Kemampuan komunikasi bagi seorang sopir rental mobil menurut kami adalah hal yang penting. Mengapa bisa begitu? Menurut hemat kami seorang sopir rental mobil harus mampu berbicara dengan tamu agar tamu merasa nyaman. Selain untuk kenyamanan tamu, komunikasi yang bagus juga diperlukan agar sopir mampu menjelaskan berbagai hal yang ada disekitar tempat yang dituju dengan baik. Semisal ada orang yang datang ke Jogja dan ingin pergi ke goa Jomblang misalnya. Akan lebih baik jika driver menceritakan sekilas mengenai tempat tersebut sebagai gambaran awal untuk tamu.

Dalam artikel ini akan kami utarakan beberapa pertimbangan kemampuan bahasa yang penting dimiliki oleh sopir rental mobil. Hal ini bukan sebuah kewajiban utama, karena prasyarat kemampuan mengendarai mobil tetaplah hal yang utama. Jadi selain adanya penilaian yang bagus dari konsumen, dengan adanya kemampuan berbahasa yang baik ini bisa dijadikan indikator penunjang dari usaha rental mobil. Menurut pengamatan kami, setidaknya ada 3 bahasa yang biasa dimiliki oleh sopir rental mobil, yang mana setiap jenis memiliki pertimbangan tertentu untuk dikuasai, apa sajakah itu?

Bahasa asing

Kemampuan berbahasa asing penting dimiliki oleh sopir rental mobil yang sering membawa tamu dari luar negeri. Jenis bahasa yang penting dikuasai mengikuti karakteristik wisatawan mancanegara yang datang ke tempat tersebut. Misalnya jika kita berbicara tentang Jogja, mayoritas yang datang ke Jogja bisa berbahasa inggris, maka sopir rental mobil yang melayani tamu mancanegara baiknya bisa berbahasa inggris. Bisa jadi disuatu tempat akan lebih banyak dijumpai tamu dengan bahasa arab atau yang lainnya.

Maka untuk driver yang tidak pernah melayani tamu wisata, semisal rental mobil yang biasa mengantar tamu lokal ke luar kota atau dalam kota saja. Skill berbahasa asing tidak perlu untuk dikuasai. Karena hanya akan membuang energi secara percuma saja. Baca juga  Tips memilih mobil untuk disewa.

Ilustrasi bendera Amerika, sumber unsplash

Ilustrasi bendera Amerika, sumber unsplash

Bahasa resmi negara

Untuk kasus di Indonesia, menguasai bahasa resmi negara dengan baik adalah sebuah keharusan. Meskipun masih satu negara, Indonesia memiliki ragam bahasa yang amat banyak. Jadi dengan menguasai bahasa Indonesia, untuk kasus di Jogja misalnya, sopir rental mobil masih bisa berkomunikasi dengan tamu dari Medan yang berbahasa Batak. Sehingga komunikasi dengan berbagai macam suku lain menjadi lebih mudah. Yang jadi masalah adalah jika tamu tidak bisa berbahasa Indonesia. Hal tersebut mungkin saja terjadi, namun kemungkinannya amat kecil.

Bahasa daerah

Sopir rental mobil menurut kami perlu untuk menguasai bahasa daerah masing-masing. Sebagai contohnya, driver rental mobil di Jogja maka perlu menguasai bahasa Jawa dengan baik. Hal ini akan berguna saat driver bertanya kepada penduduk lokal. Penggunaan bahasa jawa akan mempermudah komunikasi dan meningkatkan trust dari penduduk ke driver tersebut. Bahasa daerah juga penting dikuasai manakala mendapatkan tamu dari daerah tersebut, sehingga komunikasi akan lebih cepat cair dan akrab.

Melihat dari karakteristik kemampuan bahasa untuk sopir rental mobil seperti yang dikemukakan diatas. Maka menurut hemat kami, sopir rental mobil minimal memiliki kemampuan bahasa asing + bahasa indonesia atau bahasa lokal + bahasa indonesia. Dengan menguasai bahasa asing, maka sopir rental mobil bisa lebih cocok masuk ke jenis layanan rental mobil untuk keperluan wisata. Sedangkan jika menguasai bahasa lokal + bahasa indonesia maka sopir jenis ini cocok untuk masuk rental mobil dengan tamu orang lokal.

Mana yang lebih baik? Melayani tamu asing atau tamu lokal. Menurut kami melayani tamu asing untuk keperluan wisata akan lebih menguntungkan untuk driver. Namun patokan yang bagus tetap dilihat dari volume pemakaian. Jika melayani tamu lokal namun ada terus, itu lebih bagus daripada menunggu tamu asing yang sangat jarang datang. Tetaplah bijak dalam mengambil peluang. Salam hormati dari kami Cv Tugu Rent Car, semoga bermanfaat dan terimakasih. ūüôā

Pertimbangan Kemampuan Bahasa Bagi Sopir Rental Mobil
5 (100%) 1 vote