Tidak ada orang yang ingin bisnisnya bangkrut. Kalimat tersebut tentu juga berlaku untuk usaha rental mobil. Dengan syarat tidak terjadi apa-apa pada bisnis kita. Karena ada kondisi dimana sebuah bisnis sengaja dipailitkan, semisal agar bisa bernegosiasi dengan bank agar hanya membayar pokok hutangnya saja. Atau karena bisnis tersebut ternyata malah membebani bisnis yang lainnya. Yang jelas dalam kondisi normal orang ingin usahanya tumbuh berkembang.

Dalam dunia bisnis, adanya kemajuan dan kemunduran sebuah usaha adalah hal yang wajar terjadi. Sebagai contoh salah seorang kolega kami di lombok yang memiliki usaha paket wisata Lombok disana, beliau pernah bercerita bahwa saat terjadi erupsi gunung Agung dan kasus bom di Surabaya. Wisata disana jadi sepi bahkan ada hotel yang memulangkan sebagian karyawannya. Hal tersebut tentu juga berimbas pada usaha rental mobil disana juga.

Daerah yang banyak wisatawan seperti Jogja, Bali, Lombok, Labuan Bajo dan yang lain memiliki potensi berupa trafic manusia yang datang berwisata. Tentu orang yang datang membutuhkan kendaraan selama di tempat wisata. Baik turis lokal maupun wisatawan mancanegara membutuhkan jasa transportasi. Maka tak heran jika bisnis rental mobil di daerah wisata menjadi bisnis yang red ocean.

Gambar ilustrasi grafik perkembangan usaha, sumber unsplash

Ilustrasi grafik perkembangan usaha, sumber unsplash

Namun tentu peluang tersebut hanya akan bisa ditangkap oleh mereka yang siap. Sekedar keinginan saja tidak lantas membuat usaha rental mobil yang didirikan akan sukses. Harus disiapkan langkah awal memulai usaha rental mobil, kemudian perlu juga memperhatikan faktor yang membuat bisnis rental mobil mengalami kemunduran. Pada kesempatan kali ini akan kami sampaikan beberapa hal yang penting diperhatikan agar bisnis rental mobil kita terus berkembang.

Kendaraan yang nyaman

Kendaraan yang bagus dan nyaman merupakan salah satu kunci utama dalam bisnis rental mobil menurut kami. Kami juga memasukkan kenyamanan kendaraan sebagai salah satu faktor yang dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap usaha yang kita jalani ini. Yang perlu diperhatikan dari mobil kita adalah : performa mesin, tampilan yang bersih dan mentereng, keamanan, kenyamanan mobil saat perjalanan, suspensi yang baik dan jok mobil yang empuk dan terawat tentu akan menjadikan perjalanan terasa menyenangkan. Perbaiki kendaraan anda, buatlah nyaman. Semoga bisa menjadi jalan keluar saat bisni rental mobil anda tidak berkembang.

Pelayanan yang ramah

Faktor pelayanan dari customer service hingga driver merupakan salah satu poin penting dalam segala jenis bisnis termasuk bisnis jasa rental mobil. Salah satu hal penting saat melayani pelanggan adalah mampu mendengar dan mengerti keinginan mereka. Perlu juga kesabaran dalam berinteraksi dengan konsumen, karena mereka bisa jadi berasal dari daerah lain yang memiliki pola komunikasi yang berbeda dengan kita. Masukkan selalu ruh antusiasme dalam setiap kata yang terucap sehingga setiap perkataan kita memiliki energi yang mampu memikat hati pelanggan.

Pemasaran kurang atau over

Ada banyak ruang untuk memasarkan usaha kita, beberapa waktu yang lalu kami sempat menulis beberapa media online yang bisa untuk promosi rental mobil. Selain memperhatikan media yang kita gunakan, teknik marketing juga harus sesuai kadarnya. Misalnya jika lewat sosial media, orang lebih suka dengan soft selling daripada hard selling. Jika kita memiliki list kontak no WA, maka jangan sehari 3 kali mempromosikan bisnis anda pada mereka. Karena promo yang berlebih via japri WA akan membuat mereka tidak nyaman dan bisa jadi meninggalkan usaha kita.

Kesan di hati pelanggan

Salah satu tips untuk menarik hati pelanggan adalah tidak hanya dengan service excellence. Namun juga perlu untuk go extra miles. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Semisal dengan memberikan hadiah pigura batik kecil setiap selesai perjalanan wisata dengan rental mobil. Atau bisa juga dengan memberikan gratis peta panduan wisata kepada mereka. Intinya, berbuat baiklah pada pelanggan, nanti mereka akan menjadi marketer ghaib usaha rental mobil anda.

Pencatatan keuangan

Bisa jadi usaha rental mobil kita tidak berkembang karena keuangan yang tidak tercatat dengan baik. Atau tercampurnya uang usaha dengan uang pribadi. Sehingga suatu saat jika mobil membutuhkan service ternyata uang di kas habis akibat dipakai keperluan pribadi. Akibatnya mobil menjadi ala kadarnya sehingga pelanggan banyak yang tidak puas kemudian lari ke kompetitor. Semoga ini bisa menjadi solusi bagi usaha kita semua.

Ilustrasi uang, salah satu komponen dalam memulai bisnis, sumber unsplah

Ilustrasi uang, salah satu komponen dalam memulai bisnis, sumber unsplah

Tidak update

Kurang update atau kudet ini bisa berbahaya bagi pelaku bisnis apapun. Yang kami maksud bukan soal update teknologi saja. Namun setiap pebisnis juga harus update lokasi wisata baru, regulasi mengenai mobil bahkan hingga event menarik baru di lokasi dimana rental mobil anda ada. Jangan sampai tiba-tiba keuangan perusahaan terkuras akibat tidak update masalah pajak, sehingga terkena denda yang banyak. Atau kita tidak tahu yang dimaksud oleh pemakai rental karena tidak pernah membaca perkembangan kondisi wilayah kita.

Itulah 6 hal yang bisa kita lakukan saat usaha rental mobil kita kurang berkembang. Jika Anda telah menjalankan 5 poin tersebut dengan baik dan benar namun belum juga membuahkan hasil. Anda bisa bertanya pada konsultan atau mengikuti coaching bisnis. Dengan hal itu anda akan mendapatkan insight baru yang bisa diterapkan pada usaha anda. Ingat, tugas kita hanya memaksimalkan area yang bisa kita kuasai. Terimakasih dari kami dan salam sukses selalu!

6 Point Yang Harus Diperhatikan Saat Bisnis Rental Mobil Sulit Berkembang
5 (100%) 1 vote