Beberapa candi yang sudah cukup terkenal di Jogja diantaranya adalah Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Namun, sebenarnya ada beberapa candi lain di Jogja yang tidak kalah menariknya dengan kedua candi tersebut, seperti salah satunya adalah candi sewu. Tidak ada banyak orang yang tau juga kalau ternyata di dalam kompleks Prambanan ada sebuah candi, yaitu Candi Sewu yang sebelumnya sudah disebutkan. Eits, tapi tenang saja, kalau kamu jalan-jalan ke Jogja menggunakan rental mobil Jogja dan tour guide, kamu bisa loh minta antarkan ke beberapa tempat yang masih belum banyak diketahui.

Lebih lengkapnya lagi, Sewu merupakan salah satu candi Buddha Mahayana yang dibangun sejak abada ke 8. Lokasinya sekitar 800 meter dari arah utara Prambanan, Klaten. Tidak jauh kan?

Candi ini sebenarnya adalah salah satu candi Buddha yang terbesar kedua yang ada di Indonesia setelah Candi Borobudur, dan lebih tua juga usianya di bandingkan dengan Prambanan. Sementara itu untuk nama candinya beradal dari bahasa Jawa yang artinya “seribu candi,” walaupun kompleks candi tersebut hanya terdeiri dari 249 candi saja.

Candi tersebut berbentuk persegi panjang dengan panjangnya mencapai 185 meter ke arah utara selatan dengan lebar 165 meter ke arah timur barat. Untuk pintu masuk candinya, kamu bisa menemukan diberbagai sudut candi. Namun kalau kamu ingin melihat dari tata letaknya maka pintu masuk utamanya ada dibagian timur. Sementara untuk setiap pintu masuknya sudah dijaga oleh 2 patung Drawapala.

Gambar Candi Sewu, sumber ig ari_atmok

Candi Sewu, sumber ig @ari_atmok

249 candi yang ada di dalam kompleks tersebut lebih kecil dibandingkan dengan candi perwara. Ada 240 candi yang mempunyai desain sama dan kemudian diatur menggunakan 4 baris persegi panjang. Candi utamanya mempunyai ukuran kurang lebih 29 meter dan tinggi mencapai 30 meter.

Candi utamanya mempunyai 5 kamar, 1 Garbhagriha besar yang ada di bagian tengah dan 4 lainnya adalah kamar kecil yang ada berbagai arah mata angin. DI bagian tiap penjuru mata anginnya kamu bisa menemukan struktur bangunan dengan menjorok ke bagian luar. Masing-masing bangunannya mempunyai tangga dan juga ruangannya sendiri dan dimahkotai dengan stupa.

Oiya, saat kamu datang kesini kemungkinan suasananya akan sangat sepi karena memang jarang sekali ada pengunjung yang datang. Ini disebabkan keberadaan candi yang masih jarang sekali diketahui. Namun tenang saja, meskipun tidak sepopuler Prambanan, candi ini masih patut kamu kunjungi kok.

Nama : Candi Sewu
Lokasi : Jl. Raya Solo – Yogyakarta KM.15, Tlogo, Kalasan, Kabupaten Sleman, Jawa Tengah
Peta Google Maps : https://goo.gl/maps/t78T8MrvQ8U2

Karena memang belum terkenal, kamu sebaiknya bertanya lebih dulu pada driver yang kamu sewa di rental mobil Jogja, apakah mereka tau betul lokasi wisata yang ada di Jogja? Dengan begitu kamu bisa lebih untung dan nggak perlu nanya-nanya pada orang sekitar Jogja mengenai beberapa lokasi wisata tersembunyi seperti Candi Sewu. Termakasih sudah menyimak dan silahkan share dengan sosial media jika berkenan.

Candi Sewu, Wisata Jogja Jejak Sejarah Indonesia
5 (100%) 1 vote