makam raja imogiriDi Yogyakarta ada banyak obyek wisata dengan jenis yang berbeda-beda. Di sekitar kota budaya ini ada beberapa pantai, candi, bangunan bersejarah, dan sebagainya. Salah satu obyek wisata yang merupakan bangunan/tempat bersejarah adalah Makam Raja Imogiri. Sesuai dengan namanya, obyek wisata ini merupakan sebuah komplek pemakaman. Di komplek pemakaman ini, dimakamkan raja-raja dan keluarga raja dari Kesultanan Mataram. Selain nilai historisnya, letak komplek pemakaman ini menjadikannya tempat wisata yang ideal. Makam Raja Imogiri terletak di perbukitan yang cukup tinggi, sehingga udaranya sejuk. Dan tentunya, pemandangan di sekitar obyek wisata tersebut juga alami dan indah.

Makam Raja Imogiri dibuka untuk umum pada hari Minggu, Senin, dan Jumat, dari jam 10.00 pagi sampai dengan jam 13.00. Selain itu, makam ini juga dibuka untuk umum pada tanggal 1 dan 8 Syawal, dan tanggal 10 Dzulhijah, pada jam yang sama. Diluar hari dan jam yang disebutkan di atas, para wisatawan tetap dapat berkunjung. Tapi, mereka hanya dapat melihat-lihat di luar gerbang makam.

Mitos Masyarakat

Salah seorang raja Mataram Islam yang terkenal adalah Sultan Hanyokrokusumo. Hal yang membuat Sultan Hanyokrokusumo terkenal adalah beliau sangat berani untuk melawan kebijakan VOC pada zaman kolonial Belanda. Ilmunya juga menjadi daya Tarik tersendiri sebagai seorang raja. Mitos yang menyebar di masyarakat sekitar adalah ilmu teleportasi dari Jawa ke Mekah. Karena beliau waktu itu bisa pergi ke Mekah dari Jawa untuk melakukan Shalat Jumat menggunakan ilmu Jayakawijayan. Yang kemudian dari perjalanan ini, beliau membawa sekepal tanah dari Mekah dan ditaruh di atas bukit Imogiri.

Gerbang makam raja di Imogiri, sumber ig @donyrivai

Gerbang makam raja di Imogiri, sumber ig @donyrivai

Caption instagram “Gerbang di persemayaman raja-raja Mataram dibangun sekitar tahun 1632 M oleh Sultan Agung yang meneruskan tahta dari Raja Mataram ke-1 yaitu Panembahan Senopati

Ada juga mitos yang menyebar bahwa tanah yang dibawa merupakan anjuran dari Sunan Kalijaga. Karena pada zaman dahulu, bentuk dari pemakaman ini bentuknya tidak seperti sekarang. Semenjak dilempari tanah dari Mekah, jadilah sebuah bukit yang bernama Bukit Girilaya atau yang bernama lain Bukit Imogiri. Yang kemudian pemakaman ini menjadi luas seperti sekarang. Namanya juga mitos, tidak bersumber dari kabar yang sampai pada taraf meyakinkan bukan?

Nama : Makam Raja Imogiri
Alamat : Wukirsari, Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55782
Google maps : https://goo.gl/maps/JM7RRJCVyt22

Jika Anda berminat untuk mengunjungi Makam Raja Imogiri Yogyakarta, Anda dapat menghubungi CV Tugu Tour and Rent Car di nomor telepon (0274) 446 2813. Kami akan menawarkan paket tour yang menarik, dengan Makam Raja Imogiri sebagai salah satu obyek wisata yang termasuk di dalamnya. Paket wisata Jogja yang kami tawarkan harganya sangat terjangkau. Jadi, Anda tidak perlu khawatir soal biaya. Bersama rental mobil Jogja CV Tugu Tour and Rent Car, liburan Anda di Yogyakarta dijamin nyaman dan aman. Kami adalah rental mobil yang memiliki ijin resmi, dengan armada yang lengkap dan mobil-mobil baru.

Menikmati Makam Raja Imogiri, Historis dan Sejuk di Pagi Hari
5 (100%) 1 vote