmati liburan di Yogyakarta.

Pesona Baru Pantai Timang: Jembatan Gantung Penyambung ke Pulau Kecil
5 (100%) 1 vote