Secara naluri manusia selalu berupaya menemukan jalan yang dapat memudahkan urusannya. Maka tak heran jika kita menjumpai banyak alat yang diciptakan oleh manusia sejak zaman dahulu hingga saat ini. Dan hal tersebut akan terus berkembang selama manusia ada di dunia ini (baca: belum kiamat).

Termasuk juga dalam hal traveling. Manusia dari waktu ke waktu berupaya untuk menciptakan teknologi yang dapat membantu keperluan wisata mereka. Mulai dari ditemukannya kompas, peta hingga zaman artificial intelligence seperti saat ini. Nah, ternyata ada banyak teknologi untuk traveling yang ada. Sudahkah anda mencoba semuanya?

Generasi milenial atau sering juga disebut sebagai generasi Z ini memang dikenal sangat akrab dengan teknologi. Maklum, sejak jabang bayi emaknya sudah bermain dengan teknologi seperti smartphone dll. Saat bayi, balita hingga beranjak dewasa pun teknologi berbasis internet akrab menemani pertumbuhan mereka. Hasilnya adalah? Tentu ada plus minus dibalik hal tersebut.

Dalam dunia traveling, teknologi punya banyak peran. Mulai dari perencanaan perjalanan, pencarian akomodasi hingga mengabadikan kenangan. Para pemuda yang hidup pada tahun 1980 an mungkin tidak pernah mengira perkembangan teknologi akan sepesat saat ini. Dulu mereka hanya mengenal alat transportasi dan kamera roll film. Saat ini, membuat video pun bisa hanya dengan menggunakan hp yang kecil dan ringan.

Ilustrasi generasi milenial berlibur, sumber unsplash

Ilustrasi generasi milenial berlibur, sumber unsplash

Apakah Anda sebagai orang yang hidup di generasi milenial ini sudah memanfaatkan teknologi yang ada secara optimal? Yuk, periksa daftarnya. Berikut ini teknologi untuk traveling ala milenial yang menarik untuk dicoba:

Reservasi tiket dan akomodasi via aplikasi

Pernah merasakan kehabisan tiket kereta api atau pesawat di bandara? Pada zaman now hal tersebut seharusnya tidak akan anda rasakan kembali. Mengapa? Karena ada berbagai macam aplikasi web atau android yang bisa membantu kita memesan tiket bus, kereta api hingga pesawat. Bahkan booking hotel pun sangat mudah sekali dilakukan. Tak perlu tawar menawar, terkadang ada harga promo yang membuat kantong anda lebih hemat saat bepergian.

Navigasi jalan secara online

Sebagaimana yang kami sebutkan diatas, bahwa manusia menemukan peta dan kompas untuk membantu dalam melakukan perjalanan mereka mengelilingi bumi. Tentu mereka akan mendapatkan banyak surprise saat melakukan perjalanan di lokasi baru. Saat ini untuk berwisata tidak perlu mengandalkan dua barang tersebut. Anda bisa menggunakan teknologi peta online seperti google maps, waze, apple maps dan sebagainya. Cukup dengan smartphone ditangan Anda sudah bisa mendapatkan informasi perkiraan jarak, kemacetan, rute terdekat secara realtime. Menarik bukan?

Aplikasi informasi dan panduan wisata

Tak hanya seputar kemudahan navigasi di jalan. Adanya teknologi juga mampu membantu masyarakat mencari informasi wisata di lokasi tujuan. Hal ini tentu amat membantu kita dalam berwisata. Tentu akan lebih menarik jika kita berkunjung ke tempat yang kita tahu ada cerita menarik dibalik tempat tersebut bukan? Berbagai informasi mengenai ikon wisata, penginapan, restoran terkenal hingga spot yang menarik untuk berfoto bisa anda dapatkan dengan mudah. Masih kurang? Santai saja, terkadang ada juga informasi mengenai jam buka serta harga juga sudah tersedia. Meskipun terkadang ada informasi yang tidak akurat atau outdate.

Mengabadikan kenangan dalam media sosial

Jika zaman dahulu orang mengabadikan kenangan dengan foto dan dicetak. Sekarang sudah tidak zamannya lagi. Saat ini sudah ada sosial media yang siap menampung segala bentuk tingkah polah Anda dan rombongan saat berwisata. Generasi milenial dimanjakan dengan banyaknya sosial media seperti facebook, path, instagram, twitter hingga snapchat. Aplikasi chatting seperti Whatsapp pun bisa digunakan untuk menyebarkan jejak digital selama 24 jam dengan update story. Jadi jangan kehabisan ide untuk berbagi tempat menarik selama liburan lho. Semisal anda sedang di Labuan Bajo saat ini, jangan lupa sebarkan keindahan alam disana agar bisa menjadi media promosi wisata lokal via dunia maya. Siap?

Tampilan instagram, sumber unsplash

Tampilan instagram, sumber unsplash

Uang elektronik

Membawa uang tunai saat bepergian tentu memiliki resiko yang amat besar. Ketimpangan ekonomi akibat sistem kapitalisme saat ini membuat banyak masyarakat yang nekat melakukan tindakan kejahatan. Salah satu solusi agar tidak kena tindak kejahatan adalah dengan menggunakan uang elektronik. Selain itu bisa juga memanfaatkan jaringan ATM yang sudah tersebar di berbagai tempat di Indonesia ini.

Transportasi online

Butuh transportasi yang mudah dan nyaman? Tentu iya jawabannya bukan? He he, jika zaman dahulu kita tergantung dengan kendaraan umum. Saat ini ada berbagai jenis transportasi online mulai dari ojek online hingga taxi online. Kedepan bisa jadi akan ada kendaraan terbang online, he he :). Namun harus diingat saat memakai aplikasi ini, pastikan anda pada tempat yang tepat karena ada beberapa titik dimana dilarang menggunakan aplikasi transportasi online akibat polemik sosial yang ada.

Sewa kendaraan online

Menggunakan transportasi online tentu punya kelebihan tersendiri. Namun memakai jasa sewa kendaraan juga punya keunggulan juga tentunya. Seperti akan lebih murah jika dipakai dalam jangka waktu tertentu dan sebagainya. Saat ini sudah banyak jasa rental mobil yang memiliki media promosi online. Jadi misalnya anda membutuhkan mobil avanza untuk disewa, tak perlu repot datang ke lokasi rental mobil. Cukup mencari secara online dan pesan saja. Tentu ini sangat mempermudah traveling di era milenial seperti saat ini bukan?

Tentu beberapa teknologi diatas bukan sesuatu yang sudah final. Sangat dimungkinkan kedepan akan ada banyak inovasi teknologi yang bisa memudahkan generasi hyper milenial untuk berwisata. Menurut anda, teknologi mana yang paling membantu anda saat ini? Silahkan share pengalaman di kolom komentar yang tersedia. Terimakasih.

Inilah 5+ Teknologi untuk Traveling untuk Generasi Milenial, Sudah Coba?
5 (100%) 1 vote