Gunung Kidul Yogyakarta tidak pernah kehabisan pesona wisata alam berupa pantai. Salah satu pantai terbaik yang dimilikinya di tahun 2018 ini telah menjadi buah bibir dan membuat banyak pecinta wisata pantai untuk mengunjunginya. Pantai tersebut adalah Pantai Drini, pantai yang indah dengan gugusan karang di bagian pinggirnya. Nah, kali ini kami akan mengulas keindahan Pantai Drini yang berada di Banjarejo, Tanjung Sari, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Disebut Pantai Drini pada awalnya dikarenakan dulu ada sebuah pohon yang hidup di salah satu pulau kecil di pantai ini, warga banyak menyebutnya sebagai pohon Drini, jadilah pantainyapun dinamai sebagai Pantai Drini. Meskipun, saat ini pohon tersebut sudah tidak ada. Meskipun Pantai Drini termasuk pantai yang belum banyak dikenal luas oleh wisatawan, bahkan ada yang menyebut pantai ini sebagai Virgin Beach, semenjak ramai diperbincangkan di social media pantai inipun menjadi buah bibir dan menjadi salah satu objek serbuan para wisatawan.

Tidak mengherankan jika pantai ini lambat laun didatangi oleh para wisatawan secara berbondong-bondong, dikarenakan pantai ini menyimpan eksotisme pemandangan yang memukau. Pemandangan memukau tersebut diantaranya pertama, kejernihan air laut di Pantai Drini menyebabkan para pengunjung mampu melihat beraneka ragam biota laut tanpa melakukan snorkling. Bahkan melihatnya dari foto-foto hasil jepretan kunjungan ke Pantai Drinipun sudah membuat sangat terpukau, apalagi jika melihat keindahan biota laut seperti rumput laut, berbagai jenis ikan, dan biota lainnya secara langsung, mungkin enggan untuk segera beranjak dari sana.

Kedua, eksotisme bukit-bukit menghijau yang mengapit Pantai Drini terlihat sangat kontras dengan warna pasir dan suasana panas Pantai Drini. Dari bukit inilah bisa memandang secara luas keindahan Pantai Drini dari berbagai sisi. Ketiga, terdapat Pulau Kecil di tengah pantai Drini yang dapat dikunjungi tanpa menggunakan perahu, alias dapat ditempuh dengan berjalan kaki, dengan syarat pantai tidak sedang pasang. Pulau kecil ini disebut oleh warga sebagai Pulau Drini. Di sini akan nampak sudut keindahan Pantai Drini yang luar biasa.

Pulau kecil yang kami sebutkan diatas membagi Pantai Drini menjadi dua bagian, yaitu bagian barat dan bagian timur. Pantai Drini bagian barat terkenal dengan kerasnya deburan ombak. Sehingga, tidak disarankan bagi Anda yang ingin mengajak serta buah hati Anda untuk bermain air. Di pantai bagian barat ini pula para nelayan melabuhkan kapal-kapal mereka. Dan para pengunjung bisa semakin merasakan adanya kehidupan perkampungan nelayan di sana. Sedangkan, bagian timur terkenal dengan bagian yang tenang. Nah, di bagian timur inilah para pengunjung bisa merasakan air laut di Pantai Drini.

Melihat Dua Sisi Keindahan Pantai Drini, Gunung Kidul

Melihat Dua Sisi Keindahan Pantai Drini, Gunung Kidul. Sumber: IG @samqossam18

Keempat, terdapat gardu pandang yang disediakan secara khusus untuk para pengunjung untuk melihat sunrise maupun sunset. Kelima, terdapat gazebo yang cozy untuk beristirahat ketika telah lelah berjalan menyusuri Pantai Drini. Di sini para pengunjung bisa menikmati luasnya laut dengan bersantai menyantap hidangan piknik yang dibawa atau hidangan seafood yang dijual oleh warga sekitar. Keenam, biaya untuk memasuki pantai ini tidaklah mahal, hanya sekitar Rp10.000,00 perorang dan parkir mobil seharga Rp5.000,00 serta sepeda motor seharga Rp3.000,00. Fasilitas di sanapun terhitung cukup lengkap.

Sedangkan untuk rute menuju Pantai Drini tidak terlalu sulit, jalanan menuju ke sana telah beraspal. Jika para pengunjung berangkat dari pusat kota Yogyakarta maka waktu yang diperlukan untuk menuju Pantai Drini sekitar dua sampai tiga jam perjalanan. Cukup lama bukan? Nah, bagi para pengunjung yang dari luar kota dan ingin berkunjung ke sana, kami memiliki saran untuk Anda agar menyewa mobil dan sopir dalam menemani perjalanan Anda. Jika berasal dari Yogyakarta maka jalan ke arah Jalan Wonosari kemudian Piyungan, Bukit Bintang, Sambipitu, Logandeng, Alun Alun Wonosari, Pertigaan ke arah Pantai Baron Belok Kiri, Pantai Drini.

Nama   : Pantai Drini
Alamat: Banjarejo, Tanjung Sari, Gunung Kidul, Yogyakarta
Gmaps : https://goo.gl/maps/BpuKcQWovUL2

Pantai Drini ini sekompleks dengan pantai-pantai lainnya di Gunung Kidul seperti Pantai Baron, Pantai Krakal, juga salah satu tempat hits lainnya yaitu Bukit Kosakora. Jika Anda masih merasa belum puas menikmati keindahan alam Pantai Drini bisa mampir ke sana atau ke wisata lainnya di Gunung Kidul seperti Pantai Timang atau wisata  lainnya di Jogja seperti Gumuk Pasir Parangkusumo . Sekian ulasan singkat kami mengenai Pantai Drini, semoga bermanfaat bagi Anda. Artikel ini bisa Anda bagikan kembali kepada teman-teman Anda. Jika Anda membutuhkan tempat penyewaan mobil, bisa menghubungi kami di cvtugurentcar.com.

Melihat Dua Sisi Keindahan Pantai Drini, Gunung Kidul
5 (100%) 1 vote