Jogjakarta adalah destinasi wisata yang terkenal dengan budayanya. Bagaimana tidak, banyak sekali warisan budaya yang hingga saat ini masih terus dilestarikan. Tidak heran, banyak situs-situs wisata Jogjakarta yang menyajikan fitur-fitur budaya, ramai dikunjungi oleh para turis baik lokal maupun mancanegara. Bahkan bukan hanya berkunjung, turis-turis tersebut juga menyempatkan untuk mempelajari budaya serta bahasanya. Belakangan diberitakan tentang konser gamelan di luar negeri termasuk turis-turis mencanegara yang fasih berbahasa Jawa.

Salah satu warisan budaya yang paling diburu di Jogjakarta adalah batik. Sebenarnya, di Indonesia terdapat berbagai macam batik dari berbagai daerah. Namun jika melihat definisi kata “batik” sendiri, ditemukan bahwa batik merupakan bahasa Jawa yang berasal dari kata “ambhatik” yang maknanya membuat titik. Sehingga bisa dikatakan bahwa batik yang paling populer berasal dari Jawa. Jogjakarta sendiri, menjadikan batik sebagai salah satu oleh-oleh khasnya. Nah, berikut ini akan diulas tempat-tempat berburu batik yang terdapat di Jogjakarta.

Tempat Membeli Batik Yang Populer di Jogjakarta

Kampung Batik Giriloyo, sumber ig memei_capture

Kampung Batik Giriloyo, sumber ig @memei_capture

Jika Anda berkesempatan untuk menghabiskan waktu liburan Anda untuk berwisata di Jogjakarta menggunakan sewa mobil wisata, sayang sekali rasanya jika tidak membawa pulang oleh-oleh khas yang satu ini. Ya, oleh-oleh batik. Di Jogjakarta sendiri batik bukan hanya bisa didapatkan dalam bentuk kain, namun sudah menjadi pakaian yang siap langsung dipakai. Berikut ini tempat-tempat membeli batik yang popular di Jogjakarta:

1. Jalan Malioboro

Salah satu tempat yang dapat ditemukan seluruh yang terkait dengan batik adalah Jalan Malioboro. Jalan Malioboro merupakan tempat yang menjadi pusat keramaian di Jogjakarta yang terletak di tengah kota Jogjakarta. Siapapun yang pernah ke Jogjakarta rasanya kurang lengkap jika belum mengunjungi Jalan Malioboro. Termasuk bagi Anda para pemburu batik. Banyak sekali tempat bahkan bisa dikatakan sepanjang Jalan Malioboro seluruhnya dijajakan produk-produk batik khas Jogjakarta.

2. Pasar Beringharjo

Salah satu pasar tradisional yang sangat kental dengan barang-barang khas budaya Jogjakarta adalah Pasar Beringharjo. Pasar yang berlokasi di sebelah selatan Jalan Malioboro ini berisi seluruh barang-barang termasuk kuliner khas. Selain itu, pasar ini menjadi alternatif untuk mendapatkan produk-produk batik murah namun berkualitas. Semuanya bergantung pada kemapuan Anda untuk bisa mendapatkannya.

3. Kampung Batik Ngasem

Tempat membeli batik yang populer selanjutnya adalah Kampung Batik Ngasem. Kampung ini berlokasi di sebelah barat Keraton Kesultanan Jogjakarta. Lokasi belanja batik ini cocok untuk Anda yang memang menginginkan batik yang asli dan benar-benar berkualitas tinggi. Di sini banyak ditemukan toko dan butik yang semuanya bisa dikunjungi satu per satu. Selain itu, jenis-jenis batik yang ditawarkan juga beraneka ragam diantaranya batik tulis, cap dan print.

4. Kampung Batik Giriloyo

Membuat Batik Tulis, sumber ig yoexplore

Membuat Batik Tulis, sumber ig @yoexplore

Selain Jalan Malioboro, Pasar Beringharjo dan Kampung Batik Ngasem, terdapat juga Kampung Batik Giriloyo. Kampung Batik Giriloyo merupakan cara baru berbelanja batik. Mengapa, selain hanya menjaul batik Anda juga dapat mencoba untuk “membatik”. Karena terdapat kursus membatik selama dua jam. Kampung Batik Giriloyo berlokasi di sekitar selatan Jogjakarta tepatnya di Kecamatan Imogiri. Yang menjadi daya tarik utama Kampung Batik Giriloyo ini adalah batik tulisnya. Namun tentu saja, untuk mendapatkannya Anda perlu merogoh kocek yang lebih dalam.

Demikian ulasan mengenai tempat-tempat berburu oleh-oleh batik yang terdapat di Jogjakarta. Simak juga ulasan lainnya mengenai wisata di halaman kami. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi referensi wisata Anda selanjutnya. Selamat berburu batik!

Tempat Berburu Batik Yang Populer di Jogjakarta
Rate this post