Apakah Anda sedang berencana untuk menghabiskan liburan Anda di Yogyakarta? Jika iya, pastikan Anda memasukkan Goa Pindul ke dalam daftar obyek wisata yang akan Anda kunjungi disana. Memang, dibandingkan dengan obyek-obyek wisata seperti Pantai Parangtritis, Candi Prambanan, dan yang lainnya, obyek wisata ini belum terlalu terkenal. Tapi, Anda tidak akan menyesal jika mengunjunginya karena ada banyak hal yang ditawarkan olehnya. Selain menikmati keindahan alam, di Goa Pindul Anda juga dapat menikmati petualangan yang seru, yang tidak dapat Anda nikmati di tempat lain. Anda dapat melakukan cave tubing, yaitu menyusuri sungai yang ada di dalam goa, dengan menggunakan ban sebagai pelampung.

Bagian luar Gua Pindul Gunung Kidul, sumber ig iemventure

Bagian luar Gua Pindul Gunung Kidul, sumber ig iemventure

Walaupun belum terlalu terkenal (update : saat ini sudah sangat terkenal), Goa Pindul sedang naik daun. Jika Anda mencari di internet, Anda akan dapat menemukan banyak sekali artikel tentang obyek wisata ini. Obyek wisata ini terletak di desa Bejiharjo, Karangmojo, kabupaten Gunungkidul. Goa ini panjangnya sekitar 350 meter, dan lebarnya sekitar 5 meter. Di dalam goa ini terdapat beberapa zona yang berbeda. Ada zona remang, zona terang, dan sebagainya. Jika Anda menggemari wisata air, obyek wisata yang satu ini sangat cocok untuk Anda. Anda dapat merasakan sensasi mengarungi sungai di dalam goa yang remang-remang, sembari menikmati sejuknya percikan air. Anda tidak perlu membawa perlengkapan apapun, karena semuanya dapat Anda sewa dari pengelola obyek wisata ini.

Goa pindul di Gunung Kidul ini juga mempunyai panjang sampai 35 meter dan lebar sampai 5 meter. Ada 3 zona yang harus wisatawan lalui saat akan melintasi goa tersebut, yaitu zona tera, gelap dan remang. Untuk zona terang merupakan lokasi pertama yang akan kita lalui atau bisa dibilang merupakan pintu masuk goa. Sementara untuk zona remang lokasinya tidak jauh dari pintu goa, dan zona gelap ada ditengah dalam goa. Selain itu kamu akan bisa melihat ornament dinding yang alami ditambah dengan kelelawar yang bergelantungan di atas goa.

Bagian dalam gua Pindul, sumber ig goapindul.co.id

Bagian dalam gua Pindul, sumber ig goapindul.co.id

Memasuki bagian tengah goanya, kamu akan menemukan sebuah ruangan yang besar dan unik, dan di atas ruangannya kamu akan menemukan lobang yang biasanya digunakan sebagai pintu masuk vertical TIM SAR. Dari lobang tersebut remang-remang sinar matahari menyinari goa, sehingga pemandangan di dalam goa menjadi terlihat begitu mempesona.

Nama : Goa Pindhul
Alamat : Gelaran 2 ,Bejiharjo,Karangmojo,Gunungkidul,Yogyakarta, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55891
Peta Google Maps : https://goo.gl/maps/w6w2EZrkyDU2

Cara paling mudah dan nyaman untuk berlibur ke Gua Pindhul dari Kota Jogja adalah dengan menyewa mobil beserta dengan sopirnya. Tarif untuk sewa mobil Jogja dengan sopir tidak mahal, jadi Anda tidak perlu khawatir. Biasanya rental-rental mobil menyediakan berbagai paket liburan Yogyakarta yang menarik. Jadi, Anda tinggal memilih saja mana yang ingin Anda ambil. Selamat berlibur!

Goa Pindul, Eksotisme Alam Gunung Kidul yang Luar Biasa
5 (100%) 1 vote