Car Free Day (CFD) atau dalam bahasa Indonesia diartikan hari bebas kendaraan merupakan hal yang saat ini banyak dijumpai di kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta dan juga tak ketinggalan Yogyakarta. Konsep dari CFD adalah upaya penyediaan ruang publik yang nyaman untuk masyarakat setelah lelah dan penat beraktivitas. Maka tak heran jika penempatan CFD dilakukan pada saat libur akhir pekan atau tanggal merah (libur nasional).

Di Yogyakarta sendiri, Car Free Day saat artikel ini ditulis (September 2018) ada di dua tempat. Yang pertama yaitu di area sepanjang jalan Malioboro yang legendaris, yang kedua terdapat di Jalan Jendral Sudirman hingga perempatan Gose di Bantul. Keduanya merupakan pusat kota, yang satu pusat kota dari Kota Madya Jogja, satunya pusat dari Kabupaten Bantul.

Daya Tarik & Keuntungan

Setiap kota yang mengadakan CFD pasti memiliki daya tarik tersendiri, termasuk juga CFD di Yogyakarta. Seperti apa daya tarik dan keuntungan yang didapat dari adanya CFD, simak ulasan singkat kami dibawah ini.

Keramahan Jogja

Yogyakarta terkenal akan penduduknya yang ramah. Tata krama jawa masih melekat di kultur masyarakat Jogja. Orang Jogja dikenal murah senyum dan mudah membantu sesama. Hal yang susah ditemui di kota besar seperti Jakarta dan Surabaya. Di CFD, anda akan menjumpai masyarakat Jogja dengan keramahannya.

Jajanan Tradisional

Untuk menjumpai makanan tradisional di Jogja, biasanya kita perlu ke pasar tradisional seperti pasar Kotagede atau pasar Beringharjo. Di car free day, ada banyak jenis makanan yang bisa anda nikmati, termasuk aneka jajanan tradisional yang menggoda lidah.

Klepon, salah satu jajanan pasar Yogyakarta, sumber ig @hartantiheni

Klepon, salah satu jajanan pasar Yogyakarta, sumber ig @hartantiheni

Arena Hiburan

Dimana ada keramaian, disitu akan menjadi tempat menarik untuk mengadakan pertunjukan hiburan. Itu juga yang terjadi di lokasi CFD, sering ada hiburan diadakan disana. Tentu karena yang menyelenggarakan banyak yang tidak menjadikan syariat sebagai standar perbuatan, tak jarang hiburan yang ada mempertontonkan aurat. Jadi tontonlah hiburan yang aman bagi Anda dan anak-anak anda.

Lokasi Bermain

Sudah menjadi rahasia umum jika anak-anak di perkotaan kehilangan lahan bermain mereka. Saat car free day diadakan, jalan yang cukup luas menjadi tanpa kendaraan. Kondisi ini dimanfaatkan untuk bermain bagi anak-anak. Tak jarang saat masih pagi kita akan menjumpai anak-anak bermain bulu tangkis hingga sepakbola. Saat hari menjelang siang mereka akan berhenti karena sudah ramai.

Baca juga: Dampak Buruk Pembangunan Hotel di Jogja

Peningkatan Ekonomi

Car Free Day di Jogja ataupun Bantul menjadi salah satu sarana bagi masyarakat untuk transaksi jual beli. Ada banyak hal yang dijual disana, mulai dari makanan, pakaian, mainan anak dan berbagai hal lainnya. Ini tentu amat membantu menggerakkan roda perekonomian masyarakat.

Itulah sekelumit daya tarik dan keuntungan yang didapatkan oleh masyarakat akan adanya CFD di Yogyakarta. Bagi kami, akan lebih baik jika isi CFD sesuai dengan norma agama Islam karena pengunjung CFD kebanyakan adalah muslim. Dengan seperti itu, maka setiap keluarga muslim yang hadir bisa menikmati CFD tanpa khawatir akan akhlaq anak-anak mereka. Semoga suatu saat bisa terlaksana suasana CFD yang islami. Matur nuwun.

Car Free Day di Jogja, Daya Tarik dan Keuntungannya
Rate this post