Zaman terus berubah dan hal tersebut adalah sesuatu yang alamiah dan tidak bisa kita hindari. Sebagai contoh, teknologi yang digunakan oleh manusia terus berkembang dari waktu ke waktu. Termasuk juga dalam teknologi komunikasi. Jika zaman dahulu orang menggunakan burung merpati dan surat menyurat. Maka saat ini perkembangan terus berlanjut sejalan ditemukannya internet, sosial media, smartphone dan yang lainnya.

Maka pengusaha yang bergerak dalam dunia rental mobil harus aware akan hal ini. Langkah marketing yang diambil juga harus tepat agar tidak mengalami kemunduran dalam bisnis atau bahkan jatuh dalam kebangkrutan. Salah satu hal yang bisa digunakan oleh para pengusaha rental mobil adalah dengan memanfaatkan berbagai media di dunia maya (online) untuk mempromosikan usaha rental mobil. Pada tulisan kali ini akan kami paparkan beberapa media digital yang bisa digunakan untuk menunjang aktivitas bisnis rental mobil. Semoga bisa menjadi panduan yang bermanfaat untuk masyarakat luas di Indonesia.

Website

Perkembangan kecepatan internet dan semakin banyaknya laptop dan gadget yang dimiliki oleh masyrakat membuat perkembangan orang yang mengakses website semakin lama semakin banyak. Pemilik usaha rental mobil pun dapat menggunakan website untuk berbagai macam keperluan, seperti keperluan untuk branding perusahaan, promosi mobil rental secara online hingga sarana komunikasi dua arah dengan pelanggan.

Aktivitas branding

Meningkatkan performa brand usaha rental mobil bisa dilakukan dengan website. Pemilik usaha rental mobil bisa menjelaskan value dari perusahaan mereka dengan website. Bisa pula dengan memberikan testimoni dari public figure yang memakai jasa mereka. Harapannya bisa merubah cold market menjadi warm market lalu menjadi hot market dengan aktivitas branding yang tepat. Ingat, meskipun anda memiliki sopir yang bisa banyak bahasa dan layanan yang bagus. Namun jika brand anda tidak dikenal oleh masyarakat juga akan percuma bukan? Website bisa menjadi salah satu platform untuk melakukan branding usaha Anda.

Ilustrasi branding, sumber unsplash

Ilustrasi branding, sumber unsplash

Promosi rental mobil

Website bisa juga dijadikan salah satu sarana untuk menunjang promosi / marketing rental mobil yang cukup efektif. Yaitu dengan mencoba untuk menembak kata kunci pencarian tertentu. Misalkan untuk kami yang berlokasi di Yogyakarta, kami berupaya agar pada kata kunci rental mobil jogja website kami agar masuk halaman satu. Terus kembangkan dengan mencari buying keyword lain yang diupayakan masuk halaman pertama pencarian google.

Komunikasi dua arah

Saat ini ada banyak plugin live chat yang bisa dipakai oleh pengembang website seperti tawk.to, jivo.chat, livechat, olark, zopim dan yang lainnya. Maka silahkan memberikan saran kepada developer website rental mobil anda untuk memasang salah satu platform live chat pada website anda. Jadi pengunjung bisa bertanya langsung via live chat. Ini jauh lebih praktis dibandingkan dengan menggunakan aplikasi whatsapp atau telepon.

Sosial media

Keberadaan sosial media ditengah masyarakat adalah fakta yang tidak terbantahkan. Sosial media menyatu menjadi gaya hidup. Orang ingin eksis dan dikenal lewat sosial media. Kami mencoba memberikan ulasan singkat beberapa sosial media yang bisa dipakai untuk menunjang usaha rental mobil.

Facebook

Secara resmi facebook tidak membolehkan seseorang berjualan lewat akun pribadinya. Hal tersebut tercantum dalam term and condition saat orang membuat akun facebook. Pihak facebook mengizinkan sebuah perusahaan atau pribadi melakukan promosi produk menggunakan halaman atau fanpage. Jasa rental mobil dapat memanfaatkan fitur fanpage untuk menunjang kegiatan bisnisnya. Facebook juga menyediakan fitur iklan dengan penyetingan target audience yang detail yang bisa dipakai.

Instagram

Instagram juga bisa dipakai untuk mempromosikan usaha rental mobil anda. Pihak instagram menyediakan fitur personal dan bisnis. Kami menyarankan untuk menjadikan instagram ke fitur bisnis jika ingin digunakan sebagai media penunjang usaha rental mobil anda. Melakukan update gambar dan informasi yang bermanfaat secara teratur akan menjadikan akun instagram anda bermanfaat dan semoga bisa mendatangkan transaksi.

Tampilan instagram, sumber unsplash

Tampilan instagram, sumber unsplash

Twitter

Meskipun pengunjung twitter sudah semakin sedikit. Namun sosial media ini tetap memiliki penggemar setia di Indonesia. Bukalah akun twitter resmi dari jasa rental mobil Anda. Kemudian berinteraksilah secara alami di twitterland.

Pinterest

Pinterest juga bisa digunakan sebagai salah satu media promosi usaha rental mobil kita. Dengan menautkan artikel dari website kita di pinterest, akan berpotensi mendatangkan pengunjung ke website kita. Strategi berbagi konten yang bermanfaat di pinterest bisa mendatangkan follower dan peningkatan trafik pengunjung profil anda.

Tentu masih ada banyak jenis sosial media yang ada yang tidak kami sebutkan seperti path, snapchat dan yang lainnya. Kami tidak mungkin untuk membahas satu demi satu. Yang tertulis diatas adalah sosial media utama yang biasa dipakai untuk promosi sebuah usaha / bisnis. Tentu bisa juga kita manfaatkan untuk keperluan bisnis rental mobil yang kita jalani.

Google bisnis

Kami sebelumnya pernah membuat ulasan mengenai pentingnya google bisnis untuk usaha rental mobil. Secara singkat kami sampaikan kembali bahwa dengan google bisnis kita bisa menandai lokasi usaha sewa mobil kita. Harapannya akan mendatangkan trafik ke website atau telepon langsung ke nomor yang kita sediakan. Halaman analitik, input foto dan review bisa dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan usaha yang kita jalani. Silahkan lihat video dibawah ini untuk mengetahui bagaimana proses verifikasi sebuah usaha di google bisnis.

Aplikasi chat

Adanya aplikasi yang memungkinkan seseorang berkirim pesan secara langsung dengan murah amat membantu jasa rental mobil. Kami menyarankan untuk menginstall aplikasi Whatsapp, Telegram dan Line. Sehingga pelanggan punya banyak opsi saat akan menghubungi anda. Aplikasi chat juga digunakan untuk berkirim bukti pembayaran yang kemudian diverifikasi ulang oleh pemilik usaha.

Itulah beberapa media digital yang bisa berfungsi untuk menunjang aktivitas usaha rental mobil yang Anda jalani saat ini. Saran kami adalah jangan menguasai semua sekaligus jika anda belum punya tim. Expertkan diri anda dalam salah satu channel yang ada. Setelah dapat mendatangkan traffic yang bagus baru mencoba bermain di kanal yang lain. Terima kasih sudah membaca artikel ini, jika ada yang ingin didiskusikan silahkan menggunakn komentar yang tersedia. 🙂

Beberapa Media Digital Untuk Menunjang Usaha Rental Mobil
5 (100%) 1 vote