Berkunjung ke Yogyakarta tidak akan lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke tempat kuliner. Nah, kali ini kami ingin mengulas sedikit mengenai salah satu warung makan unik di daerah Pakem, Sleman yang akan mengingatkan kepada Anda dengan masakan nenek di desa, masakan rumahan, bahkan bisa merasakan sensasi makan sambil piknik. Warung makan tersebut namanya Warung Kopi Klotok. Apakah Anda heran kenapa dinamakan warung kopi klotok? Dan warung ini juga dijadikan sebagai warung makan?

Warung kopi klotok sebenarnya baru berdiri sejak 2015 lalu, dibandingkan dengan warung legendaris di Yogyakarta, warung ini terhitung masih baru. Akan tetapi, jangan salah. Meskipun tergolong masih baru, warung makan ini sudah sangat populer di kalangan warga Yogyakarta juga wisatawan yang kebetulan berkunjung ke Yogyakarta. Seringkali tempat parkirnya sudah tidak mampu menampung kendaraan yang datang saking banyaknya. Warung kopi klotok ini menyediakan aneka masakan sayuran, lauk pauk seperti telur, ayam, dan lain sebagainya. Meskipun serasa biasa aja, tapi banyak hal unik di warung ini.

Pertama, desain bangunan warungnya. Tempat makan ini terbagi menjadi tiga bagian bagi pelanggannya. Bagian depan, bagian rumah, dan bagian serambi belakang. Bagian depan berupa tempat lesehan kalau bagian tengah dan bagian serambi telah penuh. Makan di bagian depan dengan cara lesehan serasa piknik di tengah alam. Karena pemandangan di bagian depan berupa persawahan yang hijau. Bagian rumah berupa rumah Joglo khas Jawa. Bahkan di bagian dalamnya terdapat pernak pernik khas Jawa dan bangunannya mengingatkan perkampungan keluarga kita, kalau kita berasal dari desa. Bagian serambi berupa meja dan kursi serta bagian depan terdapat pemandangan sawah yang indah. Banyak pengunjung yang berebut untuk mendapatkan tempat duduk di serambi ini. Namun, tidak masalah, dimanapun tempatnya suasana Jawa sangat kental di sini.

Kedua, masakan yang ada di warung ini pun sangat khas Jawa dengan rasa manis, gurih. Kebanyakan dimasak lodeh. Ada makanan tradisional juga di sini yaitu sego megono, nasi yang dicampur dengan sambel dari kelapa dan rebusan sayur. Bagi Anda yang sangat merindukan masakan Jawa, jelas tempat ini sangat direkomendasikan. Juru masak di sinipun adalah ibu-ibu berumur 60 tahun, yang artinya sudah sangat berpengalaman memasak masakan Jawa. Bahkan alat masaknyapun memakai tungku kayu bakar. Spesial bukan?

Warung Kopi Klotok: Tempat Menikmati Makanan Khas Jawa di Tengah Asrinya Persawahan

Warung Kopi Klotok: Tempat Menikmati Makanan Khas Jawa di Tengah Asrinya Persawahan. Sumber IG @chitratyas

Ketiga, sajian kopi dan aneka gorengan. Sebenarnya banyak sajian minuman rumahan di sini, namun yang paling digemari adalah kopi klotok. Disebut kopi klotok karena kopi dimasak di dalam air yang dipanaskan dalam panci sampai terdengar bunyi ‘klotok-klotok’. Sehingga, nama kopinya menjadi kopi klotok. Gorengan yang ada di sini berupa jadah goreng dan pisang goreng. Jadah dibuat dari beras ketan yang direbus bersama santan dan berasa sangat gurih, apalagi jika digoreng. Pisang goreng di sinipun sangat laris, bahkan di warung ini dibuat aturan setiap orang dilarang untuk membeli pisang goreng lebih dari dua porsi. Agar pengunjung yang lain tidak kehabisan. Padahal persediaan pisang di warung ini banyak banget. Penasaran bukan dengan warung ini?

Nama : Warung Kopi Klotok
Alamat: Jalan Kaliurang 16., Pakembinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta
Gmaps : https://goo.gl/maps/F1iaDZX3z9v

Bagi Anda yang penasaran ingin merasakan masakan khas Jawa dan pengen bernostalgia dengan masakan di kampung halaman, bisa segera berkunjung ke warung ini. Warung ini berlokasi di Jalan Kaliurang 16., Pakembinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Warung ini buka mulai dari jam 07.00-22.00 WIB. Jika Anda ingin mendapatkan aneka sayur dan lauk, datanglah pagi sampai siang. Karena sejak sore biasanya sudah habis. Harga makanan di sini juga sangat terjangkau. Paket makan puas bahkan hanya sekitar Rp 11.500,00, gorengan satu porsi Rp 6.500,00, sedangkan untuk kopi klotok hanya sekitar Rp 5.000,00.

Bagaimana? Apakah Anda mulai tertarik untuk berkunjung ke Warung Kopi Klotok? Jika iya, ajak sertalah kerluarga ataupun teman-teman Anda. Dijamin tempatnya sangat nyaman, makanannya pun lezat untuk dinikmati. Sekian ulasan kami. Semoga bermanfaat untuk Anda bagikan kembali. Jika Anda membutuhkan referensi kuliner menggoda di Yogyakarta Anda bisa datang ke Warung Bakso Tengkleng Mas Bambang yang rasa baksonya juara atau ke Banyu Mili Country Club,  disana Anda bisa menikmati pemandangan alam buatan yang indah.

Warung Kopi Klotok: Tempat Menikmati Makanan Khas Jawa di Tengah Asrinya Persawahan
5 (100%) 1 vote