Gunung Kidul, Yogyakarta tidak hanya dikenal dengan pemandangan pantainya yang menawan, tapi juga terdapat satu pemandangan bukit yang dapat memukau para pengunjungnya. Kita mungkin sering mendengar Bukit Bintang, Bukit Pangguk Kediwung, dan bukit-bukit lainnya yang bukan terletak di Gunung Kidul, namun kali ini kami ingin mengulas secara singkat salah satu bukit di Gunung Kidul. Bukit tersebut sering disebut sebagai Green Village Gedangsari, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Bukti yang terletak di perbatasan antara Gunung Kidul dan Klaten ini merupakan tempat wisata hasil pengembangan dari warga lokal serta mendapat dukungan penuh dari pemerintah. Salah satu program pemerintah yang mendorong terbentuknya Green Village Gedangsari ini adalah program MP3KI (Masterplan Percepatan dan Perluasan Equity Kemiskinan di Indonesia), dimana program ini merupakan salah satu program yang ditujukan untuk mengentaskan kemiskinan. Warga yang berasa di dusun Guyangan Lor, Desa Mertelu Gedangsari, Gunung Kidul akhirnya menyulap sebuah bukit tinggi menjadi tempat pariwisata yang indah dan sangat instagramable.

Sekilas melihat beberapa foto tempat ini di social media terlihat seperti Gardu Pandang di daerah Sawangan, Magelang. Namun berbeda dalam hal pemandangan yang disajikan. Gardu Pandang di Sawangan, Magelang memperlihatkan pemandangan hijaunya lereng Gunung Merapi, sedangkan Green Village Gedangsari ini memperlihatkan keindahan kerlap kerlip lampu daerah Klaten dan hijaunya pepohonan yang ada di sepanjang jalan. Keduanya sama-sama indah untuk dipandang. Salah satu hal terbaik yang dapat dilihat di sini adalah pemandangan matahari terbenam yang dapat dilihat secara jelas. Sehingga, jika Anda ingin menikmati pemandangan indah ini, Anda perlu datang di waktu yang tepat. Rekomendasinya adalah datang pada waktu sore hari dan ketika waktu kemarau tiba.

Perlu Dikunjungi, Melihat Keindahan Sunset di Green Village Gedangsari

Perlu Dikunjungi, Melihat Keindahan Sunset di Green Village Gedangsari. Sumber: IG @bayu_swer

Jika Anda datang ketika musim hujan bukan saja matahari terbenam tidak terlihat, tapi jalanan yang dilaluipun licin. Jalanan menuju Green Village Gedangsari mudah diakses walau agak menanjak. Ketika sampai di tempat tujuan, untuk mencapai puncak gardu harus melalui tangga-tangga yang telah disediakan di sana. Walaupun begitu, tidak perlu ketakutan akan terlalu capek, karena di tempat tujuan telah disediakan gazebo sebagai tempat istirahat pengunjung. Di puncak bukitnyapun juga terdapat gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat dan menikmati pemandangan alam yang ada di sana. Di sana pun juga telah terdapat mushola sebagai tempat ibadah dan berbagai macam kerajinan dari warga yang bisa dibeli sebagai kenang-kenangan.

Sedangkan untuk budget membeli tiket tidak perlu Anda siapkan karena memasuki Green Village Gedangsari sama sekali tidak dipungut biaya kecuali hanya untuk biaya parkir kendaraan saja. Sehingga, sangat ekonomis jika ingin berkunjung ke sana. Salah satu saran kami pula, jika Anda ingin berkunjung ke sana, sebisa mungkin menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan seperti di tempat kami. Hal ini dikarenakan tidak mudahnya angkutan umum yang bisa membawa Anda ke sana.

Nama: Green Village Gedangsari
Alamat: Dusun Guyangan Lor, Desa Mertelu Gedangsari, Gunung Kidul
Gmaps: https://goo.gl/maps/b9zk4hwkDrq

Jika Anda penasaran, Anda bisa langsung pergi ke sana. Apabila Anda masih merasa kurang puas dalam menikmati pemandangan alam di sana, Anda bisa berkunjung ke tempat wisata lainnya di Gunung Kidul yang sangat banyak jumlahnya. Anda bisa berkunjung ke Pantai Drini atau Pantai Sadranan. Sekian ulasan singkat dari kami, semoga bisa memberikan inspirasi berwisata bagi Anda.

Perlu Dikunjungi, Melihat Keindahan Sunset di Green Village Gedangsari
Rate this post