Setiap pemilik usaha pasti menginginkan usahanya tidak mengalami kondisi yang membuat usahanya merugi. Kerugian bisa terjadi akibat salah dalam menjalankan usaha, tidak paham faktor penghambat usaha atau adanya kompetisi yang tidak sehat. Salah satu yang menjadi momok dari pengusaha rental mobil saat ini adalah masuknya pesaing kelas kakap dalam dunia usaha. Jika di dunia internasional kita mengenal raksasa rental mobil seperti Avis dan Hertz. Di Indonesia ada banyak platform digital yang menggandeng pemilik usaha rental mobil seperti Traveloka dan Tiket.com.

Adanya berbagai macam hal yang bisa mempengaruhi kondusifitas usaha rental mobil tersebut membuat pengusaha rental mobil membentuk organisasi payung untuk usaha mereka. Di Yogyakarta sendiri, kita mengenal adanya APPKY (Asosiasi Pengusaha Persewaaan Kendaraan Yogyakarta), sedangkan untuk level nasional ada Asperkindo (Asosiasi Pengusaha Rental Kendaraan Indonesia). Seperti apakah keuntungan bergabung dengan asosiasi sewa mobil tersebut? Simak ulasan kami berikut ini.

Networking yang kuat

Salah satu hal mendasar yang harus dimiliki oleh pebisnis adalah kemampuan menjalin relasi. Relasi disini tidak hanya kepada konsumen melainkan kepada sesama pemilik usaha yang sama. Karena tidak jarang dari hubungan yang terjalin dengan baik, kita akan mendapatkan lemparan order dari relasi kita. Minimal kita bisa belajar dari kesuksesan ataupun pengalaman pahit yang pernah orang lain alami.

Salah satu kegiatan dari APPKY Jogja, sumber ig @appkyreborn

Salah satu kegiatan dari APPKY Jogja, sumber ig @appkyreborn

Mempertahankan harga

Tidak bisa kita pungkiri, perang harga antar pengusaha rental mobil akan merugikan semuanya. Dengan adanya peran asosiasi yang bagus, adanya perang harga antar anggota bisa dihindari. Sehingga yang dijadikan keunggulan adalah layanan serta kualitas service ke pelanggan. Harapannya dengan harga yang bagus, kesulitan berkembang bagi pengusaha rental mobil bisa terbantu.

Mendapatkan kendaraan

Tidak semua pengusaha rental mobil, baik di Jogja ataupun di seluruh Indonesia memiliki kemampuan finansial untuk memiliki semua jenis mobil yang ada. Bisa jadi ada yang punya Toyota Hiace dalam jumlah banyak, namun dia minim stock untuk Suzuki Ignis. Maka hal tersebut bisa disiasati dengan menyewa kendaraan dari sesama anggota asosiasi.

Promosi bersama

Dengan adanya organisasi rental mobil, organisasi dapat melakukan berbagai macam kegiatan untuk menunjang promosi bersama. Semisal melakukan hari promo diskon untuk seluruh member asosiasi, atau memfasilitasi iklan dan pameran yang diadakan oleh dinas pariwisata yang ada. Selalu ada jalan bagi sebuah organisasi untuk melakukan peran lebih dibandingkan individu.

Meningkatkan level kepercayaan

Dengan bergabung dengan asosiasi rental mobil yang resmi seperti APPKY. Kita bisa meningkatkan level kepercayaan kita kepada konsumen. Mereka yang tahu bahwa kita adalah usaha rental mobil yang resmi tentu akan lebih percaya karena memiliki kejelasan untuk mencari informasi manakala terjadi sesuatu kelak.

Itulah 5 hal yang merupakan keuntungan saat usaha rental mobil kita tergabung dengan asosiasi resmi persewaan rental mobil. Anda bisa segera action untuk mencari asosiasi rental kendaraan di kota Anda masing-masing. Terimakasih sudah menyimak, jika memiliki alasan tambahan lainnya silahkan bisa ditambahkan melalui kolom komentar yang kami sediakan.

Inilah 5 Keuntungan Bergabung Dengan Organisasi Rental Mobil
Rate this post