Jika ditanya apakah semua orang ingin berbisnis? Maka kebanyakan jawabannya adalah iya. Namun pada saat menjalaninya banyak orang yang tidak kuat dan akhirnya memutuskan nyaman menjadi pekerja. Tentu ada banyak faktor yang membuat bisnis bisa berkembang dengan baik, salah satu yang ingin kita bahas kali ini adalah terkait dengan pemilihan lokasi bisnis. Karena core usaha kami ada dalam bidang rental mobil, maka akan kami spesifikkan pembahasan tentang strategi pemilihan lokasi bisnis rental mobil.

Keuntungan Memilih Lokasi Yang Tepat

Baik, kita mulai terlebih dahulu dengan membahas apa saja keuntungan yang bisa kita dapatkan saat kita memilih lokasi yang tepat untuk usaha rental mobil. Menurut hemat kami, sebuah lokasi perusahaan rental mobil yang baik adalah berada dalam area yang strategis serta mudah dijangkau oleh masyarakat. Namun itu bukan hal yang pakem dalam era digital seperti saat ini, dimana banyak teknologi digital yang mampu dioptimalkan untuk keperluan bisnis rental mobil.

Dengan adanya pemilihan lokasi yang tepat paling tidak usaha rental mobil akan mendapatkan dua keuntungan besar, yaitu penghematan biaya serta peningkatan omset. Sebagai contoh kasus seperti ini, jika sebuah usaha rental mobil di Yogyakarta memiliki lokasi yang akses ke bengkel mobil, tempat cuci mobil, stasiun, bandara, SPBU serta kantor pajak dekat. Maka otomatis terjadi penghematan waktu dan biaya, karena tempat-tempat tersebut adalah tempat yang sering dikunjungi oleh mobil rental. Baik untuk keperluan perbaikan, penjemputan klien atau administrasi kenegaraan seperti pajak dan izin usaha.

Pesawat di Bandara Jogja, sumber ig @ardo_indhana

Bandara Jogja,dekat bandara adalah salah satu lokasi strategis untuk rental mobil, sumber ig @ardo_indhana

Lokasi yang tepat juga akan mendatangkan calon konsumen dengan lebih mudah. Menurut hemat kami, lokasi yang tepat untuk usaha rental mobil di Jogja adalah yang dekat dengan akses stasiun atau bandara. Mengapa? Karena kedua tempat tersebut adalah gerbang masukkan wisatawan atau orang biasa yang berkunjung ke Jogja. Salah satu buktinya adalah adanya orang yang mencari di google dengan kata kunci rental mobil dekat stasiun Lempuyangan. Namun perlu juga dipertimbangkan juga aspek lebar jalan, kemacetan, luas tempat usaha dan yang lain juga tentunya.

Baik, saatnya kita membahas mengenai strategi dalam mencari tempat usaha untuk rental mobil. Pada kesempatan ini kami bahas mengenai faktor pendukung mencari lokasi usaha serta aspek finansialnya. Kita mulai lebih dahulu dengan faktor pendukung mencari lokasi usaha rental mobil.

Faktor Pendukung

Jangan anggap remeh faktor pendukung penentu lokasi usaha ini saat membahas strategi mencari lokasi usaha rental mobil. Anda tentu harus teliti dan cermat dalam melihat beberapa faktor pendukung lokasi berikut ini:

Pencitraan brand

Jika kita merujuk pada apa kata pakar branding bapak Subiakto, maka brand adalah kata + makna. Sahabat pengusaha rental mobil harus jeli menentukan lokasi usaha rental mobil yang mendukung upaya branding usaha rental mobil anda. Misalnya jika kita mau membranding usaha rental mobil kita sebagai rental mobil yang ada di dekat bandara, maka strategi menentukan lokasi usaha rental mobil harus diupayakan mencari tempat di dekat bandara. Jika berbicara Jogja maka opsinya ada 2, yaitu bandara internasional Adisutjipto atau New Yogyakarta International Airport (NYIA) yang sedang dibangun.

Kompetisi

Bisnis bukanlah sesuatu yang statis. Kompetisi terus ada dari waktu ke waktu. Maka perhatikan tingkat kompetisi usaha anda. Sebagai contoh, saat ini di bandara Adisutjipto dibuat kebijakan hanya rental mobil dari PT Angkasa Pura yang bisa masuk menunggu penumpang disana. Maka pengusaha rental mobil tidak bisa berbuat banyak dengan kompetisi seperti itu. Bisa jadi di tempat lain akan ada contoh yang serupa.

Inilah Kelebihan Rental Fortuner Yang Penting Diketahui

Toyota Fortuner warna hitam

Rencana pertumbuhan masa depan

Tidak ada yang ingin usahanya stagnan bukan? Maka dari itu pemilihan lokasi harus dapat mengakomodir business plan kita. Pengusaha harus punya blueprint seperti apa nanti wujud lokasi usaha mereka dalam 5 tahun, 10 tahun kedepan. Jangan sampai terjadi saat usaha kita mendapatkan kepercayan dari masyarakat dan tumbuh pesat, kita tidak memiliki ruang untuk menempatkan armada kita.

Keamanan

Faktor pendukung ini juga tidak kalah penting. Bagaimanapun mobil dan kantor adalah aset bisnis. Maka mencari tempat yang stabil keamanannya adalah hal yang bisa membuat kita fokus mengembangkan usaha. Salah satu cara memperoleh keamanan dengan mudah adalah dengan membaur berinteraksi yang baik dengan masyarakat sekitar.

Faktor Finansial

Dalam memikirkan strategi menentukan lokasi usaha, faktor finansial adalah hal yang menjadi kunci eksekusi. Meskipun kita juga bisa bermitra jika memang tidak memiliki finansial yang cukup tentunya. Beberapa faktor finansial yang perlu diperhatikan oleh pengusaha rental mobil adalah sebagai berikut:

Hidden costs

Punya tanah untuk usaha jangan lantas membuat kita senang. Karena sebagai pengusaha rental mobil masih harus memikirkan biaya pembangunan, dekorasi dan sebagainya. Jadi penting untuk memperhatikan hidden costs tersebut saat memulai lokasi usaha rental mobil.

Baca juga: arti layanan drop off, pick and drop dll

Pajak

Prinsip negara yang berasaskan kapitalisme adalah adanya pajak untuk keperluan menjalankan negara. Anda tidak bisa marah, karena memang seperti itu mekanisme negara yang menggunakan ideologi kapitalisme. Maka tak heran jika saat ini banyak orang yang mulai melirik bagaimana sistem ekonomi islam diterapkan dengan ideologi Islam yang tidak menggunakan pajak sebagai instrumen utama pembiayaan negara. Jadi untuk urusan ini, dijalani dan bersabar saja ya, he he 😉

Sengketa Lahan

Kejelasan status tanah merupakan hal yang penting saat menentukan lokasi usaha. Jangan sampai tanah yang sudah pernah kita beli ternyata merupakan tanah sengketa dalam keluarga tersebut, atau malah kita bersengketa dengan negara. Kasus seperti itu pernah dialami oleh kantor cabang provider telekomunikasi ternama di Jogja. Hingga akhirnya membuat mereka harus rela pindah karena kalah dalam sengketa.

Nah, setelah mempelajari keuntungan memilih lokasi usaha yang tepat, faktor pendukung serta aspek finansialnya. Harapan kami pembaca yang budiman mampu mengaplikasikan dengan baik untuk usaha rental mobil anda. Kami ucapkan terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan silahkan share jika berkenan. 🙂

Tips & Strategi Jitu Mencari Lokasi Usaha Bisnis Rental Mobil
5 (100%) 1 vote