Sebuah usaha harus terus mendapatkan revenue untuk bisa bertahan. Meskipun terkadang karena strategi bisnis pada masa awal sebuah usaha seperti halnya fenomena bakar duit yang dilakukan oleh marketplace bukalapak, tokopedia, shopee dan yang lainnya. Salah satu jalan agar terus mendapatkan untung dalam usaha rental mobil adalah dengan mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama. Kedua proses tersebut tidak boleh dilakukan hanya salah satu. Harus dijalankan keduanya. Mengapa? Karena jika hanya fokus mencari pelanggan baru, maka bisa jadi mereka tidak loyal dan meninggalkan kita. Jika hanya fokus mempertahankan pelanggan lama, mereka akan mati sebagaimana normalnya manusia yang lain.

Bagi orang yang awal mendirikan jasa rental mobil, penting untuk membaca panduan awal mendirikan usaha ini sebelum berupaya meraik kepercayaan pelanggann. Karena menurut kami, salah satu hal yang menjadikan pelanggan loyal pada jasa rental mobil kita adalah dikarenakan mereka mulai mempercayai kita. Dengan adanya kepercayaan yang tinggi dari konsumen, mereka akan bertahan dengan kita dan akan menjadi marketing alami dari usaha rental mobil yang kita jalankan. Sebuah keuntungan yang menarik bukan? Lantas bagaimana cara agar mendapatkan kepercayaan pemakai jasa sewa mobil? Berikut ulasan sederhana yang kami dibawah ini:

Pelayanan Optimal

Baik untuk urusan barang maupun jasa, secara alami orang ingin mendapatkan hal yang baik. Bahkan jika ada pilihan yang paling baik normalnya akan mengambilnya. Sama halnya dengan jasa rental mobil yang Anda miliki, setiap orang yang hadir menyewa mobil anda dalam lubuk hati yang paling dalam ingin mendapatkan pelayanan yang bagus. Dengan layanan bagus dari jasa rental mobil, harapannya setiap orang baru yang datang akan betah dan menjadi pelanggan kita.

Ilustrasi faktor kepercayaan rental mobil, sumber unsplash

Ilustrasi faktor kepercayaan rental mobil, sumber unsplash

Seperti apa contoh layanan yang bagus kepada konsumen itu? Menurut hemat kami dari aspek tutur kata, seorang sopir harus mampu berbicara yang sopan, mendengarkan penyewa, selalu mengucapkan terimakasih pada tamu dan sebagainya. Dari sisi ketepatan waktu, jasa rental mobil harus menghargai berharganya waktu seorang klien, maka akan berupaya maksimal tepat waktu dan mengupayakan yang terbaik agar tamu tidak terlambat. Dan masih banyak lagi jenis pelayanan jasa rental mobil yang bisa kita tingkatkan agar pelanggan trust atau percaya pada kita.

Kejujuran

Faktor berikutnya setelah layanan yang baik pada pelanggan adalah faktor kejujuran dari pihak rental mobil. Adanya kejujuran menurut kami sangat penting untuk usaha jasa seperti rental mobil. Karena saat orang mendapatkan apa-apa yang tidak sesuai yang diomongkan oleh pihak customer service dari jasa rental mobil tersebut, orang akan merasa tertipu dan akan kapok memakai jasa kita. Pengusaha rental mobil harus mampu menanamkan kejujuran pada setiap karyawannya, tidak hanya untuk bagian front office. Sehingga pelanggan akan mendapatkan gambaran yang jujur soal armada, fasilitas serta jenis layanan rental mobil yang ada.

Jangan sampai tidak sinkron antara apa yang dikatakan oleh front office dengan sopir ataupun sebaliknya. Harapannya dengan adanya atmosfer budaya jujur dalam perusahaan, tingkat kepercayaan dari pelanggan akan naik. Oh ya, termasuk juga misal ada barang pelanggan yang tertinggal di mobil, pemilik harus mampu menanamkan kejujuran bagi semua driver agar tidak mau mengambil yang bukan haknya. Adanya review yang berjibun di google maps anda tidak akan membantu menghilangkan luka sakit hati akibat merasa dibohongi.

Terbuka dan Konfirmatif

Faktor yang mampu merawat dan memupuk kepercayaan pelanggan adalah keterbukaan dan budaya konfirmatif. Ada berbagai macam informasi yang berhak diketahui oleh konsumen usaha rental mobil kita. Semisal saat kita menaikkan harga, kita terlebih dahulu menjelaskan pada mereka sebelum menyewa bahwa ada kenaikan harga diakibatkan oleh hal ini dan itu. Harapannya pelanggan mendapatkan argumen yang rasional dan menerima kondisi tersebut dengan lapang dada.

Usaha rental mobil juga harus membudayakan budaya konfirmatif untuk setiap hal yang ada di luar kesepakatan. Misalnya diminta menjemput di salah satu hotel di Malioboro jam 07.00, namun karena jadwal jam masuk sekolah terkenan macet di jalan. Maka pihak rental mobil harus memberitahu sebelum jam 7 pagi bahwa mereka mengalami kendala di jalan. Sehingga pihak pemakai jasa rental mengetahui dan tidak menunggu.

Pajero Sport, sumber mitsubishi-motors.co.id

Pajero Sport, sumber mitsubishi-motors.co.id

Mobil Bagus

Mobil bagus disini bukan berarti harus baru. Menurut kami standar bagus adalah dari sisi kebersihan dan performa mobil. Seorang pemilik rental mobil harus berupaya agar tidak ada kendala bagi mobil yang sedang dipakai keluar, seperti oli mesin habis, macet karena aki habis dan sebagainya. Selain itu mobil juga harus dalam keadaan bersih, misalnya tidak ada sampah dan bau asap rokok. Harapannya dengan mobil yang bagus, kredibilitas usaha rental mobil kita akan bagus dihadapan konsumen. Sehingga trust atau kepercayaan mereka bisa kita dapatkan.

Itulah 4 faktor yang dapat menaikkan kepercayaan konsumen terhadap usaha rental mobil kita. Perlu kami ingatkan bahwa kepercayaan tidak bisa dibeli, kepercayaan muncul secara alamiah sebagai respon dari tindakan yang kita lakukan kepada mereka. Kami menyadari perlunya untuk terus berbenah dari waktu ke waktu karena memang kesempurnaan itu hanya milik Nya semata. Terimakasih sudah berkenan menyimak artikel dari kami Cv Tugu Rent Car, silahkan share melalui sosial media yang ada jika berkenan.

4 Faktor Yang Dapat Menaikkan Kepercayaan Konsumen Pada Bisnis Rental Mobil
5 (100%) 1 vote