Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

Pantai Pok TunggalNama Pantai Pok Tunggal memang belum se-terkenal nama pantai-pantai lainnya di Gunungkidul. Padahal sebenarnya, pantai ini menawarkan keindahan yang tidak kalah dengan apa yang ditawarkan oleh panta-pantai lainnya di daerah tersebut. Letak pantai ini di antara Pantai Indrayanti dan Pantai Siung. Pantai ini menawarkan keindahan hamparan pasir pantai yang putih bersih, serta gagahnya perbukitan dan tebing di sekitarnya. Karena pantai ini belum terlalu dikenal dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan, pantai ini masih relatif alami. Tapi, belakangan ini, pada saat liburan, pantai ini juga mulai ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik dari Yogyakarta ataupun dari kota-kota lainnya. Jadi, tidak lama lagi pasti susasana yang alami tersebut akan berangsur-angsur berubah.

Pantai Pok Tunggal memiliki nama yang unik. Konon, nama tersebut diberikan kepada pantai yang indah ini karena ada satu pohon yang tumbuh rindang di bibir pantai. Pohon ini kemudian menjadi semacam ikon pantai ini. Saat ini memang Pantai Pok Tunggal belum secara maksimal dikembangkan untuk pariwisata. Padahal, ada banyak potensi pariwisata yang tersimpan disana. Contohnya, tebing-tebing yang ada di sekitar pantai tersebut, sangat mungkin untuk digunakan sebagai tempat panjat tebing. Para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini tidak perlu khawatir karena fasilitas sudah cukup memadai. Disana tersedia kamar mandi umum, dan beberapa rumah makan/warung yang menjual berbagai macam makanan.

Satu hal lagi yang menarik dari pantai ini adalah adanya kawanan monyet-monyet liar yang terkadang turun dari tebing ke pantai. Tapi, monyet-monyet liar tersebut tidak berbahaya, sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Hanya saja, sebaiknya para wisatawan yang berkemah di pantai berhati-hati dengan barang bawaan mereka. Para wisatawan yang ingin menikmati indahnya pemandangan pantai dapat menyewa payung dengan tarif sewa Rp 20.000,-. Bagi para wisatawan yang ingin berkemah disana, tersedia tenda dome yang dapat disewa dengan tarif sebesar Rp 60.000,-. Yang jelas, apapun yang mereka lakukan saat berwisata ke pantai ini, akan menjadi kenangan yang tidak terlupakan.