Wisata memang salah satu cara untuk menghabiskan waktu yang bermanfaat. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan diantaranya menjadikan tubuh tetap bugar dengan beraktivitas ringan, menambah wawasan dengan melihat obyek-obyek yang baru, menyegarkan pikiran karena aktivitasnya yang menyenangkan, menjadikan waktu berkumpul yang berkualitas bersama keluarga serta manfaat-manfaat lainnya. Sehingga wisata memang pilihan utama untuk mengisi waktu-waktu luang setelah banyaknya aktivitas dan kesibukan yang dikerjakan sehari-hari. Namun pernahkan melakukan perjalanan wisata pada saat sedang berpuasa?

Berwisata saat berpuasa kadang-kadang harus menjadi pilihan bagi kita. Puasa tidak lagi jadi halangan untuk kita malas untuk bergerak bahkan menikmati alam ataupun berlibur. Pernahkah anda berfikir untuk melakukan perjalanan wisata saat berpuasa? Jangan pernah berpikir kalau perjalanan wisata akan terasa berat saat kita berpuasa. Lalu, bagaimana tips wisata saat puasa yang bisa di coba? Berikut beberapa diantaranya :

1. Lakukan perjalanan di sore hari

Melakukan perjalanan di pagi hari adaalah pilihan bagi anda. Udara sore adalah udara sejuk setelah hilangnya terik matahari saat siang. Jadi anda tidak akan merasa kepanasan selama perjalanan yang bisa berkibat pada aktivitas puasa. karena meskipun ingin berwisata namun tidak ada manfaatnya jika senadainya merusak aktivitas puasa Anda. Melakukan perjalanan sewa mobil wisata di sore hari juga akan membantu anda cepat menikmati buka puasa di tempat wisata yang di tuju.

Selain sore, bisa juga anda melakukan di pagi hari, sebaiknya jangan melakukan perjalanan di siang karena cuacanya akan terasa panas dan membakar kulit. sedangkan di pagi atau sore akan terasa sejuk. Di pagi energi kita masih penuh, dan di sore hari kita mendekati waktu berbuka.

2. Bawa sedikit bekal untuk persiapan berbuka

Untuk menghindari dehidrasi berlebih karena mungkin anda akan menjumpai waktu berbuka di tengah jalan, maka bawalah air secukupnya. Meminum air ketika berbuka merupakan salah satu yang dianjurkan. Selain itu memang baik untuk kesehatan jika tidak langsung menyantap makanan melainkan meminum air terlebih dahulu. Jadi, siapkan sedikit bekal untuk membatalkan puasa nanti, minimal dengan air putih. Karena menunda buka puasa tidak dianjurkan.

3. Bawa peralatan ibadah

Jangan sampai ibadah puasa yang kita jalani menjadi sia-sia, jadi pastikan kita juga tetap melakukan kegiatan ibadah wajib seperti sholat. Anda bisa membawa perlengkapan ibadah seperti mukena, atau paling tidak pastikan pakaian kita untuk selalu dalam keadaan suci. Karena tak di setiap tempat wisata terdapat tempat ibadah.

4. Bawa buku atau perlengkapan lain yang dapat menghilangkan kebosanan anda saat di perjalanan

Pemandangan Alam, sumber ig kmvlive

Pemandangan Alam, sumber ig @kmvlive

Bawalah buku, al-quran, handphone, kamera atau apapun yang dapat menghilangkan kebosanan yang mungkin melanda selama perjalanan. Anda bisa membaca atau melakukan aktivitas selama didalam perjalanan sebelum sampai ke tempat wisata. Dengan begitu waktu-waktu puasa bisa dimanfaatkan untuk sesuatu yang bermanfaat.

5. Tidak membawa barang-barang yang tidak diperlukan

Memebawa barang berlebihan di ransel atau tas bawaan anda hanya akan merepotkan perjalanan. Dan hanya akan membuang energi anda. Jadi, jangan bawa barang-barang yang tak diperlukan, bawa secukupnya untuk menghemat energi, jadi nanti tidak akan melelahkan anda saat puasa. Bawalah peralatan yang hanya benar-benar anda butuhkan. Bila perlu gunakan saja ransel kecil.

6. Gunakan pakaian yang nyaman

Tips selanjutnya adalah gunakan pakaian yang nyaman saat berpuasa. Kenapa? jika anda menggunakan pakaian terlalu tebal misalnya disaat cuaca terik dan saat berpuasa, anda hanya akan membuang cairan tubuh karena mudah berkeringat. Jadi sesuaikan pakaian Anda sehingga nyaman untuk dipakai selama berwisata dalam keadaan berpuasa.

7. Kunjungi tempat wisata yang bernuansa alam

Ini akan membantu anda meningkatkan energi jika dibanding dengan tempat wahana permainan atau tempat sejenisnya yang justru menguras energi berlebih. Jadi, anda tidak akan kehilangan banyak tenaga saat berpuasa dan tidak akan cepat merasa lelah.

Demikian ulasan mengenai tips berwisata sambil menjalankan ibadah puasa. Disarankan untuk tetap mengutamakan ibadah puasa dibandingkan dengan lainnya. Berwisata di sini bertujuan untuk tetap melancarkan ibadah puasa kita. Semoga informasi ini bermanfaat dan simak juga ulasan-ulasan wisata lainnya. Selamat berwisata!

Tips Menikmati Wisata Sambil Menjalankan Ibadah Puasa
Rate this post