Jalan-jalan ke Yogyakarta tidaklah lengkap rasanya tanpa menikmati berbagai macam kuliner unik di Yogyakarta. Nah, kali ini kami ingin berbagi mengenai salah satu makanan yang cukup tenar di Solo dan membuka cabang di Yogyakarta. Apakah makanan tersebut? Sate buntel di Sate Kambing Tambak Segaran Solo yang berada di Jalan Brigjen Katamso, 192 Yogyakarta.

Sebenarnya sate buntel ini cuma salah satu menu saja di rumah makan ini, karena ada menu selainnya seperti sate kambing, gule kambing, dan juga tengkleng. Nah apa itu sate buntel? Sate buntel sebenarnya adalah modifikasi untuk memanfaatkan bagian keras pada kambing dan bisa dikonsumsi dengan enak. Sate buntel terbuat dari cacahan daging kambing yang dibalut dengan kulit kambing bagian perut. Namun, tenang saja, karena telah dicacah daging yang dipanggang menjadi sangat empuk dan tidak keras.

Nah, jika ingin mencicipi bagaimana sensasi sate buntel ini, tampaknya para pelanggan perlu menunggu proses pemasakan yang lebih lama dibandingkan memakan sate biasa. Mengingat, pemasakan sate buntel ini memakan waktu yang lebih lama dikarenakan sate buntel dimasak dalam api sedang agar panas merata. Dan bedanya lagi, ketika penyajian, penyajian sate tidak disajikan dalam kondisi ditusuk menggunakan penusuk bambu atau lainnya melainkan sudah disajikan dalam piring dengan ditambah adanya kuah kecap, ditambah irisan bawang, dan acar.

Menikmati Keunikan Sate Buntel di Warung Sate Kambing Tambak Segaran Solo Yogyakarta

Menikmati Keunikan Sate Buntel di Warung Sate Kambing Tambak Segaran Solo Yogyakarta. Sumber: IG @riniernawati

Salah satu ciri khas di sate ini adalah kuah kecap encer, sate yang empuk sekalipun dibuntel dengan bagian yang keras pada kambing, kemudian dalam satu porsi hanya berasal dari satu tusuk sate. Yang sebenarnya berisi porsi yang sudah sangat cukup untuk membuat perut kenyang. Selain dagingnya empuk, dagingnyapun telah hilang dari bau prengus atau bau khas dari kambing, sehingga sangat membahagiakan bagi mereka yang tidak menyukai bau ini pada kambing. Mereka bisa menikmatinya dengan lebih nyaman.

Maka tidak heran jika warung Tembak Segaran Solo ini selalu memiliki antrean panjang selain karena proses masaknya yang lebih lama. Rumah makan ini sebenarnya dimiliki oleh pemilik Segaran Solo yang beneran ada di Solo dan telah ada sejak tahun 1987 di Yogyakarta. Bisa dikatakan warung makan ini termasuk warung makan melegenda beserta dengan menu khas sate buntel. Untuk menikmati sate buntel segaran solo Anda perlu menyiapkan sekitar 35.000 ribu rupiah perporsinya. Agak mahal memang harganya, namun sangat sebanding dengan kenikmatan rasa yang disajikan. Selain itu Andapun bisa memilih menu lain untuk dinikmati di warung ini baik itu gule kambing, tengkleng, nasi goreng, dan lain sebagainya.

Nama: warung Sate Kambing Tambaksegaran Solo
Alamat: Jalan Brigjen Katamso, 192 Yogyakarta
Gmaps: https://goo.gl/maps/bvQwFbUADU72

Nah, bagi Anda yang baru akan mencobanya, jangan terlalu kaget dengan warna hasil bakaran sate buntel ini, karena setelah dibakar akan berwarna cokelat kehitaman seperti gosong. Tapi bagian dalamnya sama sekali tidak gosong, justru matang dengan sempurna. Jika Anda mulai penasaran dengan sate buntel ini, silakan saja untuk meluncur ke tempat Warung Tambak Segaran Solo di Selatan Jogjatronik ini. Jika Anda berkeinginan untuk mencicipi kuliner lainnya di Yogyakarta, Anda bisa singgah di Warung Kopi Klotok atau Banyu Mili Country Club.

Sekian ulasan kami, jika Anda membutuhkan kendaraan untuk mengantarkan Anda mengelilingi Yogyakarta Anda bisa menghubungi kami di cvtugurentcar.com. Semoga artikel ini bisa Anda bagikan kembali kepada teman-teman Anda.

Menikmati Keunikan Sate Buntel di Warung Tambak Segaran Solo Yogyakarta
5 (100%) 1 vote