Apakah Anda termasuk orang tua yang sering menghabiskan waktu bersama putra putri Anda di akhir pekan? Jika iya, maka berbahagialah karena kali ini kami akan berbagi mengenai objek wisata menarik di daerah Harjobinangun, Sleman, Yogyakarta yaitu objek wisata Museum Gunungapi Merapi. Museum Gunung Merapi merupakan museum bersejarah yang terdapat di Yogyakarta tepatnya Jln. Boyong, Dusun Banteng, Desa Harjobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta sekitar lima kilometer dari kawasan objek wisata Kaliurang. Museum Gunung Merapi telah diresmikan pada tanggal 1 Oktober 2009 oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Purnomo Yusgiantoro. Dengan luas bangunan sekitar 4,470 yang berdiri di atas tanah seluas 3,5 hektare, museum yang ke depan juga akan dilengkapi dengan taman, area parkir, dan plasa ini ingin dikenal masyarakat sebagai Museum Gunungapi Merapi dengan semboyan Merapi Jendela Bumi.

Nikmati Wisata Edukasi Bersama Keluarga di Museum Gunungapi Merapi

Nikmati Wisata Edukasi Bersama Keluarga di Museum Gunungapi Merapi. Sumber ilustrasi: IG @AmelTyas

Museum Gunungapi Merapi dapat dijadikan sebagai objek wisata edukasi mengenai kegunungan khususnya mengenai kebencanaan geologi. Museum Gunung Api Merapi (MGM) digadang menjadi geo-wisata di Daerah istimewa Yogyakarta yang diharapkan mampu menjadi wahana edukasi konservasi berkelanjutan serta menjadi pengembangan ilmu kebencanaan gunungapi, gempa bumi, dan bencana alam lainnya. Museum ini berdiri dengan bangunan unik dengan atap meruncing. Bangunan MGM inipun berdiri di lingkungan yang indah dan asri karena di belakang bangunan ini kita bisa melihat langsung keindahan gunung Merapi. Ketika memasuki ruangan MGM akan diperlihatkan adanya replika Gunung Merapi yang dilengkapi dengan alat yang bisa memberikan simulasi munculnya awan panas, gemuruh, serta munculnya magma merah ketika Gunung Merapi meletus.

Di lantai satu pun terdapat berbagai ruangan yang memberikan informasi mengenai gunung api mulai dari penjelasan tentang Gunung Merapi, dunia gunungapi, sumber daya gunungapi, bencana gempa bumi dan tsunami. Di ruangan lain juga terdapat tempat penyimpanan sisa-sisa keganasan letusan Gunung Merapi tahun 2010 silam. Baik berupa kerangka motor, perlengkapan masak yang terkena semburan awan panas, ataupun barang barang dari para korban lainnya. Di lantai satupun terdapat bagian penjualan souvenir jika Anda dan keluarga berkeinginan untuk membeli dan membawa buah tangan ketika pulang.

Di lantai dua gedung MGM ini Anda bisa melihat ada sebuat tempat berfoto berbentuk lorong dengan dilengkapi adanya suatu peraga, ada peraga bencana tsunami dan gempa bumi, kemudian replika Gunung Merapi. Di lantai dua ini pula terdapat bioskop mini untuk melihat film pendek berjudul Mahaguru Merapi. Film ini menceritakan bagaimana kondisi Merapi ketika tenang dan dapat memberikan manfaat kepada sekitar, juga menceritakan kondisi Merapi ketika mengalami letusan dengan gemuruh yang luar biasa dan bisa menghancurkan sekitarnya. Sehingga, dapat kita tahu sedikit gambaran dari artikel ini bahwa gedung Museum Gunungapi Merapi sangatlah cocok digunakan sebagai sarana wisata edukasi bersama anak-anak Anda atau murid-murid Anda jika Anda seorang guru dan kebetulan sedang memberikan pelajaran mengenai kegunungapian. Pemahaman murid atau anak Anda mengenai fenomena alam terkhusus masalah gunung merapi bisa mudah didapatkan karena teori yang mereka pelajari bisa mereka lihat langsung bagaimana visualisasinya.

Nikmati Wisata Edukasi Bersama Keluarga di Museum Gunungapi Merapi

Nikmati Wisata Edukasi Bersama Keluarga di Museum Gunungapi Merapi. Sumber ilustrasi: IG @fajrilubis

Nama : Museum Gunung Merapi
Alamat : Jl. Kaliurang Km. 22, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582
Google Maps : https://goo.gl/maps/3hLaSqZXq9k

Sekian informasi dari kami mengenai wisata edukasi gedung Museum Gunungapi Merapi kali ini. Jika Anda tertarik silakan kunjungi bersama keluarga Anda. Dan bagikanlah informasi ini kepada sahabat-sahabat Anda lainnya dan jika Anda ingin bertanya atau menyukai gambaran wisata edukasi yang kami tulis, silakan tinggalkan komentar Anda di kolom komentar, semoga bisa memberikan manfaat.

Nikmati Wisata Edukasi Bersama Keluarga di Museum Gunungapi Merapi
5 (100%) 1 vote